Home Motor Ciri Rantai Motor Waktunya Ganti, Cermati Hal Ini

Ciri Rantai Motor Waktunya Ganti, Cermati Hal Ini

0 99

Rantai Motor, Rantai merupakan komponen yang tak terpisahkan dari sepeda motor. Peran benda yang satu ini sangat penting sehingga perawatan dan kondisinya tidak boleh diabaikan.

Seperti yang diketahui, pada dasarnya rantai motor berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda sehingga kendaraan bisa melaju. Hanya saja ada kalanya komponen tersebut mengalami permasalahan. Mulai dari rantai kendur, berkarat hingga putus. Tentu akan merepotkan bila rantai motor putus di tengah jalan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya Anda perlu mengetahui ciri rantai motor waktunya ganti. Ada beberapa hal yang bisa dicermati untuk mengetahuinya. Silakan simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Rantai Berkarat

Menurut laman GridOto, hal pertama yang bisa diperiksa adalah karat pada rantai. Rantai motor yang tidak terawat biasanya akan kering, kotor atau berkarat. Hal ini tidak boleh dibiarkan. Sebab rantai berkarat berpotensi putus sewaktu-waktu.

Mudah Kendur

Berikutnya, ciri-ciri rantai waktunya ganti adalah mudah kendur dan sulit disetel kembali ketegangannya. Hal ini disebabkan mata rantai sudah merenggang atau tidak rapat dan kondisi gear sudah aus.

Karena dua hal tersebut rantai motor biasanya menimbulkan suara yang berisik. Tidak hanya suaranya saja yang mengganggu, rantai motor yang kendur juga dapat membuat tarikan motor terasa berat.

Usia Pemakaian

Untuk mencermati apakah rantai motor waktunya ganti atau tidak juga bisa dengan melihat usia pemakaian. Untuk hal ini memang tidak ada patokan pasti kapan rantai harus diganti. Sebab usia pemakaian tergantung dari cara pemakaiannya. Akan tetapi disarankan untuk mengganti rantai motor setiap 15 ribu km.

Baca juga: Tips Merawat Rantai Motor

Jika mengganti rantai, disarankan untuk mengganti pula komponen sprocket gear. Sebab jika tidak ikut diganti dikhawatirkan jeruji gear akan mengikuti alur rantai lama. Alhasil sudah menyatu dengan rantai baru.

Itulah ciri-ciri rantai perlu diganti. Agar rantai bisa awet lebih lama jangan lupa untuk selalu merawatnya. Perawatan rantai motor tidak rumit, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Perawatan bisa dilakukan dengan membersihkan rantai dari kotoran, debu ataupun sisa pelumas yang menempel. Sesudah rantai bersih Anda bisa menyemprot rantai dengan pelumas khusus rantai atau chain lube secara merata supaya rantai tidak kering.

Bila terpaksa bisa memakai oli sebagai pelumas rantai. Akan tetapi tidak dianjurkan memakainya terus menerus. Sebab sisa oli dapat membuat rantai dan gear menjadi kotor. Lalu untuk yang terakhir adalah melakukan penyetelan rantai.

Source: mobil yang tidak laku di indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply