Home Auto News Mobil Kia Stinger Akan Hadir di Indonesia? Apa Menariknya?

Mobil Kia Stinger Akan Hadir di Indonesia? Apa Menariknya?

0 214

Mobil Kia, Produsen mobil asal Korea Selatan, Kia punya cukup banyak produk yang menghiasi jagat otomotif. Yang paling baru adalah Kia Stinger. Mobil ini merupakan sedan sport yang dirilis pertama kali pada Januari kemarin.

Di negara asalnya, Kia Stinger dijual dengan harga Rp 500 jutaan. Menariknya mobil ini juga dipertimbangkan untuk hadir di Indonesia. Hal ini disampaikan langsung oleh Harry Yanto, Brand Development General Manager Kia Mobil Indonesia.

Ada beberapa alasan yang membuat KMI ingin menghadirkan mobil baru itu di Tanah Air. “Kita sih mau masukin, saya sudah rasain mobilnya bagus, handlingnya enak tarikannya enak perfect deh,” jelasnya, dikutip dari DetikOto.

Hanya saja harga mobil tersebut yang sedang dipikirkan. Bila masuk ke Indonesia, harga Kia Stinger bisa melonjak hingga dua kali lipat. Alasannya pajak sedan sport lebih tinggi dari kendaraan lain seperti MPV. Bila resmi dipasarkan harga mobil tersebut bisa mencapai Rp 1 miliar lebih. Akan tetapi Harry mengungkapkan pihaknya tengah melakukan studi terkait harga mobil itu.

Sebagai informasi tambahan, Kia Stinger mempunyai panjang 4,8 meter, lebar 1,87 meter dan wheelbase 2,9 liter. Jarak sumbu roda yang panjang membuat kabin mobil ini menawarkan kelegaan yang baik.

Desain sedan sport Kia ini tampak modern dengan hood panjang overhang depan pendek serta overhang belakang panjang dan bahu yang kuat. Mobil ini dirancang dengan memanfaatkan chassis yang terbuat dari baja bertekanan tinggi.

Selain itu juga terpasang MacPherson Struts sebagai suspensi di bagian depan dan suspensi belakang five-link yang dipadukan subframe belakang yang kaku. Kia Stinger juga menjadi model pertama Kia yang memakai Dynamic Stability Damping control dengan lima mode berkendara, yakni Custom, Eco, Sport, Comfort and Smart.

Baca juga: Spesifikasi All New Kia Rio 2017

Ada beberapa fitur yang ditawarkan mobil ini. Seperti headlamp LED, pelek alloy berdiameter 19 inci hingga empat pipa knalpot. Sementara di sisi interior terdapat sistem infotainment berbasis 8 inci dengan dukungan fitur navigasi, 15 speakers Lexicon, head-up display, around view monitor, dan sarung jok kulit Nappa.

Juga ada fitur penunjang keselamatan pada Kia Stinger. Seperti electronic parking brake, Forward Collision Assistance (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), dan Highway Driving Assist (HDA).

Kia Stinger dipasarkan di Korea Selatan dalam tiga pilihan dapur pacu. Antara lain mesin bensin turbo 2.0 liter, mesin bensin biturbo 3.3 liter dan mesin diesel turbo 2.2 liter. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Sedangkan penggerak rodanya ada dua jenis, yakni penggerak semua roda atau penggerak roda belakang.

Untuk pilihan mesin bensin turbo berkapasitas 2.0 liter dapa mengeluarkan tenaga sebesar 255 S dengan torsi puncak 353 Nm. Lalu untuk mesin biturbo berkapasitas 3.3 liter sanggup menyalurkan daya sebesar 370 PS dan torsi puncak 510 Nm. Sementara mesin diesel turbo 2.2 liter mempunyai daya maksimum 202 PS dengan torsi mencapai 441 Nm.

Menariknya data spesifikasi mobil tersebut lebih besar dari Audio S5 Sportback. Tidak cukup hanya itu, berbekal mesin gahar Kia Stinger dapat melesat 0-100 km/jam dalam waktu 4,7 detik saja. Lebih cepat 0,8 detik dari Porsche Panamera V6 standar.

Mobil baru Kia ini merupakan versi produksi massal dari konsep Kia GT. Di dalam kabin Stinger dapat memuat hingga lima penumpang. Kehadiran Kia Stinger siap menantang rival di pasar mobil sport yang didominasi oleh merek asal Eropa. Kia Stinger dijanjikan menjadi mobil produksi massal dengan performa tinggi dalam sejarah KIA.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply