Home Auto News Beda Mobil F1 dan Formula E Menurut Rio Haryanto

Beda Mobil F1 dan Formula E Menurut Rio Haryanto

0 76

Mobil F1, Rio Haryanto kembali terjun di ajang balap mobil. Akan tetapi kali ini ia tidak kembali ke balap Formula 1. Pembalap muda asal Indonesia itu terjun di Formula E. ia melakukan tes pramusim ajang Formula E di Valencia beberapa waktu lalu.

Di Sirkuit Ricardo Tormo, Rio menjalani tes perdananya dengan menggunakan mobil lisrik andalan balap Formula E. Kesempaatn ini membuat Rio menjadi pembalap pertama dan satu-satunya dari Indonesia yang pernah mencoba jet darat bertenaga listrik itu.

Pemuda yang lahir di Solo pada 22 Januari 1993 silam itu menuntaskan 30 lap selama dua sesi tanpa kendala berarti. Mengendarai mobil balap F1 ketika membela tim Manor Racing dengan Formula E tentu saja berbeda. Hal ini diakui oleh Rio Haryanto.

Dilansir dari Okezone, Rio menjelaskan cara mobil melaju mendekati tikungan sangat berbeda dibandingkan dengan jet darat F1. Hal ini dikarenakan keduanya mempunyai karakter yang sangat jauh berbeda.

Ia mengungkapkan mobil listrik sendiri lebih sulit dikendalikan karena dapat melesat kencang, bahkan ketika memasuki tikungan. “Di Formula E, Anda harus fokus pada grip mekaniknya. Penurunan daya juga rendah sehingga saya harus bisa mengontrol kecepatan yang begitu tinggi. Anda pun tidak punya banyak tenaga, jadi sebisa mungkin harus menjaga speed minimal sepanjang balapan,” jelasnya.

 

Menurut Rio, mobil Formula E sulit dalam hal pengereman. Tidak hanya itu, pembalap dituntut untuk menjaga keseimbangan di setiap lap. Hal inilah yang membuat balapan tersebut menantang.

“Anda tiba-tiba sering merasa ban depan sangat panas setelah tiga atau empat lap. Namun, Formula E menarik karena saya harus terus menjaga keseimbangan di setiap lap, itu sangat menantang!” ungkapnya.

Baca juga: Teknologi Mobil F1 Terlarang

Rio mengaku senang mendapat kesempatan mencoba Formula E. ia bisa melaksanakan dua sesi dengan sempurna dan tanpa kesalahan. Setelah melakukan uji coba pramusim Formula E, Rio berambisi kembali tampil penuh sebagai pembalap di ajang balap internasional. Semoga Rio bisa kembali mengharumkan Indonesia di ajang balap dunia. Kita tunggu informasi selanjutnya.

Source: www rio haryanto 6 oktober 2017 com, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply