Home Mobil 5 Tips Cuci Mobil Agar Tidak Lecet

5 Tips Cuci Mobil Agar Tidak Lecet

0 89

Cuci Mobil, Mobil membutuhkan perawatan secara berkala agar tetap prima. Tidak hanya itu, tampilan mobil juga perlu mendapat perhatian tersendiri. Agar terhindar dari kotoran dan selalu mengilap, mobil harus dicuci secara rutin.

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang, Anda bisa mencuci sendiri mobil kesayangan. Mencuci kendaraan memang bukanlah pekerjaan yang sulit. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya mobil terbebas dari lecet.

Setidaknya ada lima hal yang perlu diperhatikan ketika hendak cuci mobil. Untuk lebih jelas berikut ulasan selengkapnya, melansir dari DetikOto.

Pakai Sabun Khusus

Tips pertama saat mencuci mobil adalah tidak menggunakan sabun pencuci tangan, pencuci piring, atau bahkan cairan pembersih kaca maupun cat. Sabun tersebut mempunyai formula yang berbeda dengan sabun pencuci mobil.

Sehingga hal itu berpotensi membuat warna cat mobil menjadi rusak. Oleh karenanya dianjurkan untuk memilih sabun yang dibuat khusus untuk mencuci mobil.

Spons dan Ember

Berikutnya, disarankan untuk tidak memakai hanya satu spons dan satu ember saja. Lebih baik pakai spons yang berbeda untuk mencuci bagian bodi dan ban. Kotoran di ban pastinya berbeda dengan di bodi mobil. Contohnya debu atau pasir yang dapat membuat cat mobil lecet.

Di samping itu akan lebih baik untuk membeli cairan pembersih ban. Akan tetapi jangan gunakan pada bodi mobil. Alasannya formula cairan tersebut lebih kuat sehingga bisa membuat bodi cat malah pudar.

Baca juga: 8 Tips Mencuci Kaca Mobil

Begitu juga dengan ember, disarankan untuk memisahkan ember yang dipakai untuk membersihkan bodi dan ban. Dengan demikian kotorannya tidak akan tercampur.

Saat menggunakan spons, sebaiknya tidak dipakai dengan cara memutar karena dapat menimbulkan seperti tanda bulat. Cukup usap dari arah atas ke bagian bodi. Di samping itu saat membersihkan bodi jangan memakai spons yang dipakai untuk membersihkan bagian bawah bodi mobil. Karena bagian bawah bodi biasanya terdapat endapan pasir yang dapat membuat goresan pada bodi mobil.

Tunggu Mesin Dingin

Saat Anda ingin mencuci mobil, jangan mencucinya ketika mesin masih panas atau mobil baru diparkir di tempat yang panas. Kondisi permukaan yang panas akan membuat cairan pembersih cepat mengering. Di samping itu mobil juga menjadi sulit dicuci dan justri meninggalkan noda yang susah untuk dihilangkan.

Basahi Bodi Lebih Dulu

Sebelum dibersihkan menggunakan sabun, sebaiknya basahi seluruh permukaan mobil dengan air. Supaya maksimal, jangan langsung menyabuni seluruh bagian lalu dibilas, melainkan dibersihkan satu per satu.

Contohnya ketika sedang membersihkan kap depan, bersihkan hingga dibilas. Setelah itu pindah ke bagian samping. Tujuannya agar sabun tidak mengering karena dibiarkan cukup lama. Sabun yang mengering akan menimbulkan noda yang sulit dihilangkan.

Mulailah dari atas baru kemudian membersihkan bagian samping. Sesudah itu siram mobil dengan memakai selang tanpa nozzle.

Jangan Pakai Handuk

Untuk mengeringkan bodi mobil, disarankan untuk membiarkannya mengering dengan sendirinya. Jadi Anda tidak perlu mengeringkannya secara manual. Di samping itu jangan pakai handuk karena material kasar pada handuk dapat menimbulkan lecet pada cat mobil. Jika Anda ingin mobil kering dengan cepat, lebih baik pakai kanebo halus.

Itulah tips yang dapat Anda simak. Mencuci mobil sendiri memang tidak susah dan dapat memberi kepuasan tersendiri. Selain itu dengan memahami tips-tips cuci  mobil di atas kendaraan Anda bisa terhindar dari lecet atau baret karena proses pembersihan yang salah. Semoga informasi di atas bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply