Home Oto Guide Beda Mobil SUV dan Crossover, Bisa Dilihat dari Ini

Beda Mobil SUV dan Crossover, Bisa Dilihat dari Ini

0 200

Mobil SUV, Saat ini sport utility vehicle (SUV) mulai digemari banyak orang, termasuk di Indonesia. Akibatnya banyak produsen mobil yang tertarik untuk terjun di pasar SUV. Banyak model yang kita jumpai saat melirik pasar mobil yang dikenal memiliki tubuh bongsor.

Di sisi lain, SUV mempunyai beberapa turunan. Yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah crossover. Untuk kenal lebih dekat mari kita bahas jenis mobil yang satu ini.

Crossover tergolong baru di dunia otomotif dan banyak dipakai merek-merek mobil untuk mendefinisikan segmen. Dilansir dari Otomania, Dr. Yannes Martinus Pasaribu, Pengamat Desain Otomotif dari Institut Teknologi Bandung, SUV dan crossover memang identik. Meski begitu keduanya tidak bisa disamakan.

Bila dilihat dari kronologisnya, mobil SUV pada mulanya dirancang dari platform mobil beban sehingga memakai ladder chassis. Hal ini membuat bodi mobil menjadi tinggi. Selain itu ban juga menjadi lebih besar agar terlihat proporsional.

Lain halnya dengan crossover, mobil ini lebih fokus pada struktur bodi monokok, namun mengusung tampilan seperti SUV atau kendaraan offroad. Pengaplikasiannya bisa dari aksesori pada atap atau ground clearance yang dibuat sedikit lebih tinggi.

”Namun sekarang keduanya sudah melting (melebur), karena istilah tersebut seringkali dimodifikasi oleh tim pemasaran produsen dan penjualnya untuk memberikan citra kebaruan pada barang jualannya,” jelas Martinus.

Sebagai contoh, pabrikan mobil ternama asal Jerman, BMW lebih senang menggunakan istilah crossover dan sports activity vehicle untuk seri X1 dan X2 yang mempunyai tampilan menarik. Sementara untuk model yang lebih gagah mereka menggunakan istilah SUV. Seperti pada BMW X3, X4 dan X5.

Lantas bagaimana cara membedakan SUV dan crossover?

Baca juga: Mobil SUV Murah Eropa Rp 200 Jutaan

Memang banyak orang awam yang belum bisa membedakan kedua jenis mobil ini. Martinus menerangkan, secara garis besar dari awal memang ada dua pendapat. Yaitu pihak yang menyatakan crossover merupakan versi kecil atau mini dari SUV dan pihak yang membdakannya dari sasis yang dipakai.

Akan tetapi orang awam dapat melihatnya dari dimensi mobil. SUV dengan dimensi lebih kecil cenderung diberi nama crossover. “Contoh Ford Everest disebut SUV, sedangkan Ecosport disebut crossover. BMW X5 disebut SUV, sedangkan BMW X1 disebut crossover,” ungkap Martinus.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply