Home Auto News Honda Berencana Jual Mobil Listrik di Indonesia

Honda Berencana Jual Mobil Listrik di Indonesia

0 455

Mobil Listrik, Era mobil listrik sudah dimulai. Beberapa pabrikan tancap gas dengan menghadirkan kendaraan yang diklaim lebih ramah lingkungan itu. Di Indonesia sendiri pemerintah sedang menyiapkan aturan mengenai mobil listrik. Rupanya hal ini juga mendapat perhatian dari beberapa agen pemegang merek, termasuk PT Honda Prospect Motor (HPM).

“Secara teknologi dan model ada, sudah ada yang dijual. Untuk Indonesia kami serius pelajari,” jelas Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Purnajual PT HPM, dilansir dari Kumparan.

HPM mengungkapkan ada banyak hal yang harus dipelajari sebelum memasarkan mobil listrik di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah infrastruktur, teknologi, kesiapan diler dan masyarakat sampai limbah baterai.

Hanya saja Jonfis belum bersedia mengungkapkan seperti apa strategi Honda untuk masuk ke pasar mobil listrik. Ada beberapa opsi yang bisa ditempuh. Seperti menghadirkan mobil hybrid, plug-in hybrid atau full electric.

Selain itu ia juga tidak memberi tanggapan saat ditanya mengenai merek Jepang lain yang sudah mempunyai keinginan untuk memasarkan mobil listrik di Tanah Air. Untuk diketahui, Toyota memiliki rencana untuk memasarkan mobil hibrida terlebih dahulu. Sementara itu Nissan juga sudah mensosialisasikan model hibrida e-Note.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Rencananya Honda akan menunjukkan bagaimana visinya di masa depan pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2017. Di sisi lain Honda baru saja memperkenalkan Urban EV Concept yang cukup menarik perhatian. Mobil perkotaan ini diperkenalkan sebagai solusi kendaraan listrik di masa mendatang.

Tidak hanya itu, Honda juga akan memamerkan mobil sport listrik yang dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Teknologi AI ini memungkinkan sistem pada sebuah mobil dapat mengenali tingkat stres dari ekspresi wajah dan suara pengendara. Selain itu sistem ini juga dapat mempelajari kebiasaan, preferensi pengendara, menyediakan saran pada situasi tertentu dan membuat adanya komunikasi antara pengendara dan mobilitas.

Pasar mobil listrik ke depannya tampak menjanjikan dan bisa menggeser eksistensi kendaraan konvensional. Untuk itu beberapa produsen mobil menyatakan ketertarikannya untuk memasarkan mobil listrik. Hanya saja masih ada banyak pekerjaan rumah bila ingin pasar mobil bebas polusi ini tumbu subur di Indonesia.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply