Home Mobil 3 Trik Seputar Head Unit Mobil yang Bisa Anda Coba

3 Trik Seputar Head Unit Mobil yang Bisa Anda Coba

0 211

Head Unit Mobil, Mobil baru yang dijual di pasaran saat ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Fitur-fitur ini mempunyai peran masing-masing. Seperti fitur penunjang keselamatan dan hiburan. Untuk fitur hiburan yang lazim ditemui pada mobil adalah audio mobil.

Dengan fitur ini pengguna bisa memutar lagu kesayangannya selama perjalanan. Sistem audio ini biasanya dilengkapi dengan beberapa fitur dan dukungan konektivitas. Sayangnya tidak semua orang paham bagaimana cara memanfaatkannya.

Maka dari itu pada kesempatan ini akan dibahas seputar trik audio mobil. Berikut 3 trik yang bisa Anda simak, dilansir dari Autobild.

Pairing Bluetooth

Ada sistem audio mobil yang sudah dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth. Keunggulan fitur ini Anda tidak membutuhkan sebuah kabel untuk menghubungkan gadget dengan head unit karena Bluetooth merupakan konektivitas tanpa kabel. Dengan demikian akan lebih fleksibel ketika dipakai.

Untuk cara pemakaiannya, Anda hanya perlu menghidupkan tombol Bluetooth yang ada di head unit. Atau juga bisa mengakses menu setting dan aktifkan Bluetooth bila head unit tidak dilengkapi dengan tombol tersebut.

Di samping itu aktifkan Bluetooth pada smartphone Anda. Pilih “Search New Device” atau cari perangkat baru. Biasanya akan muncul perangkat dengan nama car kit.

Untuk menyambungkan pilih menu “Pair”. Untuk melanjutkan masukkan kode “Pass Key” yang muncul. Pada beberapa mobil seperti Toyota Calya, Pass Key-nya adalah 000. Setelah itu perangkat akan tersambung.

Baca juga: 4 Tips Memilih Audio Sound System Mobil 

Untuk head unit terbaru yang memakai layar sentuh, Anda bisa menghubungkannya melalui layar tersebut. Saat perangkat sudah terhubung, Anda bisa memutar musik dari smartphone ataupun menjawab panggilan telepon yang masuk.

Wi-Fi Hotspot Portable

Seiring kemajuan zaman internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Untungnya ada sistem audio yang sudah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi. Dengan demikian pengguna bisa mengakses internet selama perjalanan.

Salah satu mobil yang dilengkapi dengan fitur ini adalah Toyota Yaris. Dengan memanfaatkan paket data smartphone atau modem, Anda bisa menghubungkannya dengan head unit mobil. Caranya, masuk ke menu utama lalu pilih internet. Setelah itu pilih sub menu Wi-Fi, maka sistem akan langsung bekerja dan mencari jaringan internet yang tersedia.

Aktifkan menu “Portable Hotspot” pada ponsel pintar Anda. Lalu sistem head unit akan menemukan perangkat Portable Hotspot sesuai nama yang diatur pada smartphone Anda.

Bila Portable Hotspot pada HP tidak dilengkapi dengan password atau kata sandi, maka Wi-Fi head unit akan langsung aktif. Jika terdapat password, maka Anda perlu memasukkan pass key tersebut terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya.

Selain bisa dipakai mengunduh informasi penting seperti daftar bengkel terdekat, Anda juga dapat membagi jaringan internet dari head unit mobil dengan smartphone atau gadget yang dipakai penumpang lainnya. Hanya saja jangan lupa untuk memperhatikan sisa kuota Anda.

Screen Mirroring

Fitur lain yang terdapat pada sistem audio mobil adalah screen mirroring atau juga disebut dengan nama Miracast. Fitur ini biasa terdapat pada head unit yang memakai monitor layar sentuh. Fitur ini semacam cloning atau peer-to-peer screencasting tanpa kabel. Jadi untuk menghubungkan kedua perangkat akan memanfaatkan koneksi Wi-Fi Direct.

Dengan memanfaatkan screen mirroring, pengguna dapat melihat tampilan dari smartphone di layar head unit. Untuk memakai fitur ini, aktifkan menu mirroring atau miracast. Masuk ke home lalu pilih menu miracast. Proses ini sekaligus mengaktifkan Wi-Fi dan menunggu smartphone yang bisa dihubungkan.

Sementara itu aktifkan pula menu Screen Mirroring pada smartphone. Caranya masuk ke pengaturan, lalu cari menu Screen Mirroring. Sesudah itu sistem akan membaca peranti yang bisa terhubung.

Misal, pada Toyota Kijang Innova akan muncul Android_3326, maka pilih Android_326 dan tunggu notifikasi Loading Connection. Bila sambungan diketahui maka muncul tulisan Invitation to Connect. Pilih Accept dan miracast akan langsung aktif. Anda bisa melihat foto/gambar dan video melalui head unit.

Itulah beberapa trik seputar audio mobil yang bisa Anda ketahui. Perlu dicatat, masing-masing head unit kemungkinan memiliki tampilan yang berbeda. Maka Anda perlu mencari-cari terlebih dahulu untuk bisa mengaktifkan fitur-fitur di atas. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Source: Cara sambungin lagu ke mobil kijang innova, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply