Home Mobil Tips Beli Mobil Modifikasi Bekas, Teliti Sebelum Beli

Tips Beli Mobil Modifikasi Bekas, Teliti Sebelum Beli

0 306

Mobil Modifikasi, Mobil menjadi salah satu alat transportasi andalan banyak orang di Indonesia. Tidak sulit untuk menjumpai rumah dengan mobil yang terparkir di garasinya. Mobil dinilai lebih fleksibel dan nyaman dibandingkan transportasi. Selain itu beberapa mobil baru juga dilengkapi dengan fitur canggih yang siap memanjakan penggunanya selama perjalanan.

Hanya saja tidak semua orang bisa membeli mobil dalam keadaan baru. Jika Anda punya rencana membeli mobil dalam waktu dekat namun mempunyai keterbatasan dana, membeli mobil bekas tidak menjadi masalah. Ada banyak pilihan yang bisa dibeli di pasar mobil bekas.

Bila Anda suka dengan modifikasi, Anda juga bisa membeli mobil modifikasi bekas. Hanya saja membeli mobil ini tidak boleh sembarang pilih. Sebelum dibeli Anda perlu memeriksa kondisinya terlebih dahulu. Jangan sampai Anda membeli mobil modifikasi yang tidak nyaman atau tidak sesuai dengan karakter Anda.

Dalam dunia modifikasi ada beberapa bagian yang kerap dijadikan sasaran. Seperti bodi, audio dan mesin. Berikut akan diuraikan lebih jelas tips membeli mobil bekas modifikasi, sebagaimana dilansir dari Autobild.

Modifikasi Bodi

Untuk ubahan di bagian bodi, kebanyakan pemilik mobil melakukannya dengan memasang aksesoris plug and play. Komponen ini biasa disematkan pada grill, bumper dan lampu-lampu. Jika mobil bekas yang hendak Anda beli menggunakan aksesoris ini maka tidak terlalu menjadi masalah.

Akan tetapi jangan lupa untuk menanyakan ketersediaan komponen OEM yang sudah diganti. Di samping itu jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana cara pemasangan aksesoris pada bodi mobil. Jika pemasangannya justru merusak bodi lebih baik pikirkan dua kali sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca juga: 8 Modifikasi Mobil yang Membahayakan Pengguna

Contohnya adalah pemasangan spoiler dan fender yang pemasangannya dengan melubangi bodi mobil. Yang akan jadi masalah adalah ketika Anda ingin melepas komponen tersebut. Maka bekas pemasangan aksesoris pasti terlihat jelas. Jika ingin menutupinya tentu Anda harus mengeluarkan biaya lagi.

Modifikasi Audio

Selain ubahan pada bodi, tidak sedikit pemilik mobil yang melakukan modifikasi sistem audio pada kendaraannya. Sebenarnya membeli mobil modifikasi seperti ini sah-sah saja, asalkan tidak dilakukan secara ekstrem.

Perlu diketahui, penggantian audio secara ekstrem bisa mengorbankan komponen interior lainnya, seperti doortrim. Bila memakai speaker dengan diameter lebih besar dari standar, maka perlu membuat tempat baru dan bisa berpotensi merusak doortrim.

Biasanya modifikator yang sudah terbiasa menangani upgrade audio mengingatkan konsumennya untuk membeli doortrim lagi. Dengan begitu ketika mobil tersebut dijual kondisinya bisa dikembalikan seperti semula.

Modifikasi audio mobil yang ekstrem terkadang juga membutuhkan banyak tempat di dalam mobil. Biasanya bagasi menjadi bagian interior yang dikorbankan dan diganti dengan perangkat audio. Alhasil pengguna tidak bisa membawa banyak barang bawaan karena bagasi dipakai sebagai sistem audio.

Modifikasi Mesin

Modifikasi yang satu ini kerap dilakukan oleh pemilik mobil yang senang dengan kecepatan. Upgrade mesin dijadikan cara instan untuk mendapat kendaraan dengan performa lebih kencang.

Akan tetapi Anda perlu berhati-hati bila sentuhan modifikasi dilakukan secara ekstrem. Walaupun mesin dapat dikembalikan seperti kondisi standar, biasanya suara mesin menjadi lebih berisik dibandingkan mesin normal yang tidak pernah dimodifikasi.

Maka dari itu, sebelum membeli mobil bekas jangan lupa untuk mendengarkan bagaimana suara mesinnya. Tanyakan pula modifikasi apa yang dilakukan pemilik sebelumnya. Bila sektor dapur pacu sudah diubah, lebih baik Anda mencari unit yang lain. Sebab ubahan di sektor mesin membuat durabilitasnya tidak bisa diprediksi. Selain itu garansi pabrikan juga ikut hangus.

Itulah tips membeli mobil modifikasi bekas yang bisa Anda simak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply