Home Auto News Spyshot Suzuki New Ertiga 2018, Apa yang Berubah?

Spyshot Suzuki New Ertiga 2018, Apa yang Berubah?

0 236

Suzuki New Ertiga, Pasar low MPV Tanah Air tampak semakin memanas, terlebih setelah hadirnya Wuling Confero S dan Mitsubishi Xpander. Kehadiran dua mobil baru ini mendorong pemain lama untuk memikirkan strategi berikutnya agar tetap eksis di jagat otomotif Indonesia.

Salah satu yang dinantikan oleh masyarakat adalah kehadiran Suzuki Ertiga terbaru. Jika Anda juga penasaran seperti apa Ertiga terbaru nantinya, ada sedikit bocoran yang bisa Anda lihat. Suzuki Ertiga terbaru tertangkap kamera sedang melintas di jalanan di India.

Identitas mobil ini tersamarkan oleh penyematan kamuflase lengkap. Meski begitu melihat sejumlah bagian di bodi besar kemungkinan mobil ini adalah Ertiga terbaru. Foto ini dipublikasikan team-bhp.com yang mendapat kiriman foto amatir.

Ada beberapa kemiripan antara mobil itu dengan Suzuki Ertiga yang dijual saat ini. Meski begitu ada sedikit perbedaan yang tampak. Seperti bagian cluster lamp depan yang tampaknya mengusung desain tak biasa. Lampu yang diduga lampu sein itu diletakkan berdekatan dengan grill di tengah, bukan di sudut. Sedangkan lampu kabut tampaknya masih mengusung desain bulat seperti yang ada saat ini.

Sayangnya bagian belakang mobil ini tidak terlihat dengan jelas. Hanya tampak lampu belakang yang bentuknya tidak jauh berbeda dengan model saat ini. Hanya saja ukurannya terlihat sedikit lebih besar. Di samping itu overhang buritan juga terlihat sedikit lebih panjang.

Dengan begitu dimensi panjang bodi mobil ini akan lebih panjang dari model lama. Mungkin saja setara dengan Suzuki Ertiga Dreza yang mencapai 4.325 mm, lebih panjang 60 mm dari Ertiga standar. Ada yang menyebutkan wheelbase atau jarak sumbu roda mobil ini tidak berubah. Akan tetapi juga ada yang mengatakan ada penambahan panjang wheelbase sehingga menjanjikan ruang kabin yang lebih lega.

Di sisi lain ada yang mengatakan bahwa Ertiga terbaru akan mengandalkan platform Heartect. Platform ini sebelumnya dipakai pada Suzuki Swift generasi terbaru. Keunggulan platform ini terletak pada bobotnya yang lebih ringan 30 kg dari model yang ada sekarang. Bobot yang lebih ringan tentu saja akan berdampak baik pada efisiensi konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Suzuki Ertiga Terbaru dan Rumor yang Beredar

Sayangnya tidak dapat diketahui apa saja ubahan yang terdapat pada Suzuki Ertiga terbaru ini. Sebab kamuflase yang dibalutkan pada mobil ini sangat rapat. Kemungkinan sisi interior juga akan mendapat penyegaran.

Selain itu juga belum ada informasi terkait dapur pacu yang akan dipakai mobil Suzuki ini. Tidak menutup kemungkinan Suzuki akan menyematkan mesin bensin berkapasitas 1.4 liter dan diesel 1.3 liter. Pilihan mesin ini juga ditawarkan di pasar otomotif Indonesia.

Untuk diketahui, sejak hadir di Indonesia pada 2012, Suzuki Ertiga belum mendapat perubahan yang signifikan. Mobil ini hanya mendapat tambahan varian saja. Seperti yang diketahui bersama, Suzuki Indomobil Sales (SIS) menawarkan Ertiga Dreza yang menjadi varian tertinggi dan Ertiga bermesin diesel.

Melihat pasar Low MPV yang semakin sengit, sudah sepatutnya Suzuki segera menghadirkan Ertiga terbaru. Terlebih Ertiga yang ada saat ini sudah cukup lama tidak mendapat penyegaran tampilan. Kehadiran Ertiga terbaru bisa menjadi bekal Suzuki untuk tetap eksis di Tanah Air.

Menurut data Gaikindo, penjualan Suzuki Ertiga di Indonesia sepanjang Januari-September 2017 mencapai 26.960 unit (wholesales). Artinya setiap bulan mobil MPV ini terjual sekitar 2.960 unit.

Sayangnya Suzuki belum memberikan informasi kapan mobil baru ini diluncurkan. Pihaknya mengungkapkan masih melakukan studi. Akan tetapi menurut prediksi beberapa pihak mobil ini akan diluncurkan tahun depan. Jika benar ajang Delhi Auto Show bisa menjadi tempat kehadiran Suzuki New Ertiga ini.

Img source: http://www.team-bhp.com

Source: ertiga 2018 spy shoot, spyshot all new ertiga 2018, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply