Home Mobil 4 Penyebab Ban Mobil Pecah yang Perlu Diketahui

4 Penyebab Ban Mobil Pecah yang Perlu Diketahui

0 171

Ban Mobil, Mobil mempunyai banyak komponen penting. Salah satunya adalah ban. Singkatnya ban merupakan komponen yang memungkinkan mobil bisa berjalan. Tanpa adanya karet bulat ini, maka kendaraan akan sulit atau bahkan tidak dapat dijalankan.

Sama seperti bagian lainnya, ban mobil juga membutuhkan perhatian tersendiri. Sebab ban bisa saja mengalami masalah saat mobil dipakai. Yang lebih parah masalah tersebut dapat membahayakan keselamatan pengguna. Permasalahan yang lazim dialami oleh pemilik mobil adalah pecah ban.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ban mobil pecah di jalan. Untuk mengetahuinya silakan simak uraian berikut, sebagaimana dilansir dari Otomotifnet.

Tekanan Ban

Penyebab pertama ban pecah adalah tekanan angin ban yang kurang atau di bawah standar yang direkomendasikan oleh pabrikan. Ban akan pecah jika kekurangan angin lantaran bidang kontak dengan jalan menjadi tidak optimal.

Untuk diketahui, optimalnya seluruh permukaan ban terkena jalan. Bila tekanan angin pada ban kurang, maka bisa membuat ban menjadi panas. Saat ban semakin mengembang, kawat baja tidak dapat menahan pengembangan pemuaiannya. Alhasil ban mobil menjadi pecah.

Ada Benda Keras

Benda keras seperti batu atau pecahan kaca bisa saja terselip di sela kembangan ban. Hal ini bisa menjadi permasalahan tersendiri bagi pengguna mobil. Saat mobil berjalan, bagian yang terselip benda tajam seperti dipalu berulang-ulang. Hal inilah yang membuat ban mobil bisa pecah.

Lubang di Jalan

Selain adanya benda keras, lubang di jalan juga bisa membuat ban pecah. Jika benturan cukup kuat, maka bisa membuat ban sobek. Maka dari itu alangkah baiknya Anda menghindari untuk menerjang lubang di jalan.

Baca juga: Penyebab Ban Mobil Tidak Awet Dan Cepat Aus

Beban Berlebih

Penyebab terakhir ban mobil pecah adalah beban yang berlebihan (overload). Masing-masing ban mempunyai toleransi bobot. Contohnya, jika indeks beban 70, maka ban tersebut mempunyai kemampuan menahan beban hingga 335 kg.

Bila dikali 4 maka beban yang bisa ditanggung 1.340 kg. Jika berat kosong mobil mencapai 1.075 kg, maka sisa beban yang bisa ditampung adalah 255 kg.

Apabila mobil dipaksa membawa beban 375 kg secara terus menerus, maka kondisi dinding ban menjadi mudah retak. Bahkan lapisan ban luar juga akan terkelupas. Kondisi ini akan semakin parah bila tekanan angin ban di bawah standar.

Source: kembangan ban mobil keren, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply