Home Auto News Awas, Sunroof Mobil Bisa Meledak Tiba-Tiba

Awas, Sunroof Mobil Bisa Meledak Tiba-Tiba

0 155

Sunroof Mobil, Mobil baru yang beredar di pasaran saat ini dilengkapi dengan jajaran fitur yang menarik. Mulai dari fitur hiburan, keamanan, keselamatan hingga fitur yang dapat membuat tampilan mobil terlihat mewah. Fitur yang biasa ditemui pada mobil mewah adalah sunroof.

Belakangan ini pabrikan mobil berlomba-lomba untuk menghadirkan mobil lengkap dengan fitur sunroof. Tujuannya supaya mobil buatannya terlihat lebih berkelas dan menarik hati konsumen. Hanya saja ada hal yang perlu diperhatikan.

Sebuah majalah asal Amerika, Consumer Report baru-baru ini melakukan sebuah penelitian terhadap kasus sunroof yang meledak. Rupanya bagian atap yang menggunakan pelapis kaca berpotensi pecah dan mengeluarkan suara seperti ledakan pada ban mobil. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, tercatat setiap satu bulan sekali ada sunroof yang meledak secara tiba-tiba.

Meski begitu angka tersebut masih tergolong kecil dibandingkan dengan meledaknya ban di jalanan. Hanya saja berdasarkan data yang ada, dalam 22 tahun belakangan ada sekitar 859 laporan mengenai sunroof mobil yang meledak. Meledaknya kaca ini dikarenakan standar kualitas dan bahan material yang dipakai tidak sesuai dengan regulasi dan perubahan industri.

Tidak hanya itu, menurut laman Motor1, berdasarkan penelitian Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya nasional atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), pedoman keselamatan untuk sunroof saat ini tidak sesuai dengan perkembangan dan penerapan atap panorama yang lebih besar.

Tidak hanya disebabkan karena kualitas, ada pula yang berpendapat kaca sunroof lebar juga rentan meledak. Di sisi lain juga ada yang mengatakan sunroof pecah karena terkena lemparan bebatuan kecil atau proyektil di jalanan.

Menurut data NHTSA, laporan mengenai sunroof yang hancur sudah mulai terjadi sejak 1995. Hanya saja jumlah laporannya tidak banyak. Lalu pada tahun 2014 ada lonjakan laporan. Sepanjang tahun 2014 ada 187 kasus mengenai sunroof meledak.

Baca juga: Tips Menghindari Pencurian Kaca Spion Mobil

Dari tahun 1995 hinga 2017 hampir semua merek pernah mengalami pecah sunroof. Dari beberapa merek yang ada, KIA dan Hyundai menjadi yang paling banyak dilaporkan. Untuk mobil KIA, Sorento menjadi mdoel yang cukup diselidiki oleh NHTSA. Sebab kaca yang meledak pada mobil tersebut bisa menyebabkan pengemudi dan penumpang terluka.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply