Home Mobil Bekas Suzuki Grand Vitara Bekas, Solusi SUV Murah dan Gagah

Suzuki Grand Vitara Bekas, Solusi SUV Murah dan Gagah

0 329

Suzuki Grand Vitara Bekas, Sport Utility Vehicle (SUV) menjadi idola baru di pasar mobil. Tidak hanya di mancanegara, mobil bertubuh bongsor ini juga terbilang cukup laris di Tanah Air. Alhasil model-model baru bermunculan di pasaran.

Hanya saja kebanyakan mobil SUV dibanderol dengan harga yang relatif lebih tinggi. Hal ini membuat sebagian masyarakat belum bisa untuk membelinya. Akan tetapi jangan khawatir, bila Anda sedang mencari SUV silakan pertimbangkan untuk membeli Suzuki Grand Vitara bekas.

Salah satu mobil andalan Suzuki ini masih cukup menarik untuk dibeli, meskipun sudah berumur. Mari berkenalan lebih dekat dengan mobil Suzuki ini.

Sejarah Singkat

Grand Vitara hadir untuk menggantikan Vitara 4×4 generasi pertama dan Vitara XL-7 bermesin V6 di tahun 2006. Saat pertama kali hadir, mobil ini mengusung fitur yang lebih mumpuni dibanding model sebelumnya. Begitu pula dengan desainnya yang tergolong lebih modern.

Suzuki menyematkan fitur Traction Control dan Hill Start Assist pada Grand Vitara. Selain itu mobil ini juga dibekali suspensi McPherson strut di depan dan Multi Link di belakang. Lalu sistem pengereman sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD. Tawaran fitur ini membuat Suzuki Grand Vitara mempunyai performa lebih baik.

Kehadiran mobil ini rupanya sempat membuat orang bingung. Menurut informasi dari Otomotifnet, tidak sedikit yang tidak terlalu paham apa perbedaan Grand Vitara dan Escudo.

Awalnya Vitara selalu mengusung gardan ganda dengan penggerak roda 4×4. Sementara Escudo merupakan versi 2WD dari Vitara. Sementara sisi fitur dan mesin tidak ada perbedaan mencolok.

Sementara Grand Vitara yang dipasarkan di Indonesia hadir dengan format 2WD dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Saat hadir di tahun 2006, mobil yang punya nama lain Grand Escudo ini mengandalkan dapur pacu J20A, 4 silinder berkapasitas 2.000 cc.

Baca juga: Pilihan SUV Bekas 2016 Harga Rp 200 Jutaan

Sedangkan di tahun 2009 Suzuki Grand Vitara mengandalkan mesin J24B, 4 silinder segaris dengan kapasitas sebesar 2.400 cc. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 5-percepatan manual dan matic 4-percepatan.

Di tahun 2009, Suzuki memperbarui fitur yang ada pada Grand Vitara. Mobil ini mengusung rem cakram untuk semua roda. Lalu lampu depan juga sudah memakai HID.

Kelebihan dan Kekurangan

Suzuki Grand Vitara bekas mempunyai beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Keunggulan yang dimiliki mobil SUV ini adalah mesin dan suspensi yang tangguh. Selain itu sistem pengereman juga tergolong bagus.

Belum lagi desainnya yang dinamis dan masih cukup menarik. Di pasaran, harga mobil bekas ini juga cukup terjangkau. Fitur interior yang ditawarkan juga cukup lengkap.

Hanya saja konsumsi bahan bakar Grand Vitara terbilang boros. Selain itu mobil ini juga tidak dilengkapi dengan varian penggerak 4×4. Part atau komponen mobil ini juga cukup mahal. Selain itu harga unit baru Suzuki Grand Vitara mahal, yakni mencapai Rp 360,650 juta.

Permasalahan

Suzuki Grand Vitara termasuk mobil yang tidak terlalu banyak mengalami masalah. Hal ini disampaikan oleh Doddy Suviyanto, anggota Suzuki Jip Indonesia (SJI). Akan tetapi hal tersebut juga tergantung bagaimana perawatannya.

Yang menjadi permasalahan khas dari mobil ini adalah harga onderdil yang sedikit mahal. Tidak hanya itu, Doddy mengatakan khusus untuk Grand Vitara lansiran tahun 2009 yang sudah memakai rem cakram belakang, pengait rem tangan yang menjadi satu dengan rem cakram terbilang ringkih. Komponen ini sering patah, padahal part penggantinya cukup susah dicari saat ini.

Tips Membeli

Jika berminat untuk membeli Suzuki Grand Vitara bekas, jangan lupa untuk memperhatikan jam terbangnya. Semakin sering mobil ini dipakai maka kemungkinan adanya permasalahan pada sektor kaki-kaki semakin besar. Maka dari itu periksa komponen kaki-kaki dan juga sistem pengereman.

Selain itu jangan lupa untuk mengecek kabel dan kelistrikannya, seperti ruang mesin. “Jika kabelnya sudah semerawut dan banyak ‘cantolan’ untuk relay, sebaiknya jangan dibeli,” kata Doddy.

 

Begitu juga dengan kabel di belakang dan bawah dasbor. Kabel di bagian tersebut rawan korslet. Maka dari itu periksa dengan cermat bagian bawah mobil untuk memeriksa kondisinya. Pastikan kondisi kaki-kaki dan sasis masih baik.

Perlu diketahui, Suzuki Grand Vitara mengandalkan sasis dan bodi dengan warna senada. Jika di pasar mobil bekas Anda menjumpai Grand Vitara seken dengan warna sasis yang berbeda dari warna bodi maka Anda perlu mempertanyakannya apakah ganti warna atau ganti sasis.

Harga

Di pasaran harga Suzuki Grand Vitara bekas bervariasi. Umumnya Grand Vitara 2.0 tahun 2006 dibanderol sekitar Rp 60 jutaan sampai dengan Rp 115 jutaan. Jika ingin yang lebih muda, maka opsinya adalah membeli model keluaran tahun 2009-2012. Di pasar mobil bekas harganya berkisar Rp 120 jutaan sampai Rp 250 jutaan.

Tentu saja harga mobil bekas ini tergantung dari kondisi dan kota asalnya. Sebelum memutuskan pergi ke showroom mobil bekas, jangan lupa untuk memeriksa seberapa besar pajak kendaraan yang harus dibayar oleh pemilik Grand Vitara.

Untuk Suzuki Grand Vitara bekas tahun 2006-2011, besaran PKB-nya mencapai Rp 5,5 juta sampai Rp 6 juta per tahun. Sedangkan untuk unit yang lebih baru mencapai di atas Rp 6 juta hingga Rp 8 jutaan.

Jika ingin membeli mobil SUV dengan harga terjangkau, Suzuki Grand Vitara bekas bisa menjadi solusinya. Selain mempunyai harga yang ramah di kantong, mobil ini mempunyai desain yang terbilang masih menarik. Hanya saja Anda perlu memastikan bahwa komponen mobil incaran Anda terbebas dari masalah dan mempertimbangkan soal onderdil.

Source: suzuki grand vitara, pasaran mbl seken paling murah, harga mobil vitara bekas, grand vitara, mobil escudo bekas, kelebihan escudo, kelebihan dan kekurangan escudo, jangan beli grand vitara, harga escudo, grand vitara bekas pilihan nya bagaimana, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply