Home Mobil Cara Jumper Aki Mobil, Jangan Sampai Salah

Cara Jumper Aki Mobil, Jangan Sampai Salah

0 159

Cara Jumper Aki Mobil, Mobil masih menjadi transportasi andalan banyak orang di Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum bila seiring pemakaian kondisi komponen mobil mulai mengalami penurunan. Hal inilah yang patut menjadi perhatian bagi para pemilik.

Jangan sampai komponen rusak yang justru menghambat pemilik untuk beraktivitas. Dari sekian banyak komponen yang tersemat di dalam mobil, aki bisa dikatakan menjadi salah satu bagian yang kerap mengalami masalah.

Kondisi aki mobil tidak selamanya baik. Bisa saja tiba-tiba komponen ini bermasalah. Ada beberapa gejala yang bisa dicermati. Mulai dari lampu redup, suara klakson yang pelan dan indikator spidometer yang mati.

Permasalahan ini bisa diatasi dengan cara jumper aki. Mengutip dari Otomotifnet, Mikhael Boedhi Tjahjono, distributor Aki mengatakan jumper aki harus memakai kabel jumper supaya aman. Tidak disarankan untuk memakai perangkat lain, karena dapat menimbulkan bahaya.

Mikhael menerangkan, bila memakai perangkat lain bisa saja menimbulkan korsleting. Lantas bagaimana cara melakukan jumper aki mobil?

Baca juga: Gejala Aki Mobil Soak

Pertama-tama, siapkan aki yang masih bagus atau memakai aki dari mobil lain. Setelah itu siapkan kabel jumper yang terdiri dari dua warna, yaitu hitam dan merah. Pasang kabel merah pada terminal positif aki yang soak dan hitam di terminal negatif.

Untuk pemasangan jangan sampai terbalik. Harus sesuai, yakni positif dengan positif dan negatif dengan negatif. Sesudah itu tunggu beberapa saat sebelum di-starter. Ketika mobil hidup, lepaskan kabel jumper satu per satu. Mulai dari aki yang di-jumper.

Di samping itu, ada pula hal lain yang patut diperhatikan. Pastikan kedua battery atau aki mempunyai tegangan yang sama, yakni 12 volt. Jika memanfaatkan aki mobil lain, posisikan kedua mobil sedekat mungkin supaya dapat menghubungkan kabel jumper ke kedua aki. Akan tetapi jangan sampai mobil bersentuhan lantaran dapat menyebabkan korsleting.

Selain itu matikan seluruh beban kendaraan, mulai dari lampu, AC hingga radio. Pastikan kedua mobil berada pada posisi tuas shifter netral atau park pada mobil matic, lalu tarik rem tangan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply