Home Auto News 3 Mobil Listrik Honda yang Punya Kecerdasan Buatan

3 Mobil Listrik Honda yang Punya Kecerdasan Buatan

0 393

Mobil Listrik, Pabrikan mobil senang melakukan inovasi, mewujudkan sebuah kendaraan dengan ide yang belum terpikirkan sebelumnya. Jika inovasi kendaraan ramah lingkungan sudah biasa, beberapa pabrikan mulai mencoba mengembangkan mobil yang cerdas. Hal ini coba dihadirkan oleh Honda.

Dalam Tokyo Motor Show 2017 Honda menghadirkan beberapa mobil listrik yang juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Ada tiga mobil Honda yang hadir, yakni Honda Sports EV Concept, Honda Urban EV Concept, dan Honda NeuV. Masing-masing mobil konsep ini mengusung arsitektur yang hampir sama.

Takahiro Hachigo, President and Representative Director Honda Motor Co. Ltd mengatakan bahwa Honda sangat fokus pada mobil listrik dalam beberapa tahun ke depan. Tidak hanya itu, mereka akan serius untuk membuat produk mobil Honda lebih berjaya lagi. Penasaran dengan mobil pintar dari Honda? Simak detail singkatnya berikut ini.

Honda Urban EV

Mobil ini dirancang sebagai hatchback dengan mengusung desain retro dan futuristik. Mobil kupe ini mengandalkan tenaga listrik. sekilas Honda Urban EV tampak seperti S600 Coupe yang pernah dihadirkan pada tahun 1960-an.

Bodinya didesain panjang dan membulat sehingga membuatnya tampak retro. Akan tetapi dimensinya lebih kecil dari Mazda MX-5 Miata.

Sedangkan kesan modern tampak melalui warna putih mencolok yang dipadukan warna hitam. Di samping itu sektor roda dibuat lebih besar, dengan buritan mobil yang dilapisi kaca. Belum dapat diketahui seperti apa spesifikasi mobil Honda masa depan ini. Targetnya Honda Urban EV ini akan diluncurkan di beberapa negara pada tahun 2020 mendatang.

Baca juga: Honda Berencana Jual Mobil Listrik di Indonesia

Hal ini menandakan bahwa Honda memang tidak main-main dalam mengembangkan mobil listrik. kehadiran versi massal Honda Urban EV nanti bisa dipastikan menjadi senjata baru Honda untuk memperkeruh persaingan di pasar mobil listrik.

Honda Sports EV Concept

Mobil konsep berikutnya ini dibuat di Honda R&D Automobile R&D Center, Wako. Mobil ini dibuat untuk memberikan pengalaman baru dan mewujudkan rasa kesatuan antara pengendara dengan mobilnya. Honda Sports EV Concept mempunyai akselerasi yang lembut dan bertenaga.

Tidak hanya itu, mobil Honda ini juga dapat melakukan manuver dengan baik karena pusat gravitasi yang rendah. Honda Sports EV Concept memadukan performa EV dengan AI dalam bodi yang kompak. Hal ini membuat mobil Honda itu tampak canggih.

Honda NeuV

Honda membekali mobil ini dengan autonomous driving dan artificial intelligence. Juga ada sistem Honda Automated Network Assistant untuk menghubungkan komunikasi antara pengendara dengan mobil melalui teknologi AI. Sistem ini bertugas mengenali tingkat stres dari ekspresi wajah dan suara, mempelajari gaya hidup dan preferensi pengendara serta menyediakan sugesti pada situasi tertentu.

Kecerdasan buatan yang awalnya hanya lazim ditemui pada film sains fiksi kini mulai menjadi nyata. Bahkan juga merambah hingga dunia otomotif. Honda dan beberapa pabrikan lainnya menilai kecerdasan buatan sebagai sesuatu yang penting.

Aplikasi AI pada mobil yang hadir di pameran Tokyo Motor Show 2017 adalah bagaimana mobil dapat menyadari emosi manusia dan beraksi terhadapnya. Contohnya adalah saat pengemudi sedang marah, bingung, lelah, atau kurang fokus. Misalnya ketika pengemudi mengucek mata yang menandakan lelah, atau menggaruk leher.

Dengan kondisi tersebut mobil akan berusaha untuk mengubah mood pengemudi dengan berbagai sensor yang ada di dalam kabin. Contohnya adalah melalui pengharum ruangan, AC, lampu atau pergerakan tempat duduk. Tujuannya supaya pengemudi tidak lelah atau tidak lagi marah.

Berminat untuk memiliki mobil listrik Honda ini?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply