Home Auto News Hasil F1 Meksiko 2017, Hamilton Amankan Gelar Juara

Hasil F1 Meksiko 2017, Hamilton Amankan Gelar Juara

0 133

F1 Meksiko, Walaupun tidak berhasil merebut podium pertama, Lewis Hamilton mengamankan gelar juara dunia F1 2017 pada GP Meksiko yang diselenggarakan di Sirkuit Hermanos Rodriguez, Mexico City. Pertandingan balap ini dimenangi oleh Max Verstappen dari Red Bull Racing. Ia berhasil menuntaskan balapan dengan waktu 1 jam 36 menit 26,552 detik.

Sedangkan di peringkat kedua ada Valteri Bottas yang selisih 19,678 detik dari Verstappen. Lalu di tempat ketiga ada pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen yang selisih 54,007 detik dari Verstappen. Hamilton sendiri hanya finis di urutan kesembilan, dengan selisih satu putaran penuh dari Verstappen.

Meski begitu total poin yang diraih mencapai 333 poin. Perolehan poin Hamilton ini sudah tidak dapat dikejar oleh pesaingnya, khususnya Sebastian Vettel yang sebelumnya digadang-gadang menjadi kandidat peraih gelar juara dunia. Vettel menduduki peringkat kedua dengan tambahan 12 poin dari F1 Meksiko. Ia hanya finis di urutan keempat.

Di awal pertandingan Hamilton menduduki urutan ketiga. Sedangkan Vettel berada di posisi pertama. Pembalap Ferrari itu tampak mendapat tekanan dari Verstappen dan Hamilton yang berada di belakangnya. Verstappen pada akhirnya berhasil mendahului Vettel di tikungan 2. Hanya saja ada senuhan di antara keduanya sehina membua sayap depan Vettel mengalami kerusakan.

Tidak berhenti sampai di situ, Hamilton yang meliha jarak di sisi luar tikungan 3 tidak menyia-nyiakan kesempatan. Hanya saja ketika siap-siap mengambilnya ban depan kanannya tersangkut oleh Vettel. Alhasil mobil Hamilon dan Vettel mengalami kerusakan.

Insiden tersebut membuat kedua pembalap ini harus kembali ke pit lebih awal. Hamilton masuk pit untuk mengganti bannya. Sedangkan Vettel mengganti ban dan moncong mobilnya.

Baca juga: Beda Mobil F1 dan FE Menurut Rio Haryanto

“Saya lakukan sebisanya. Saya menjalani start yang bagus, tapi tak begitu yakin apa yang terjadi di Tikungan 3,” kata Hamilton, dikutip dari Kumparan.

Setelah kembali ke lintasan, keduanya saling berusaha untuk melesat ke depan. Akan tetapi Hamilton hanya berhasil menuntaskan pertandingan di posisi sembilan. Sedangkan Vettel lebih baik karena mengamankan peringkat keempat.

Dalam pertandingan tersebut ada lima pembalap yang gagal menuntaskan balapan. Salah satunya adalah Daniel Ricciardo dari Red Bull Racing. Ia harus menyudahi balap lebih awal lantaran mengalami masalah dengan turbo mesinnya. Atas masalah ini ia hanya berhasil menyelesaikan enam putaran saja.

Di samping itu Nico Huelkenberg juga gagal menyelesaikan lomba. Di lap ke-24 pembalap Renault itu harus berhenti dan tidak dapat meneruskan pertandingan. Disusul oleh Brendon Hartley yang gugur di putaran ke-30. Lalu Marcus Erricson dari Sauber Ferrari menghentikan pertandingan di putaran ke-55. Disusul oleh Carlos Sainz di lap ke-59.

Dengan gelar juara dunia keempatnya, Hamilton menyamai prestasi Alain Prost dari Prancis. Pembalap asal Inggris itu tertinggal satu titel dari Juan Manuel Fangio asal Argentina dan tiga titel dari Michael Schumacher, pemegang rekor juara dunia terbanyak F1.

Tidak cukup sampai di situ saja, Hamilton juga tercatat sebagai pembalap asal Inggris tersukses dalam sejarah Formula 1. Ia berhasil melampaui perolehan tiga kali juara dunia yang diraih oleh Jackie Stewart.

“Saya mencoba sekuat tenaga untuk melakukan come back. Sejujurnya, saya tak percaya bisa meraih gelar ini. Karena ini bukanlah balapan yang saya inginkan, berada 40 detik di belakang (posisi terdepan). Tapi, saya tak pernah menyerah. Saya tetap melaju hingga putaran akhir,” ungkap Hamilton.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga saya, tim saya, Mercedes. Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari hal ini,” ujarnya.

Hasil F1 Meksiko

POSDRIVERTIME/RETIRED
1Max Verstappen1:36:26.552
2Valtteri Bottas+19.678s
3Kimi Räikkönen+54.007s
4Sebastian Vettel+70.078s
5Esteban Ocon+1 lap
6Lance Stroll+1 lap
7Sergio Perez+1 lap
8Kevin Magnussen+1 lap
9Lewis Hamilton+1 lap
10Fernando Alonso+1 lap
11Felipe Massa+1 lap
12Stoffel Vandoorne+1 lap
13Pierre Gasly+1 lap
14Pascal Wehrlein+2 laps
15Romain Grosjean+2 laps
NCCarlos SainzDNF
NCMarcus EricssonDNF
NCBrendon HartleyDNF
NCNico HulkenbergDNF
NCDaniel RicciardoDNF

Klasemen Sementara

POSDRIVERTEAMPTS
1Lewis HamiltonMERCEDES333
2Sebastian VettelFERRARI277
3Valtteri BottasMERCEDES262
4Daniel RicciardoRED BULL RACING TAG HEUER192
5Kimi RäikkönenFERRARI178
6Max VerstappenRED BULL RACING TAG HEUER148
7Sergio PerezFORCE INDIA MERCEDES92
8Esteban OconFORCE INDIA MERCEDES83
9Carlos SainzRENAULT54
10Lance StrollWILLIAMS MERCEDES40
11Felipe MassaWILLIAMS MERCEDES36
12Nico HulkenbergRENAULT34
13Romain GrosjeanHAAS FERRARI28
14Kevin MagnussenHAAS FERRARI19
15Stoffel VandoorneMCLAREN HONDA13
16Fernando AlonsoMCLAREN HONDA11
17Jolyon PalmerRENAULT8
18Pascal WehrleinSAUBER FERRARI5
19Daniil KvyatTORO ROSSO5
20Marcus EricssonSAUBER FERRARI0
21Antonio GiovinazziSAUBER FERRARI0
22Pierre GaslyTORO ROSSO0
23Brendon HartleyTORO ROSSO0

Selamat untuk Hamilton atas keberhasilan meraih gelar juara dunia F1 2017.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply