Home Auto News Nissan IMx, Mobil Listrik yang Punya Teknologi Mutakhir

Nissan IMx, Mobil Listrik yang Punya Teknologi Mutakhir

0 314

Mobil Listrik, Nissan membuat publik penasaran dengan memperkenalkan mobil konsep crossover bertenaga listrik yang diberi nama Nissan IMx. Daya tarik mobil ini tidak hanya sumber tenaganya yang sepenuhnya listrik, namun juga sistem swakemudi seutuhnya dengan jarak berkendara lebih dari 600 km.

Mobil Nissan yang diperkenalkan di Tokyo Motor Show ini mengusung konsep zero-emission crossover. Nissan IMx ini mewujudkan masa depan Nissan Inelligent Mobility. Demikian kata Daniele Schillaci, Executive Vice President Nissan Motor Co. Ltd untuk Global Marketing dan Sales, Zero-Emission Vehicles dan Battery Business dalam keterangan resminya.

Daniel mengungkapkan inovasi mobil konsep ini memberikan sekilas gambaran mengenai masa depan Nissan Intelligen Mobility. Pendekatan tersebut dilakukan Nissan untuk mengubah bagaimana mobil listrik ini memperoleh tenaga, dikendarai dan diintegrasikan kepada lingkungan sekitar.

Nissan IMx dirancang untuk mempererat hubungan pengemudi dengan sebuah kendaraan. Dengan begitu pengalaman berkendara yang lebih aman, nyaman dan menyenangkan dapat terwujud.

Agar mendapatkan kemampuan autonomous seutuhnya, mobil listrik Nissan IMx dilengkapi dengan teknologi ProPILOT masa depan. Ketika mode berkendara ProPILOT dipilih, sistem akan mengarahkan kemudi ke dalam dasbor dan menyandarkan seluruh kursi, memberikan ruang yang lebih luas kepada pengemudi supaya lebih santai untuk menikmati perjalanan.

Ketika mode berkendara dipilih manual, maka sistem akan mengembalikan kemudi dan jok ke posisi semula. Menariknya kendali kendaraan kembali ke pengemudi dengan mulus. Mobil Nissan ini memanfaatkan platform terbaru dari Nissan EV yang dibuat untuk meraih efisiensi yang lebih baik.

Di sisi eksterior tampilan khas mobil Nissan tampak jelas melalui hadirnya grille V-Motion. Grille ini dibuat lebih modern dan terdapat garis-garis pahatan desain yang membuat kesan futuristik semakin kental.

Baca juga: Inikah Mobil Nissan Saudara Mitsubishi Xpander?

Selain itu rumah roda dirancang dengan rongga besar dan dipadukan pelek berukuran besar. Alhasil kesan crossover menjadi lebih kental. Belum lagi bagian bodi yang didominasi warna putih dengan sentuhan aksen vermillion, lalu untuk pilar dan atap berwarna hitam. Di bagian atap juga sudah terdapat sunroof panoramic besar yang membentang dari depan hingga belakang.

Melihat sisi interior, desain lantai kendaraan dibuat rata. Dengan demikian kabin menjadi lebih luas. Tidak hanya itu, dinamika berkendara juga menjadi lebih baik. Berbekal pusat gravitasi yang rendah, sasis yang solid dan kokoh mempertegas status mobil konsep ini sebagai sebuah crossover.

Empat bangku yang disematkan di kabin mobil listrik ini mengusung desain minimalis. Terdapat teknologi OLED besar sebagai panel instrument dan dihiasi dengan aksen kayu yang membentang hingga ke panel pintu. Nissan IMx diklaim memakai rangka kursi yang dibuat dari mesin cetak 3D, dengan pola diagonal katanagare dan motif kumiki.

Keunggulan lainnya terdapat pada powertrain yang kuat namun tenang, sehingga membuat berkendara lebih menyenangkan. Untuk sumber tenaganya Nissan IMx mengandalkan sepasang motor listrik berkapasitas tinggi. Motor listrik ini terdapat di bagian depan dan belakang sehingga membuatnya sebagai kendaraan all-wheel-drive.

Keduanya menghasilkan daya gabungan sebesar 320 kW dengan torsi maksimum 700 Nm. Baterai pada mobil konsep ini diklaim sudah didesain dan direkayasa ulang untuk meningkatkan kerapatan energi.

Tidak hanya itu saja, dengan baterai baru ini mobil Nissan itu dapat melesat hingga sejauh 600 km dengan satu kali pengisian baterai. Dengan demikian pemilik tidak perlu terlalu sering mengisi ulang daya baterai untuk bisa melakukan perjalanan jauh.

Walaupun Nissan IMx masih berupa konsep, bukan berarti nantinya Nissan tidak berencana untuk memproduksinya. Kemungkinan mobil listrik Nissan ini akan terwujud tak lebih dari 10 tahun ke depan.

Foto Nissan IMx

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply