Home Auto News Suzuki SX4 S-Cross dan Vitara Dikabarkan Hadir, Ini Kata Suzuki

Suzuki SX4 S-Cross dan Vitara Dikabarkan Hadir, Ini Kata Suzuki

0 407

Suzuki SX4 S-Cross, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih mempunyai mobil baru untuk para pecinta roda empat di Tanah Air. Beredar kabar bahwa agen pemegang merek Suzuki di Indonesia itu akan meluncurkan Suzuki SX4 S-Cross facelift pada bulan depan. Tidak hanya itu, masih ada kabar menarik lainnya.

Beredar informasi bahwa Suzuki juga ingin menambah jajaran SUV menengahnya dengan memasukkan Suzuki Vitara Brezza. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan mobil baru Suzuki yang satu ini. Vitara Brezza sebelumnya meramaikan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2017).

Lantas bagaimana kata Suzuki terkait kabar tersebut?

Shatosi Shimizu, GM Indonesia and Thai Automobile Department mengatakan bahwa pihaknya akan menghadirkan Suzuki S-Cross terbaru dalam waktu dekat. Di sisi lain mobil Suzuki ini dan Vitara Brezza berada di segmen yang relatif sama.

“Kami masih pertimbangkan, daripada meluncurkan dua model di segmen yang sama. Lebih baik satu dulu (S-Cross),” jelasnya, mengutip dari laman Otomania.

Jika nantinya meluncur di Indonesia, maka nama Vitara yang akan dipilih. Bukan Escudo seperti yang dipilih untuk pasar Jepang.

Untuk informasi, Suzuki Vitara Brezza dipersenjatai dengan mesin diesel berkapasitas 1.3 liter. Mesin ini sudah dilengkapi dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Sama seperti yang diterapkan pada Suzuki Ertiga Diesel Hybrid.

Baca juga: Detail Suzuki S-Cross Facelift

Lalu untuk Suzuki Escudo yang hadir di Tokyo Motor Show 2017 mengusung mesin bensin berkapasitas 1.400 cc Boosterjet turbocharged 4-silinder. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin ini mencapai 140 hp dengan torsi puncak 220 Nm pada putaran 1.500 rpm sampai 4.000 rpm.

Berbekal bodi yang kompak, maka segmen yang dituju berbeda dengan Grand Vitara yang berhadapan dengan CR-V dan X-Trail di segmen SUV medium. Suzuki Vitara Brezza ditujukan untuk menghadapi Honda HR-V dan Chevrolet Trax di kelas crossover.

Ada beberapa fitur yang disematkan pada Suzuki Vitara Brezza. Mulai dari LED daytime running lights, sensor yang terintegrasi dengan kaca spion, ABS, EBD, airbag, sistem hiburan SmartPlay dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk Suzuki S-Cross facelift bisa dikatakan sedikit berbeda dengan model yang saat ini dijual di Tanah Air. Ubahan sisi eksterior cukup signifikan. Melihat bagian wajah, lampu depannya kini mengusung model lampu projector.

Untuk bagian grille juga tampak berubah total. Tampilannya menjadi jauh lebih elegan layaknya mobil Eropa. Suzuki tetap memainkan aksen krom di bagian grille ini.

Sementara bumper depan Suzuki SX4 S-Cross terbaru ini juga tak luput dari penyegaran. Housing dari foglamp mendapat sentuhan krom yang mempermanis tampilannya. Sementara bagian belakang nyaris tidak ada perubahan.

Meski begitu ada beberapa penyegaran yang dilakukan oleh Suzuki. Lampu belakangnya sudah memakai LED yang membuatnya tampak modern. Lalu untuk bagian kaki-kaki memakai pelek baru dengan two tone color. Pelek berdesain menarik ini dipadukan dengan ban dari JK Tyre, sama seperti model sebelumnya.

Dengan ubahan tersebut ground clearance S-Cross terbaru menjadi lebih tinggi. Bila sebelumnya hanya mencapai 165 mm, kini naik menjadi 180 mm.

Bagian interior turut mendapat sentuhan ubahan ringan. Suzuki mengaplikasikan bahan soft touch di beberapa bagian sehinga membuatnya terlihat mewah. Sementara bagian jok menggunakan bahan kulit sintetis, begitu juga dengan setir kemudinya. Alhasil tampilannya tampak manis.

Hanya saja untuk fitur dan kelengkapan tidak ada perbedaan dengan model yang sudah ada saat ini. Menurut bocoran gambar yang beredar di dunia maya, Suzuki S-Cross ini belum dilengkapi dengan head unit. Akan tetapi bila melihat slotnya tampaknya mobil Suzuki ini akan mengusung head unit aftermarket seperti model saat ini.

Suzuki S-Cross yang dipasarkan di luar negeri mengusung sistem SmartPlay layar sentuh dengan dukungan konektivitas mirrorLink yang terpisah dari Apple CarPlay. Selain itu juga ada fitur double panoramic sunroof yang menjadi terbesar di kelasnya.

Belum ada informasi lain dari mobil baru Suzuki ini. Akan tetapi disebutkan bahwa harga Suzuki SX4 S-Cross facelift akan lebih mahal Rp 5 jutaan dibandingkan dengan model yang ada saat ini.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply