Home Motor Cara Mencuci Motor Listrik, Ada Teknik Khusus

Cara Mencuci Motor Listrik, Ada Teknik Khusus

0 136

Cara Mencuci Motor, Era motor listrik akan segera tiba. Saat ini masyarakat mulai tertarik dengan motor yang ramah lingkungan ini. Bukan tidak mungkin suatu saat nanti motor listrik berjaya di pasar otomotif Tanah Air, menggeser eksistensi motor konvensional yang kita kenal selama ini.

Sebagai “barang baru” mungkin banyak orang yang belum mengerti seputar motor ini. Baik ciri khas ketika dikendarai maupun perawatan yang perlu dilakukan oleh pemilik. Untuk diketahui, cara berkendara motor listrik dengan motor konvensional berbeda. Selain itu cara mencuci motor ini pun juga tidak boleh sembarangan.

Raditya, Wakil Ketua Viar Electric Community mengungkapkan pencucian motor listrik yang tidak benar dikhawatirkan membuat kelistrikannya korsleting. Maka dari itu cara mencuci motor ini harus hati-hati.

“Mencucinya harus hati-hati takutnya air ada yang masuk di sistem kelistrikannya dan pada akhirnya akan mengakibatkan korsleting,” jelasnya, mengutip dari DetikOto.

“Tapi jangan khawatir karena motor listrik itu ada sistem preventif nya kok. Dia ada saklar tersendiri di bagian sensitif nya,” tambah Raditya.

Mengenai tata cara mencuci motor listrik, Raditya mengatakan bahwa motor ini jangan dicuci seperti biasa yakni disemprot ke seluruh bodi. Untuk membersihkannya cukup pada bagian dek dan kaki-kaki saja.

Hindari menyemprot bagian atas motor dengan semprotan steam motor. Cukup bagian bawah saja yang disemprot. Sebab bagian dek dan kaki-kaki biasanya terdapat fitur anti banjir sehingga tidak akan masalah bila terkena air. Sementara bagian atas cukup di lap basah.

Walaupun rawan jika terkena air yang sangat deras, Raditya mengklaim motor listrik masih aman bila dikendarai di tengah guyuran hujan.

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Kendaraan Dinas PLN

“Terkena air hujan sih aman saja. Tapi kalau sudah deras airnya seperti semprotan yang di steam kendaraan, itu yang cukup bahaya. Karena air bisa aja masuk ke sistem kelistrikannya. Jadi untuk mencegah hal itu, cukup di lap saja bagian atasnya pakai lap basah,” kata Raditya.

Bila Anda berminat untuk membeli motor listrik, merupakan hal yang penting untuk mengetahui seluk beluk mengenai motor ini. Termasuk cara mencucinya supaya tidak terjadi hal yang tidak diharapkan pada kendaraan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply