Home Auto News 2 Motor Suzuki Ini Dapat Penyegaran Tahun 2018

2 Motor Suzuki Ini Dapat Penyegaran Tahun 2018

Motor Suzuki, Tahun 2017 bisa dikatakan merupakan tahun bangkitnya Suzuki Indonesia. Setelah cukup lama mengandalkan Satria F150, Suzuki menghadirkan duo GSX 150. Penjualan dua motor baru ini terbilang memuaskan.

Suzuki GSX-S150 dan Suzuki GSX-R150 seakan menjadi idola baru bagi para pecinta motor sport. Akan tetapi langkah Suzuki tidak berhenti sampai di situ. Menyambut tahun 2018 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tampaknya disibukkan dengan persiapan peluncuran model baru.

Menariknya awal tahun depan Suzuki GSX 150 akan mendapat sentuhan facelift. Padahal motor Suzuki ini sendiri baru saja hadir di Indonesia. Meski begitu pastinya ada alasan tertentu mengapa PT SIS ingin menyegarkan motor sport andalannya.

“Ada beberapa yang sudah kita siapkan, mungkin boleh dibilang pembaharuan minor. Tapi ada tambahan sedikit di bodi dan sudah kita siapkan agar terlihat perubahan itu kasat mata dan akan diperkenalkan pada awal 2018,” jelas Yohan Yahya, Kepala Penjualan dan Pemasaran Divisi Roda Dua Suzuki Indomobil Sales (SIS), dilansir dari laman KompasOtomotif.

Hanya saja tidak dijelaskan secara detail apakah yang diperkenalkan awal tahun 2018 adalah versi fairing (GSX-R150) atau versi naked (GSX-S150). Meski begitu kedua Suzuki GSX 150 ini dipastikan memperoleh penyegaran dan akan dirilis tahun depan. Hanya saja waktu peluncurannya tidak dilakukan bersamaan.

“Ke dua-duanya akan diperkenalkan, tapi tidak dalam tidak bersamaan waktunya,” ungkap Yohan.

Yohan mengatakan pembaruan minor tersebut menjadi sebuah keharusan demi penyegaran produk. Terlebih saat ini konsumen sepeda motor di Tanah Air mudah merasa bosan. “Kalau dahulu 1-2 tahun baru ganti modal, sekarang ini sekitar 3, 4, 6 bulan, dan maksimal 1 tahun minta penyegaran,” ujarnya.

Larisnya Suzuki GSX 150 bisa jadi merupakan alasan PT SIS memperhatikan motor ini. Terlebih GSX-R150 menjadi salah satu model dengan penjualan paling tinggi bagi Suzuki. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan Suzuki GSX-R150 sepanjang Januari-Agustus 2017 mencapai 22.936 unit. Di sisi lain angka penjualan GSX-S150 mencapai 6.283 unit dalam periode waktu yang sama.

Sementara itu popularitas Suzuki Satria F150 yang sempat menjadi tulang punggung penjualan PT SIS tampak menurun. Terlebih motor ayago ini kedatangan rival dari Honda, yakni Sonic 150R. Selain hadirnya motor Honda itu, Suzuki GSX 150 diduga membuat penjualan Satria F150 semakin menurun lantaran merebut pangsa pasar saudaranya.

Baa juga: Kelebihan Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150

Mengenai hal ini Yohan Yahya tidak membenarkannya. Ia menjelaskan bahwa penurunan penjualan Suzuki Satria bukan karena GSX Series, akan tetapi dikarenakan tren pasar di kelas tersebut yang sedang menurun.

Yohan mengungkapkan, dulu ketika Suzuki Satria menjadi pemain tunggal setiap bulannya bisa terjual hingga 25.000 unit. Lalu sekarang setelah penjualannya turun drastis menjadi 4.000 – 5.000 unit per bulan.

Ia juga menegaskan bahwa Suzuki GSX 150 tidak merebut pasar All New Satria. Sebab kedua motor ini berbeda sehingga mempunyai segmen pasar masing-masing.

Sebenarnya Suzuki Satria F150 injeksi sendiri sudah mendapat penyegaran. PT SIS merilisnya pada September 2017 kemarin. Ubahan yang dilakukan hanya meliputi warna saja. Tujuannya supaya konsumen tidak merasa bosan. Yohan juga mengaku bahwa facelift minor atau ubahan kecil tersebut hanya bagian dari penyegaran produk.

Bila berminat untuk membeli motor Suzuki baru, penyegaran Suzuki GSX 150 ini bisa menjadi sesuatu yang menarik untuk ditunggu. Sayangnya belum dapat diketahui apa saja ubahan yang akan dilakukan terhadap motor sport bermesin 150 cc ini. Tunggu saja kehadirannya tahun depan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply