Home Motor Ternyata Helm Motor Punya “Masa Pakai”, Ini Penjelasannya

Ternyata Helm Motor Punya “Masa Pakai”, Ini Penjelasannya

0 147

Helm Motor, Jika Anda sering menggunakan sepeda motor untuk melakukan aktivitas sehari-hari maka sudah sepatutnya untuk selalu menggunakan perlengkapan penunjang keselamatan. Tidak hanya asal pakai saja, perlengkapan berkendara juga perlu mendapat perhatian khusus, tak terkecuali helm.

Perlengkapan yang satu ini pastinya dimiliki oleh setiap pengendara motor. Akan tetapi mungkin tidak semua mengetahui bahwa sebenarnya helm motor mempunyai “masa pakai”. Biasanya pemilik tidak akan mengganti helmnya jika belum rusak. Padahal kebiasaan seperti itu sebenarnya kurang aman.

Meski sebenarnya tidak terlalu bermasalah, namun dari sisi keamanan dan keselamatan akan kurang baik. Hal ini disampaikan oleh Mugiyono, Engineering R&D KYT. Ia mengatakan idealnya masa pakai helm kurang lebih sekitar dua tahun.

Terlebih jika helm sering dipakai dan dijemur. Perlu diketahui, helm mempunyai lapisan khusus. Seiring penggunaan dan berjalannya waktu fungsinya akan berkurang. Lapisan khusus itu juga akan mengalami penyusutan. Alhasil helm menjadi tidak pas di kepala. Bila itu terjadi maka bisa membahayakan pengguna ketika berada di jalan.

“Biasanya hal seperti itu yang tidak diperhatikan oleh pengguna helm, padahal dari sisi keamanan sangat penting. Jadi minimal sekali dua tahun, apalagi sering kena panas itu bisa lebih cepat lagi,” kata Mugiyono, melansir dari Otomania.

Agar masa pakai lebih panjang, ia menganjurkan untuk tidak menyimpan helm motor di dalam bagasi ketika motor di parkir di tempat panas. Selain itu tidak disarankan untuk menggantungnya di spion motor. Sebab lapisan khusus pada helm justru menjadi lebih cepat menyusut.

Untuk itu lebih baik menitipkan helm di tempat penitipan helm. “Karena di dalam bagasi itu udaranya lebih panas, kemungkinan menyusutnya lebih cepat,” ujar Mugiyono.

Jarang Dipakai

Mungkin ada yang berpendapat bahwa helm motor yang jarang dipakai akan lebih awet. Akan tetapi hal tersebut tidak benar. Dikatakan bahwa helm yang jarang dipakai justru bisa lebih cepat rusak daripada helm yang dipakai setiap hari.

Baca juga: 5 Tips Rawat Helm Motor

Mugiyono mengatakan, bagian yang cepat rusak adalah karet. Sebab suhu di tempat penyimpanan lebih lembap dan jarang terkena angin.

“Usia pakai helm idealnya itu sekitar dua tahun, tetapi kalau tidak pernah dipakai bisa satu tahun atau paling lama satu setengah tahun sudah mulai timbul getas pada karetnya,” ungkapnya.

Mugiyono pernah menjumpai beberapa helm yang rusak lantaran tidak pernah dikeluarkan dari etalase toko atau tempat lainnya. Yang paling sering terjadi rusak atau bahkan bisa hancur pada bagian karetnya.

Selain masa pakai, helm yang jarang dipakai juga mempunyai batasan. Biasanya dapat dilihat pada kode produksi. Misalnya hanya untuk dua atau tiga tahun saja. Mugiyono menganjurkan kepada para pemilik untuk sering menggunakan helm motor miliknya supaya tidak cepat rusak.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply