Home Auto News Penasaran Besaran Pajak Sepeda Motor Listrik? Ini Rinciannya

Penasaran Besaran Pajak Sepeda Motor Listrik? Ini Rinciannya

0 536

Sepeda Motor Listrik, Belakangan ini motor listrik menarik perhatian masyarakat Indonesia. Terlebih setelah hadirnya beberapa motor listrik, seperti Viar Q1. Walaupun tergolong barang baru, motor listrik Viar ini sudah dilengkapi dengan surat kelengkapan berkendara atau STNK.

STNK motor listrik rupanya tidak jauh berbeda dengan motor konvensional. Terdapat nomor rangka, nomor mesin, warna motor dan lain sebagainya. Hal ini menandakan bahwa Viar Q1 boleh dipakai berkendara di jalan raya.

Yang menarik untuk dibahas adalah besaran pajang yang harus dibayar oleh para pemilik motor listrik. Mungkin tidak sedikit yang penasaran berapa besar dana yang harus disiapkan para pemilik untuk membayar pajak motor listrik.

Untuk Viar Q1, pajak yang harus dibayarkan mencapai Rp 1.323.000.  Mengutip dari Otomotifnet, rinciannya adalah sebagai berikut:

BBN Kendaraan Baru Rp 900 ribu, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp 180 ribu, SWDKLLJ Rp 83 ribu, dan biaya admin TNKB Rp 60 ribu. Untuk pajak tahunan tak termasuk BBN Kendaraan Baru dan biaya admin TNKB mencapai Rp 263 ribu.

Deden Gunawan, Corporate Manager PT Triangle Motorindo selaku produsen sepeda motor listrik Viar Q1 mengatakan besaran biaya tersebut diperoleh dari penyetaraan tenaga baterai dengan kapasitas silinder pada umumnya.

Dijelaskan bahwa motor listrik Viar itu mempunyai baterai dengan tenaga 800 kwh. Setelah dihitung setara dengan motor bermesin 100 cc. Melihat angka tersebut, besaran pajak motor listrik bisa dibilang masih mirip dengan beberapa jenis motor konvensional bermesin bensin seperti motor bebek dan motor matic.

Sebagai tambahan, Viar Q1 hadir di Indonesia dengan desain yang serba bulat mulai depan hingga belakang. Tampilannya terkesan sederhana namun modern dan unik. Di sektor roda Viar Q1 mengandalkan pelek berukuran 10 inci yang dikombinasikan ban berukuran 90/90-10 di depan dan belakang.

Baca juga: Plus-Minus Motor Listrik Viar Q1

Bobot sepeda motor listrik ini terbilang ringan, yakni mencapai 87,5 kg. lalu untuk fiturnya Viar Q1 dilengkapi dengan spidometer yang menampilkan sejumlah informasi seputar kecepatan, odometer, lampu indikator, mode 1 dan 2 serta penunjuk kapasitas baterai.

Sedangkan di sektor performa skuter matik listrik ini diklaim dapat melesat hingga 60 km/jam. Dalam kondisi baterai penuh, sepeda motor listrik ini dapat dipakai berkendara hingga 70 km. Hanya saja daya tempuhnya dipengaruhi kondisi medan dan muatan yang diangkut motor ini. Jika baterai habis, pemilik membutuhkan waktu 5-7 jam untuk mengisi ulang dayanya hingga penuh.

Untuk memberikan pengalaman yang lebih baik, Viar Q1 dilengkapi dengan dua mode berkendara, yakni H dan L. Untuk mode L dapat dipilih bila ingin berkendara santai. Sedangkan mode H untuk menghadirkan karaker bukaan gas layaknya motor matic konvensional.

Bagaimana, berminat untuk membeli sepeda motor listrik? Ke depannya pasar otomotif Indonesia akan diramaikan banyak motor listrik. Salah satunya adalah motor listrik karya anak bangsa, Gesits. Selain itu Honda juga mempunyai rencana untuk ikut memasarkan motor listrik.

Img source: Otomotifnet

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply