Home Auto News Yamaha Uji Sepeda Motor Listrik Buatannya di Indonesia

Yamaha Uji Sepeda Motor Listrik Buatannya di Indonesia

Sepeda Motor Listrik, Seakan tak mau ketinggalan, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengadakan konferensi pers “Market Trial” sepeda motor listrik Yamaha di kawasan Kuningan, Jakarta. Acara tersebut diselenggarakan untuk memperkenalkan sekaligus uji coba motor listrik buatan pabrikan berlambang tiga garputala itu.

“Dengan latar belakang pengalaman kami mengembangkan kendaraan listrik, kami sangat percaya diri untuk menghadapi era kendaraan listrik di Indonesia,” jelas Minoru Morimoto, Presiden Direktur YIMM, dikutip dari Antaranews.

Disebutkan bahwa agen pemegang merek Yamaha di Indonesia itu tengah giat melakukan studi pasar motor listrik di Tanah Air. Dalam kurun waktu satu bulan ke depan YIMM bekerja sama dengan empat institusi di Indonesia. Antara lain Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD.

Keempat institusi ini nantinya diajak melakukan uji coba motor listrik Yamaha. Kendaraan tanpa bahan bakar itu akan dipakai sebagai transportasi di kawasan internal mereka.

Ini bukan pertama kalinya Yamaha membuat kendaraan listrik. Sejarah awal kendaraan listrik Yamaha dimulai pada tahun 1993 silam. Ketika itu Yamaha Motor Company mulai memasarkan sistem Electrical Suport Bicycle pertamanya yang diberi nama Yamaha PAS (Power Assist System).

Di negara-negara yang punya sejarah bersepeda, seperti negara di Eropa dan Jepang “sepeda dengan bantuan elektrik”, telah mendapat posisi di pasar sepeda sebagai genre baru. Tidak hanya itu, penjualan Yamaha PAS di pasar global menunjukkan hasil yang memuaskan. Total penjualannya bisa mencapai lebih dari 4 jua di seluruh dunia, termasuk penjualan unit penggeraknya.

Tidak cukup sampai di situ, pabrikan motor asal Negeri Samurai ini melanjutkan inovasi mereka dengan menghadirkan sepeda motor listrik pertamanya di tahun 2002. Motor ini diberi nama Yamaha Passol. Sesudahnya Yamaha melakukan pengembangan berturut-turut dengan menghadirkan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino.

Baca juga: Besaran Pajak Sepeda Motor Listrik di Indonesia

Di ajang Tokyo Motor Show Yamaha juga memamerkan beberapa motor sport listrik buatannya. Sampai saat ini penjualan sepeda motor listrik Yamaha sudah mencapai Eropa dan di negara Asia seperti Jepang dan Taiwan. Kendaraan ramah lingkungan ini diklaim sudah terjual lebih dari 10.000 unit.

Market trial sepeda motor listrik yang diselenggarakan oleh YIMM merupakan bentuk dukungan Yamaha kepada pemerintah terkait Program Percepatan Kendaraan Listrik untuk Transportasi Jalan. Ke depannya Yamaha akan menganalisa hasil “Market Trial” tersebut agar menghasilkan motor listrik berkualitas untuk masyarakat Tanah Air.

“Kami sangat percaya diri untuk menghadapi era kendaraan listrik di Indonesia. Yamaha siap berkontribusi untuk hal ini,” kata Morimoto, melansir dari DetikOto.

Hadirnya sepeda motor listrik Yamaha akan memberikan pengalaman berkendara yang baru bagi konsumen Indonesia. Ini merupakan komitmen Yamaha untuk memajukan industri transportasi di Indonesia.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply