Home Auto News Ini Spesifikasi Sepeda Motor Listrik Yamaha E-Vino

Ini Spesifikasi Sepeda Motor Listrik Yamaha E-Vino

Sepeda Motor Listrik, Seakan sudah bosan dengan motor bensin, masyarakat mulai menaruh perhatian terhadap motor listrik. Ada beberapa model yang ditawarkan di pasaran. Di sisi lain pabrikan ternama asal Jepang juga mulai bersiap untuk menyambut datangnya era kendaraan listrik.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) jua melakukan hal serupa. Agen pemegang merek Yamaha ini melakukan tes pasar motor listrik Yamaha E-Vino. Motor Yamaha ini diperkenalkan di Jakarta, Rabu (1/11/2017). Seperti apa spesifikasi sepeda motor listrik ini? Berikut adalah detail selengkapnya.

Yamaha E-Vino merupakan skuter matik listrik yang diproduksi dan dipasarkan di Taiwan sejak 2014. Sedangkan di negara asalnya motor ini baru hadir pada 2015. Melihat dimensinya, panjang motor ini mencapai 1.675 mm, dengan lebar 660 mm dan tinggi 1.005 mm. Ketinggian jok dari aspal E-Vino mencapai 715 mm.

Yamaha membekali motor ramah lingkungannya ini dengan motor listrik yang dikombinasikan dengan baterai lithium-ion 50V-12Ah. Menariknya baterai ini mengusung konsep plug and play. Dengan begitu pengguna bisa mengisi daya baterai pada instalasi listrik rumah 110/220V.

Yamaha E-Vino diklaim dapat melesat hingga 30 km dalam satu kali isi daya. Sedangkan waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang daya baterainya mencapai 3 jam. Kecepatan maksimum motor Yamaha ini mencapai 30 km/jam konstan.

Di dalam bagasinya terdapat dua baterai yang punya tugas masing-masing. Salah satu bertugas menyuplai tenaga ke motor listrik, lalu lainnya sebagai cadangan.

Motor matic listrik ini membawa motor listrik yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 1,2 kW atau mencapai 1,6 PS. Sedangkan torsi maksimum yang dapat diraih mencapai 7,8 Nm.

Baca juga: Yamaha Uji Sepeda Motor Listrik Buatannya di Indonesia

Menariknya Yamaha E-Vino dilengkapi dengan dua mode berkendara, yakni smooth dan boost. Mode boost dapat diaktifkan dengan menekan tombol pada setang kemudi di sebelah kanan. Mode ini akan membuat akselerasi motor bertambah karena adanya tambahan tenaga pada roda belakang.

Hanya saja ada kekurangan jika memakai mode boost. Lantaran tenaga lebih besar, maka konsumsi daya juga semakin besar. Alhasil daya baterai lebih cepat habis.

Sepeda motor listrik ini mengandalkan roda berdiameter 10 inci. pelek ini ditemani dengan ban berukuran 90/90 di depan dan belakang. Lalu untuk sistem pengereman masih mengandalkan rem tromol untuk bagian roda depan dan belakang.

Pada baterai E-Vino juga terdapat tombol yang berfungsi sebagai indikator daya baterai. Selain itu tombol ini juga berfungsi untuk mendiagnosa kemungkinan terjadinya masalah pada baterai.

Lalu pada dasbor terdapat Multifunction Meter yang terdiri dari speedometer, battery station, signal light indicator dan engine warning light.

Dyonisius Beti, Executive Vice President YIMM mengatakan bahwa motor ini belum tentu untuk pasar motor listrik Indonesia. Sebab motor ini hadir di Tanah Air sebagai bagian dari studi pengembangan motor listrik Yamaha di Indonesia. Oleh karenanya jangan terburu-buru bertanya kapan motor Yamaha ini dirilis.

Di Indonesia PT YIMM menghadirkan 10 unit Yamaha E-Vino. Tujuh di antaranya dipakai Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan, PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), dan The Breeze BSD sebagai kendaraan operasional.

Kehadiran motor listrik diharapkan dapat mengurangi pencemaran udara yang dikarenakan asap kendaraan bermotor. Seperti yang diketahui masyarakat Indonesia gemar naik kendaraan pribadi untuk beraktivitas. Di sisi lain masyarakat tentu menginginkan motor listrik yang tidak hanya ramah lingkungan namun juga punya harga yang terjangkau.

Source: yamaha matic listrik, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply