Home Auto News Komparasi 3 Sepeda Motor Listrik yang Hadir di Indonesia

Komparasi 3 Sepeda Motor Listrik yang Hadir di Indonesia

0 277

Sepeda Motor Listrik, Sepertinya era motor listrik akan segera dimulai. Beberapa pabrikan terlihat mulai menyusun strategi dalam menghadirkan motor listrik buatannya. Juga ada yang sudah mencuri start dengan memasarkan sepeda motor listrik di Indonesia.

Viar Q1 menjadi salah satu yang sudah dipasarkan kepada masyarakat. Nantinya Q1 tidak akan sendirian. Juga ada motor listrik buatan anak bangsa, yakni Gesits. Di sisi lain Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan motor listrik Yamaha E-Vino.

Khusus Yamaha E-Vino, kehadirannya di Tanah Air adalah untuk uji pasar. Belum tentu motor ini nantinya di pasarkan di Indonesia. Selain itu juga belum ada kepastian kapan moor listrik Yamaha hadir.

Sedangkan Gesits juga belum dipasarkan lantaran masih dalam tahap purwarupa. Untuk produksi massalnya akan dilakukan pada tahun depan.

Meski belum resmi hadir di Indonesia, tidak ada salahnya untuk membandingkan ketiga motor listrik ini. Mari kita bahas sekilas komparasi Viar Q1, Gesits dan Yamaha E-Vino.

Viar Q1

Viar Q1 hadir menyapa dengan dukungan teknologi dari perusahaan asal Jerman, Bosch. Sepeda motor listrik ini diklaim dapat melesat sejauh 60 km. Tenaga puncak yang dapat dihasilkan ole kendaraan ini diklaim 800 Watts.

Bila daya baterai habis, pengguna perlu mengisi ulang hinga penuh selama 5 jam. Di Indonesia harga motor listrik ini mencapai Rp 16,7 juta on the road Jabodetabek.

Motor listrik Viar ini diklaim hemat energi. Energi atau daya pada baterai tidak akan terpakai bila dalam keadaan berhenti. Daya baterai hanya dipakai untuk lampu utama yang menyala.

Gesits

Beralih ke motor buatan anak bangsa, saat ini Gesits memang belum diproduksi. Akan tetapi tawaran spesifikasinya tidak kalah menarik. Gesits dibekali dengan motor elektrik berday 5 kilowatt yang mempunyai torsi maksimum 15 Nm pada putaran 3.000 rpm.

Motor ini dibekali dengan baterai lithium ion. Jika habis, baterai Gesits membutuhkan waktu 3 jam untuk isi daya hingga penuh. Saat dalam kondisi penuh, sepeda motor listrik ini dapat dipakai berkendara hingga 80-100 km. Sedangkan kecepatan maksimumnya diklaim bisa menembus angka 100 km/jam.

Al Abdullah, CEO Garasindo Group mengatakan harga Gesits tidak akan lebih dari Rp 20 juta. Saat resmi dipasarkan nanti motor ini diharapkan bisa terjual sebanyak 50 ribu unit.

Yamaha E-Vino

Motor matic listrik ini hadir dengan desain klasik namun modern. Yamaha melengkapinya dengan baterai lithium-ion 50 volt. Berbekal baterai ini Yamaha E-Vino diklaim dapat melesat sejauh 35 km. Lalu untuk pengisian baterainya membutuhkan waktu 3 jam.

Baca juga: Ini Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E-Vino

Rangga Dimas Janitra, Divisi Servis Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengatakan bahwa baterai yang disematkan pada sepeda motor listrik ini merupakan buatan Yamaha sendiri.

Itulah komparasi singkat sepeda motor listrik yang hadir di Indonesia. Dari ketiga model di atas mana yang lebih menarik menurut Anda?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply