Home Auto News Pajak Mitsubishi Xpander Lebih Murah dari Avanza, Kok Bisa?

Pajak Mitsubishi Xpander Lebih Murah dari Avanza, Kok Bisa?

Mitsubishi Xpander, Setelah penantian panjang akhirnya masyarakat bisa membeli Mitsubishi Xpander yang digadang-gadang menjadi penantang Toyota Avanza. Mobil baru Mitsubishi ini hadir dalam beberapa varian, salah satunya adalah Ultimate AT bermesin 1.500 cc. Rupanya ada hal menarik di balik varian termahal Mitsubishi Xpander ini.

Jika dibandingkan, pajak kendaraan bermotor (PKB) Xpander Ultimate AT justru lebih rendah dibandingkan Toyota Avanza G AT yang mengandalkan mesin 1.3 liter. Hal ini terungkap dari screenshot yang diposting oleh akun Instagram william.hardjanto. dalam foto tersebut terpampang pajak kendaraan Mitsubishi Xpander tipe Ultimate AT dengan Avanza 1.3 G AT.

Tampak jelas pada STNK Toyota Avanza besaran PKB mencapai Rp 3.507.000. Sedangkan PKB Xpander Ultimate AT sebesar Rp 3.213.000 atau lebih murah Rp 300 ribuan. Yang menjadi pertanyaan, apa yang menyebabkan pajak tahunan Xpander yang memakai mesin 1.500 cc lebih murah dari mobil sekelas yang memakai mesin 1.300 cc?

Dikutip dari Otomotifnet, perbedaan besaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) itu dikarenakan besaran Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), bukan lantaran kapasitas mesinnya. Walaupun memakai kapasitas mesin yang lebih besar dan dua varian yang lebih tinggi dari Toyota Avanza 1.3 G AT, nilai NJKB Mitsubishi Xpander Ultimate AT lebih murah.

Hal tersebut dapat dilihat pada situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI ajakrta. Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) sebelum pajak Mitsubishi Xpander Ultimate AT mencapai Rp 153 juta. Sementara NJKB Toyota Avanza 1.3 G AT menembus angka Rp 167 juta.

Sekilas informasi, Mitsubishi Xpander merupakan mobil MPV dengan desain gagah layaknya SUV. Sekilas desainnya tampak terinspirasi dari Pajero Sport generasi terbaru. Desainnya yang unik dan menarik membuat Xpander berhasil memikat konsumen pecinta LMPV di Tanah Air.

Tidak hanya itu, sisi interior juga menawarkan keunggulan yang tak kalah menggoda. Seperti hadirnya soket listrik yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi ulang daya gadget atau smartphone. Di sisi dapur pacu, Mitsubishi membenamkan mesin berkapasitas 1.5 liter MIVEC, DOHC 16 valve. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 77 kW pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm.

Baca juga: Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza Veloz

Ada dua pilihan transmisi yang ditawarkan pada Mitsubishi Xpander. Yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Lalu untuk sistem penggerak roda mengandalkan gerak roda depan.

Suspensi depan mobil Mitsubishi ini diklaim memakai milik Lancer Evolution 10. Suspensi ini diklaim mampu memberikan pengendalian yang lebih baik. Sementara untuk sektor roda Ada dua macam yang bisa dipilih, yakni 15 inci dan 16 inci.

Fitur keselamatan juga menjadi andalan Mitsubishi Xpander. Ada SRS Airbag, rem ABS dan Emergency Stop Signal System. Selain itu juga terdapat Hill Start Assist (HSA) dan Active Stabilty Control (ASC).

Source: keunggulan xpander manual, pajak mobilio vs pajak xpander, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply