Home Mobil City Car Suzuki Ignis GX AGS vs Mitsubishi Mirage Exceed CVT, Pilih Mana?

Suzuki Ignis GX AGS vs Mitsubishi Mirage Exceed CVT, Pilih Mana?

Suzuki Ignis, Dihadirkan untuk menggantikan Suzuki Splash, Ignis bisa dibilang sukses menarik perhatian konsumen di Indonesia. Terbukti dari penjualannya yang cukup laris manis meski berstatus sebagai mobil baru. Suzuki Ignis hadir bukan tanpa bekal. Ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan.

Seperti banderol harga yang tergolong murah untuk sebuah compact hatchback bermesin 1.2 liter. Harga Suzuki Ignis varian GL yang menjadi tipe terendah bahkan setara dengan harga mobil yang masuk di kelas low cost green car (LCGC). Padahal Ignis sendiri merupakan mobil yang diimpor utuh (CBU) dai India.

Walau begitu fitur yang disediakan pada mobil Suzuki terbaru ini juga tidak kalah memikat dengan model lain. Bila sedang ingin membeli mobil ini, maka Ignis GX bisa menjadi pilihannya. Model ini merupakan varian tertinggi dari jajaran Ignis.

Di sisi lain mobil ini mendapat rival yang cukup sepadan, yakni Mitsubishi Mirage Exceed. Kedua mobil ini bisa dipertimbangkan bila Anda memang ingin mobil berdimensi kompak dengan fitur yang cukup melimpah.

Unit yang akan dibandingkan bertransmisi matic. Untuk Mirage Exceed memakai transmisi CVT dan Ignis GX memakai transmisi Auto Gear Shift (AGS). Mari kita simak detail selengkapnya, dilansir dari laman Oto.

Desain

Ignis mencoba menggoda para pecinta hatchback kompak dengan desain yang modern. Melihat tampilannya, Suzuki Ignis tampak mengusung karakter SUV yang gagah dan diwujudkan dalam sebuah mobil perkotaan. Suzuki menyebutnya dengan nama Urban SUV.

Tampilan depan memang menjadi daya tarik utama di sisi eksteriornya. Kesan unik namun modern tampak jelas pada fascia Ignis. Hanya saja tidak demikian dengan tampilan belakangnya. Banyak yang menilai buritan mobil Suzuki ini kurang menarik. Untungnya sisi interior Ignis terbilang menarik dengan sentuhan desain yang atraktif.

Baca juga: Spesifikasi Suzuki Ignis vs Honda Brio RS 

Sementara Mitsubishi Mirage ampak mengusung kesan elegan di sisi depan. Tampilannya tampak lebih segar dibandingkan model sebelumnya. Lalu untuk bagian interiornya cukup menarik dengan beberapa fitur yang siap memanjakan penggunanya.

Untuk soal dimensi, Suzuki Ignis punya panjang 3.700 mm, dengan tinggi 1.595 mm dan lebar 1.690 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase-nya 2.435 mm.

Lalu untuk Mitsubishi Mirage Exceed mempunyai panjang 3.795 mm, dengan lebar 1.665 mm, tinggi 1.510 mm dan wheelbase 2.450 mm. Secara keseluruhan dimensi kedua mobil ini cukup mungil.

Hanya saja ground clearance Suzuki Ignis GX sedikit lebih tinggi, yakni 180 mm. Sementara ground clearance Mirage 160 mm. Ketinggian ground clearance akan mempengaruhi kemampuan mobil dalam melewati jalanan yang tidak raa.

Performa

Suzuki Ignis dipersenjatai dengan mesin K12M 4 silinder berkapasitas 1.2 liter. Mesin ini diadopsi dari Suzuki Splash. Tenaga yang dikeluarkan bisa mencapai 83 PS dengan torsi maksimum 113 Nm.

Sementara Mitsubishi Mirage mengandalkan mesin 3A92 3 silinder berkapasitas 1.2 liter dengan teknologi MIVEC. Mesin ini dapat mengeluarkan daya hingga mencapai 77,5 PS dengan torsi 110 Nm.

Yang cukup menarik perhatian dari sektor performa adalah transmisinya. Untuk hal ini Mirage Exceed lebih unggul karena mengadopsi CVT. Masyarakat sendiri juga sudah paham soal transmisi yang satu ini.

Hanya saja berbeda dengan transmisi AGS yang dibawa Ignis. Transmisi ini punya nama lain Automated Manual Transmission (AMT) yang masih kurang familiar di tengah masyarakat. Di samping itu sensasi memakai mobil bertransmisi AMT tergolong aneh dibandingkan mobil matic pada umumnya.

Perlu diketahui, transmisi ini pada dasarnya merupakan transmisi manual yang diberi modul untuk perpindahan gigi secara otomatis. Untuk orang yang belum pernah menggunakan transmisi AMT dipastikan perlu adaptasi terlebih dahulu mengenai cara menginjak pedal gas supaya perpindahan gigi bisa lebih nyaman.

Lalu untuk suspensi, Suzuki Ignis dilengkapi dengan peredam kejut yang tidak terlalu keras dan empuk. Sedangkan suspensi Mirage dinilai lebih nyaman karena mempunyai karakter yang lembut.

Fitur

Secara garis besar baik Suzuki Ignis GX maupun Mitsubishi Mirage Exceed dibekali dengan kelengkapan fitur yang serupa. Ada fitur auto A/C, audio steering switch, keyless entry, tombol start/stop engine, hinga fitur penunjang keselamatan seperti ABS, EBD dan immobilizer.

Hanya saja untuk urusan fitur Ignis sedikit lebih unggul. Sebab mobil Suzuki ini sudah dilengkapi dengan fitur Bluetooth di head unit dan punya headlamp LED projector. Kedua fitur ini tidak dijumpai pada rivalnya.

Harga

Dengan fitur dan spesifikasi tersebut, harga Suzuki Ignis GX AGS mungkin bisa dinilai lebih menarik. Di Indonesia harga mobil ini mencapai Rp 169,5 juta. Sedangkan harga Mitsubishi Mirage Exceed lebih tinggi, yakni 197,5 juta. Itu artinya ada selisih Rp 28 juta di antara kedua mobil ini.

Kesimpulan

Jika ingin mendapat mobil dengan beragam keunggulan dan harga yang masih terjangkau, Suzuki Ignis GX dapat dijadikan pilihan. Fitur yang disematkan bahkan lebih unggul dari Mirage Exceed yang dijual Rp 28 juta lebih tinggi.

Hanya saja ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Seperti tampilan buritan yang dirasa kurang menarik dan transmisi AGS yang berbeda dengan mobil matic pada umumnya.

Jika Anda ingin mempunyai mobil dengan transmisi yang lebih baik, maka Mitsubishi Mirage Exceed bisa Anda pilih. Transmisi CVT yang disematkan akan membuat perjalanan lebih nyaman dan Anda tidak perlu beradaptasi terlebih dahulu.

Untuk soal desain, kedua mobil ini mempunyai tampilan depan yang sama-sama menarik. Tinggal kembali ke selera masing-masing konsumen. Jadi ingin pilih mana, Suzuki Ignis atau Mitsubishi Mirage?

Source: harga mobil mitsubishi terbaru, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply