Home Honda Spesifikasi Mitsubishi Xpander Ultimate vs Honda Mobilio RS

Spesifikasi Mitsubishi Xpander Ultimate vs Honda Mobilio RS

Mitsubishi Xpander, Hingga saat ini pasar Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) di Indonesia masih menarik. Tak heran bila masing-masing pabrikan berupaya untuk memperkuat posisinya di segmen tersebut. Di sisi lain persaingan antar pabrikan yang mengisi pasar LMPV semakin panas, terutama setelah hadirnya pemain baru.

Pemain itu tidak lain adalah Mitsubishi Xpander. Mobil ini sudah cukup lama mencuri perhatian konsumen. Terutama para penggemar mobil keluarga di Tanah Air. Walaupun berstatus sebagai mobil MPV, Xpander membawa desain yang terbilang inovatif.

Oleh karenanya mobil baru Mitsubishi ini digadang-gadang menjadi rival kuat dari Toyota Avanza dan kawan-kawan, tak terkecuali Honda Mobilio. Jika kebetulan Anda sedang bingung ingin pilih Mobilio atau Xpander, maka komparasi berikut ini bisa dijadikan masukan.

Untuk perbandingan spesifikasi akan diambil dari varian tertinggi, yakni Xpander Ultimate dan Mobilio RS. Mari kita bahas detail kedua mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang ini.

Desain

Seperti yang sudah disinggung di atas, Mitsubishi Xpander mempunyai desain yang “tidak wajar” untuk sebuah LMPV. Meski begitu bukan berarti tidak menarik. Desain mobil Mitsubishi terbaru ini justru tampak unik dan futuristik.

Xpander mengusung desain Dynamic Shield yang menjadi identitas baru dari mobil keluaran Mitsubishi. Itulah mengapa sekilas Mitsubishi Xpander tampak mirip dengan sang kakak, Pajero Sport yang menghuni segmen SUV.

Baca juga: Fitur Mitsubishi Xpander vs Wuling Confero

Tidak hanya soal desain, dimensinya pun juga dibuat lebih gagah dan tinggi. Mitsubishi memang memadukan konsep LMPV dengan SUV sehinga menghasilkan perpaduan yang unik. Pelek Xpander berukuran cukup besar, yakni 16 inci.

Sedangkan untuk Honda Mobilio mengusung desain seperti Nissan Grand Livina. Model facelift Mobilio terlihat lebih menarik dibandingkan sebelumnya. Tampilan depan mengusung ciri khas mobil Honda terbaru, yakni desain Solid Wing Face.

Tampilannya cukup sporty dengan dihiasi beberapa lekukan di sisi bodi. Sedangkan untuk pelek Mobilio sedikit lebih kecil dari milik Xpander, yakni 15 inci.

Dimensi

Untuk hal dimensi, mobil MPV Mitsubishi lebih unggul dari rivalnya. Panjang mobil ini 4.475 mm, dengan lebar 1.750 mm dan tingi 1.700 mm. Untuk jarak sumbu roda Xpander mencapai 2.775 mm.

Sementara Honda Mobilio RS mempunyai dimensi yang sedikit lebih kecil. Panjangnya 4.398 mm, lebar 1.683 mm, tinggi 1.603 mm dan wheelbase atau jarak sumbu roda mencapai 2.650 mm. Tidak hanya itu, ground clearance Mobilio juga sedikit lebih rendah, yakni 189 mm. Sementara Xpander mencapai 205 mm dari permukaan jalan.

Dimensi yang lebih besar, terutama wheelbase membuat Mitsubishi Xpander mempunyai kabin yang sedikit lebih lega. Sedangkan ground clearance yang tinggi akan memudahkan mobil ketika melintasi jalanan yang tidak rata.

Interior

Mitsubishi Xpander menyajikan ruang interior dengan kombinasi dua warna, di mana warna beige lebih dominan. Hal lain yang tak kalah menarik adalah peningkatan kenyamanan kabin mobil ini. Bangku baris kedua dapat dimajukan atau mundur pada bagian dudukan dan sandarannya (sliding dan reclining).

Tidak hanya itu, juga ada beberapa kompartemen penyimpanan yang disebarkan di seluruh bagian kabin Xpander. Mitsubishi juga menyertakan colokan listrik di setiap baris untuk memudahkan penumpang mengisi daya gadget kesayangannya.

Pengemudi juga mendapat kenyamanan tersendiri dengan hadirnya pengaturan lingkar kemudi tilt dan telescopic. Untuk memberikan kenyamanan saat membawa banyak barang bawaan, bangku baris ketiga Xpander dapat dilipat rata.

Sementara itu Honda Mobilio RS hadir dengan interior bernuansa hitam. Alhasil kesan sporty tampak kental pada mobil ini.

Kabin Honda Mobilio juga tak kalah nyaman karena mempunyai konfigurasi pelipatan bangku yang fleksibel. Kenyamanan dan keselamatan selama berkendara juga akan lebih baik karena adanya 7 head rest dengan 7 sabuk pengaman 3 titik.

Ruang penyimpanan Mobilio RS juga cukup banyak. Ada beberapa kantong penyimpanan yang dapat dimanfaatkan oleh pengemudi maupun penumpang. Mulai dari rear console with bottle holder.

Fitur

Untuk sisi fitur hiburan, Mitsubishi Xpander Ultimate mempunyai sistem infotainment layar sentuh yang terintegrasi dengan kamera mundur. Fitur ini juga terdapat pada Honda Mobilio RS.

Kedua mobil keluarga ini juga mempunyai banyak dukungan konektivitas untuk memutar lagu. Hanya saja Honda Mobilio RS bisa memutar musik dari CD/DVD/MP3. Menariknya lagi kontrol audio dapat diakses lewat tombol di setir kemudi baik pada Mobilio maupun Xpander.

Agar lebih nyaman, masing-masing mobil juga sudah dilengkapi dengan tombol start/stop engine. Agar kenyamanan selama berkendara terjamin, keduanya juga dibekali airbag dua di depan, rem dengan ABS, EBD dan BA. Selain itu juga ada hill start assist dan vehicle stability assist.

Mesin

Berpindah ke dapur pacu, Mitsubishi membenamkan mesin berkode 4A91 pada mobil MPV buatannya. Mesin ini mempunyai kapasitas sebesar 1.5 liter dengan MIVEC DOHC. Tenaga yang dihembuskan diklaim mencapai 104 pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm.

Hanya saja ada sedikit catatan untuk mobil ini. Untuk varian Xpander Ultimate memakai transmisi konvensional 4-percepatan.

Beralih ke Mobilio, mobil Honda ini dipersenjatai dengan jantung pacu 1.5 liter i-VTEC SOHC. Tenaga puncaknya mencapai 118 PS pada putaran 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm. Daya tariknya adalah transmisi yang dipakai. Mobilio RS mengusung transmisi CVT.

Dari spesifikasi di atas, Honda Mobilio lebih unggul dari beberapa hal. Seperti tenaga, torsi hingga transmisi yang dipakai. Meski begitu keduanya menawarkan tenaga dan efisiensi yang bisa diandalkan. Tergantung pemakaian dan kondisi jalan.

Harga

Tawaran fitur dan spesifikasi yang nyaris sama bukan satu-satunya yang akan membuat calon konsumen kebingungan. Rupanya banderol harga kedua mobil MPV ini juga hampir mirip.

Harga Mitsubishi Xpander Ultimate AT mencapai Rp 245,35 juta. Sedangkan harga Honda Mobilio RS CVT sedikit lebih murah, yakni Rp 243,5 juta.

Kesimpulan

Masing-masing mobil punya kelengkapan fitur yang bisa disesuaikan kebutuhan. Xpander punya desain yang lebih futuristik dan gagah dibandingkan rivalnya. Cocok untuk konsumen yang ingin mobil keluarga gagah seperti SUV.

Sedangkan Honda Mobilio menggoda lewat tawaran performa mesin yang lebih bertenaga dari Mitsubishi Xpander dan transmisi yang sudah memakai CVT. Mobil Honda ini bisa dijadikan pilihan jika Anda suka mempertimbangkan performa mobil.

Source: blog blog mobil indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply