Home Auto News Kawasaki Ninja H2 SX, Motor Touring Berbasis Ninja H2

Kawasaki Ninja H2 SX, Motor Touring Berbasis Ninja H2

Kawasaki Ninja H2, Sesuai dengan janjinya, Kawasaki akhirnya meluncurkan motor touring terbarunya. Motor baru Kawasaki ini diperkenalkan di EICMA Milan 2017. Motor yang hadir dengan nama Kawasaki Ninja H2 SX ini punya beberapa keistimewaan.

Perlu diketahui, Ninja H2 SX merupakan motor sport touring yang mengusung basis Ninja H2. Oleh karenanya tenaga yang dihembuskan tergolong gahar, yakni bisa mencapai 200 dk lebih.

Disebutkan bahwa Ninja H2 SX mengusung konsep “Excitement and characteristic power delivery”. Keunggulan yang dibawa motor baru ini membuat Kawasaki Ninja H2 SX diklaim sebagai “Ultimate Super Tourer” di kelasnya.

Perlu diketahui, motor Kawasaki ini mengandalkan mesin Ninja H2 generasi kedua yang sudah hadir sejak tiga tahun lalu. Dapur pacu ini diklaim dapat mengeluarkan tenaga hinga 209,8 dk dengan torsi maksimum 137,3 Nm. Tenaganya 50 dk lebih besar dari motor sport tourer Kawasaki Z1000SX.

Sayangnya spesifikasi detail dari motor ini belum terungkap. Akan tetapi Kawasaki mengungkapkan bahwa mesin generasi kedua yang disematkan pada Ninja H2 SX ini sudah mempunyai tenaga yang lebih rendah dibanding Ninja H2. Keluaran tenaga motor ini difokuskan pada putaran mesin bawah hingga menengah supaya sesuai dengan kebutuhan jalan raya.

Keunggulan lainnya terletak pada efisiensi bahan bakar. Mesin Kawasaki Ninja H2 SX diklaim mempunyai konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dari saudaranya, Z1000SX. Dengan begitu motor ini cook untuk dipakai perjalanan jauh.

Di samping itu Ninja H2 SX juga dibekali dengan sistem elektronik yang dapat membantu pengendara mengontrol motor ketika melesat dalam kecepatan tinggi. Beberapa sistem elektronik itu adalah inertial measurement unit, cruise control dan fitur KCMF (Kawasaki Cornering Management Function). Sistem ini sebelumnya juga terdapat pada Ninja H2 dan ZX-10RR.

Baca juga:

Melihat tampilannya, motor baru Kawasaki ini mempunyai desain yang mirip dengan H2. Hanya saja Ninja H2 SX dipermanis dengan bodi full fairing. Berbeda dengan Kawasaki Ninja H2 yang memakai half fairing.

Kawasaki melakukan perubahan pada bagian rangka dan belakang Ninja H2 SX. Rangka motor ini memakai jenis trellis, seperti Ninja H2. Hanya saja rangka tersebut disesuaikan supaya lebih nyaman dipakai berboncengan. Juga terdapat boks pannier untuk menunjang keperluan touring.

Untuk lengan ayun juga tetap memakai single-side seperti saudaranya. Hanya saja wheelbase motor dibuat lebih panjang supaya lebih stabil ketika melesat dalam kecepatan tinggi.

Tidak hanya itu, menariknya Kawasaki juga menawarkan Ninja H2 SX dengan varian SE. Untuk varian standar dijual dalam satu pilihan warna, yaitu hitam. Lalu untuk varian SE dilabur dengan warna hijau plus stripping khas Kawasaki Ninja.

Varian SE ini dilengkapi dengan panel instrumen TFT, cornering adaptive light di bagian fairing, quick shifter hingga windshield yang lebih tinggi.

Dengan adanya tambahan fitur tersebut, Kawasaki Ninja H2 SX SE punya bobot yang sedikit lebih berat. Yakni lebih berat 4 kg dari SX standar.

Source: spek kawasaki ninha 250terbaru sx, keunggulan h2 sx touring, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply