Home Honda Yamaha Mio S vs Honda BeAT Pop, Komparasi Skutik 15 Jutaan

Yamaha Mio S vs Honda BeAT Pop, Komparasi Skutik 15 Jutaan

Yamaha Mio S, Melihat jajaran motor matic Honda yang dijual di Indonesia, ada Honda BeAT Pop yang merupakan varian baru dari BeAT. Di sisi lain Yamaha juga menghadirkan Mio S yang dirilis beberapa waktu lalu.

Kedua motor matic ini rupanya punya beberapa kesamaan. Seperti harga jualnya yang berada di kisaran Rp 14-15 jutaan. Di samping itu kedua motor ini juga mengusung desain yang terkesan membulat.

Jika sedang ingin membeli motor matic baru, maka motor Honda dan Yamaha ini bisa masuk ke dalam daftar pertimbangan. Maka dari itu pada pembahasan kali ini akan kami ulas seputar perbandingan spesifikasi Yamaha Mio S dengan Honda BeAT Pop. Berikut detail selengkapnya, dirangkum dari Oto.

Desain

Pertama-tama mari kita bahas desainnya. Yamaha Mio S dihadirkan khusus untuk pengendara wanita. Maka dari itu desain motor Yamaha ini tergolong feminim dan terkesan elegan.

Pada bagian bodi terdapat huruf S besar dengan kata Mio. Yamaha Mio S dipermanis dengan warna dual tone yang membuatnya terlihat unik. Sebagai contoh, untuk varian warna special green merupakan hasil kombinasi dari warna hijau tosca dengan putih.

Jika dibandingkan, rupanya Mio S mempunyai bodi yang lebih lebar dibandingkan BeAT Pop. Hal ini merupakan dampak kapasitas tangki bahan bakar yang memang dibuat lebih besar, yakni 4,2 liter. Sedangkan pada motor Honda hanya berkapasitas 3,7 liter.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Yamaha Mio S

Beralih ke BeAT Pop, skuter matik ini dirancang untuk menyasar konsumen muda. Hal ini terlihat pada desain grafis yang dibuat sesuai dengan selera anak muda. Di bagian bodi terdapat gambar dengan tema pixel di bagian bodi dan sayap.

Kelebihan motor matic ini terletak pada ground clearance yang tinggi, yakni mencapai 140 mm. Sedangkan pada Yamaha Mio S mencapai 135 mm. Ground clearance yang tinggi membuat bodi bawah tidak terlalu sering menyinggung aspal atau jalanan yang tidak rata.

Tidak hanya itu, jok Honda BeAT Pop juga lebih rendah, yakni 735 mm. Sedangkan ketinggian jok Mio S mencapai 750 mm. Ketinggian jok yang rendah akan membuat pengendara dengan postur tubuh tidak terlalu tinggi lebih mudah menapakkan kaki ke tanah.

Fitur

Dengan tawaran harga serupa, baik Honda BeAT Pop maupun Yamaha Mio S mempunyai kelengkapan fitur yang berbeda. Untuk Mio S ada lampu depan LED yang hemat daya dan juga hazard untuk memberitahukan keadaan darurat ketika di jalan.

Selain itu juga ada answer back system untuk memudahkan pengguna mencari motor di tempat parkir. Agar menciptakan pengalaman berkendara yang irit bahan bakar, Yamaha juga menyertakan fitur eco indicator pada motor matic ini.

Sayangnya beberapa fitur di atas tidak terdapat pada BeAT Pop. Sebagai gantinya motor matic Honda ini menawarkan fitur khasnya, yakni Combi Brake System (CBS) dan Idling Stop System (ISS).

Fitur CBS berfungsi untuk mengoptimalkan pengereman. Fitur ini akan sangat membantu pengendara pemula yang belum familiar dengan motor matic. Sedangkan fitur ISS berfungsi menghemat pemakaian bahan bakar. Fitur ini memungkinkan mesin mati secara otomatis ketika motor dalam keadaan berhenti selama beberapa detik. Untuk menghidupkannya kembali pengendara cukup menarik tuas gas.

Hanya saja dua fitur itu terdapat pada varian tertinggi. Meski begitu ada beberapa varian yang ditawarkan pada BeAT Pop sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan calon konsumen.

Mesin

Perbedaan lain dari kedua motor matic ini terlihat pada sektor mesin. Yamaha Mio S mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc. Mesin ini diklaim dapat mengeluarkan tenaga sebesar 9,51 PS pada putaran 8.000 rpm dengan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Sedangkan Honda BeAT Pop mengandalkan mesin berkapasitas 110 cc. Tenaga yang dihasilkan pun lebih kecil, yakni 8,68 PS pada 7.500 rpm dengan torsi 9,01 Nm pada 6.500 rpm.

Melihat output tersebut, Yamaha Mio S lebih cocok untuk konsumen yang mengutamakan performa kendaraan ketika membeli motor matic. Sebaliknya, BeAT Pop menjadi rekomendasi untuk konsumen yang ingin skutik irit.

Harga

Di Indonesia, Yamaha Mio S hanya tersedia dalam satu varian saja. Harga motor matic Yamaha ini mencapai Rp 15,75 juta on the road (OTR) Jakarta.

Sementara Honda BeAT Pop mempunyai pilihan varian yang lebih bervariasi. Harganya pun juga lebih terjangkau dibanding kompetitor. Varian terendah dijual Rp 14,724 juta OTR Jakarta tanpa adanya fitur CBS dan ISS.

Selain itu ada Honda BeAT Pop dengan tambahan fitur CBS saja. Harganya dipatok Rp 14,925 juta. Sedangkan harga Honda BeAT Pop CBS-ISS yang merupakan varian tertinggi mencapai Rp 15,425 juta.

Kesimpulan

Masing-masing motor matic ini menawarkan keunggulan yang berbeda, meski dijual dengan banderol harga yang serupa. Yamaha Mio S mengunggulkan desain yang elegan dan modern berkat penyematan lampu LED.

Kapasitas tangki bahan bakarnya pun juga lebih besar sehingga bisa diajak bepergian jauh tanpa harus sering mengisi bahan bakar. Belum lagi hadirnya fitur answer back system dan lampu hazard yang akan semakin memudahkan pengguna ketika berkendara dengan motor matic ini.

Lain halnya dengan Honda BeAT yang tampak fokus pada efisiensi BBM. Meski mesin berkapasitas kecil, konsumsi bahan bakarnya bisa dipastikan lebih hemat berkat kehadiran fitur ISS. Fitur CBS yang hadir pada motor Honda ini juga turut memudahkan pengendara pemula untuk mengontrol laju motor.

Desainnya juga tak kalah menarik dengan sentuhan grafis yang cocok dengan anak muda. Poin plus lainnya adalah adanya beberapa varian sehingga memudahkan calon pembeli memilih mana yang sesuai kebutuhan.

Itulah komparasi spesifikasi Yamaha Mio S dan Honda BeAT Pop. Semoga informasi di atas bisa memberikan gambaran kepada Anda, khususnya Anda yang sedang bingung memilih salah satu di antara kedua motor matic ini.

Source: yamaha mio s, beat pop atau mio s, gambar motor matic, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply