Home Auto News Suzuki Swift 2018 Hadir Tahun Depan, Bagaimana Indonesia?

Suzuki Swift 2018 Hadir Tahun Depan, Bagaimana Indonesia?

0 159

Suzuki Swift, Di Indonesia belakangan ini Suzuki cukup aktif dalam meluncurkan mobil baru. Beberapa mobil yang dirilis Suzuki Indonesia adalah Suzuki Ignis, Suzuki Baleno hatchback, Ertiga Diesel dan lain-lain. Tampaknya kehadiran produk baru dari Suzuki tidak berhenti hanya sampai di situ.

Belakangan ini beredar kabar bahwa pabrikan otomotif asal Jepang itu tengah menyiapkan mobil baru lainnya. Mobil itu adalah sebuah hatchback yang tak lain Suzuki Swift.

Untuk informasi, Swift terbaru pertama kali dihadirkan pada Desember 2016 di negara asalnya. Setelah itu peluncuran Suzuki Swift 2017 berlanjut ke benua Eropa pada awal tahun ini. Kini giliran kawasan di Asia Tenggara yang mendapat jatah mobil ini.

Kabar baiknya mobil Suzuki ini akan dirilis di Negeri Gajah Putih, Thailand pada kuartal pertama 2018 mendatang. Informasi ini tentunya menjadi angin segar bagi para penggemar Suzuki Swift, termasuk di Indonesia. Sebab saat hadirnya Baleno Hatchback berhembus isu bahwa Swift berhenti produksi.

Menurut bocoran dari Indonesiautosblog yang dilansir dari Carreview, Suzuki Swift untuk pasar Thailand akan mengandalkan mesin berkapasitas 1.200 cc Dualjet. Mesin ini mempunyai tenaga maksimum sebesar 89 dk pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 118 Nm pada 4.400 rpm.

Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan. Selain itu juga tersedia transmisi CVT.

Suzuki Swift terbaru ini mendapat sejumlah peningkatan. Salah satunya adalah penggunaan teknologi HEARTECT. Teknologi ini sebelumnya diterapkan pada Ignis dan Baleno. Alhasil bobot Suzuki Swift diklaim lebih ringan dibandingkan model saat ini. Untuk pembanding, bobot Suzuki Swift 2017 berkisar 870-970 kg. Sedangkan model pendahulu berbobot 1.035-1.200 kg berdasarkan spesifikasi versi Jepang.

Baca juga: Detail dan Gambar Suzuki Swift Sport 2018

Melihat dimensinya, Suzuki Swift mempunyai panjang 3.840 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.500 mm. Untuk wheelbase mobil ini mencapai 2.450 mm. dimensi panjangnya mobil ini ternyata lebih pendek 10 mm dibandingkan model saat ini yang beredar di Indonesia. Akan tetapi wheelbase-nya lebih panjang 20 mm dan juga lebih lebar 40 mm.

Di dalam kabin, Suzuki Swift terbaru dilengkapi dengan banyak fitur menarik. Salah satu yang menjadi daya jual utama adalah layar sentuh Smartplay AVN dan konsol instrumen dengan MID beresolusi tinggi.

Selain hadir di Thailand, mobil terbaru Suzuki ini jua akan diluncurkan di India. Mobil ini disebut akan hadir pada ajang Auto Expo yang diselenggarakan 9 Februari 2018 mendatang.

Pilihan mesinnya ada dua macam, yakni mesin bensin berkapasitas 1.200 cc dan mesin diesel DDIS 1.300 cc. Untuk versi bensin kemungkinan mendapat pilihan transmisi yang serupa dengan versi Thailand. Sedangkan versi diesel akan mendapat opsi transmisi Automatic Manual Transmission (AMT).

Di Indonesia sendiri Suzuki Swift direncanakan juga hadir tahun depan. Informasi ini disampaikan langsung oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia. Hanya saja belum diketahui kapan mobil baru tersebut hadir.

Akan tetapi diperkirakan peluncurannya tidak lama setelah hadir di Thailand. Sebab model sebelumnya juga didatangkan utuh (completely built-up/CBU) dari negara tersebut. Saat resmi hadir nanti Suzuki Swift 2018 akan bersandingan dengan Baleno Hatchback yang dibanderol di bawah Rp 200 juta.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply