Home Auto News Foto dan Spesifikasi Honda CB1000R 2018, Neo Sports Cafe Versi Massal

Foto dan Spesifikasi Honda CB1000R 2018, Neo Sports Cafe Versi Massal

0 145

Honda CB1000R, Honda punya cara tersendiri untuk menarik perhatian publik di EICMA 2017. Salah satu pabrikan motor legendaris ini memilih untuk menghadirkan trio Honda CB Series terbarunya. Salah satu di antaranya adalah motor Honda CB1000R.

Motor gede alias moge yang satu ini mengusung bahasa desain yang berbeda dari seri motor naked Honda sebelumnya. Honda menyebutnya dengan konsep Neo Sports Café.

“Tujuan kami selalu menatap masa depan dan siap memimpin. Kebutuhan konsumen lebih dari seberapa cepat motor ini? Kami ingin menawarkan bukan cuma emosi dan kegembiraan dari mencicipi CB1000R, tapi juga kesenangan memilikinya dan tampil mentereng,” jelas S. Uchida, Large Project Leader Honda CB1000R, melansir dari laman Oto.

Melihat tampangnya, Honda CB1000R terbaru ini mengusung desain ala retro minimalis. Tentu saja hal ini membuatnya berbeda dari saudara dekatnya yang hadir dalam balutan full fairing, CBR1000RR. Tidak hanya itu, imbuhan kata RR juga tidak ada pada naked bike ini, diubah menjadi R saja.

Kesan klasik terlihat dari tampilan lampu depan yang didesain bulat. Buntut CB1000R 2018 ini juga dibuat pendek sehingga menghadirkan kesan khas motor café racer. Agar kesan mewah terasa kental, Honda membiarkan bodi motor ini polos tanpa adanya sentuhan banyak grafis.

Melirik sektor kaki-kaki, Honda CB1000R 2018 mengandalkan pelek dengan model 10-palang berbentuk bintang. Alhasil kaki-kaki tampak kekar sekaligus menarik.

Baca juga: Spesifikasi Honda CB300R 2018

Motor ini mengusung rem cakram ganda di bagian depan. Cakram ini mempunyai ukuran 310 mm. Sedangkan untuk bagian belakang memakai cakram tunggal berdiameter 256 mm. Juga tersedia sistem anti-lock braking system 2-channel untuk mencegah roda terkunci ketika pengendara melakukan pengereman mendadak.

Walaupun mengusung tema retro, Honda tidak membiarkannya begitu saja tanpa adanya sentuhan modern. Jika diperhatikan terdapat lampu full LED pada motor ini. Selain itu juga disematkan panel instrumen digital dengan layar full LCD.

Sebenarnya tawaran ini tidak hanya terdapat pada CB1000R saja. Model lain, CB125R dan CB300R juga dilengkapi dengan fitur-fitur tersebut.

Sementara hal yang membedakan CB1000R dengan motor naked Honda lainnya ada pada pemakaian material plastik yang tidak banyak. Disebutkan hanya ada 6 komponen saja yang mengusung bahan material plastik, yang paling banyak adalah bagian sepatbor depan.

Sedangkan bagian-bagian lainnya terbuat dari bahan metal. Mulai dari radiator, pelek, aluminium di stang dan lain sebagainya. Pemakaian bahan aluminium memberikan dampak positif terhadap bobot motor. Bobot Honda CB1000R jadi cukup ringan, yakni hanya 212 kg.

Melirik dapur pacunya, Honda membenamkan mesin berkapasitas 998 cc DOHC empat silinder segaris. Mesin ini mengambil basis dari Honda CBR1000RR. Tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 145 PS pada 10.500 rpm dengan torsi 104 Nm pada 8.250 rpm.

Mesin CB1000R ini dipadukan dengan sistem perpindahan gigi manual 6-percepatan. Honda juga menyertakan fitur assist & slipper clutch agar perpindahan gigi dapat dilakukan dengan nyaman.

Tidak hanya itu, Honda CB1000R juga mempunyai fitur throttle by wire dengan empat mode berkendara. Antara lain standar, sport, rain dan user. Untuk mode berkendara user bertujuan memudahkan pengendara jika ingin mengatur sendiri pilihan berkendara yang dikehendaki. Menariknya ada beberapa hal yang dapat diubah, yakni power, engine brake dan Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Masih ada tawaran menggoda lainnya. Jika Honda CB1000R dirasa masih kurang mumpuni, Honda mempunyai CB1000R+ yang bisa dipilih. Model ini dilengkapi dengan tambahan fitur quickshifter, penghangat tuas gas dan beberapa aksesori premium.

Hanya saja belum diketahui berapa harga Honda CB1000R dan CB1000R+ ini. Sebab Honda baru memasarkannya tahun depan. Juga belum dapat dipastikan apakan motor baru ini juga masuk pasar Indonesia. Semoga saja Astra Honda Motor (AHM) memasukkan motor ini untuk menambah jajaran big bike andalannya di Tanah Air.

Foto Honda CB1000R 2018

Source: harga cb 1000 r 2018, honda cb1000r 2018 indonesia, spesifikasi cb1000 r 2018, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply