Home Motor 5 Penyebab Garansi Motor Hangus, Perlu Diingat!

5 Penyebab Garansi Motor Hangus, Perlu Diingat!

0 147

Garansi Motor, Saat ini sepeda motor masih memiliki banyak peminat di Indonesia. Penjualannya terbilang stabil dan cukup tinggi sehingga menarik minat pabrikan untuk meluncurkan motor baru. Sepeda motor menjadi alat transportasi andalan berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran, pengusaha hingga ibu rumah tangga.

Karena berfungsi sebagai kendaraan harian, tentunya pemilik tidak ingin terjadi hal yang tidak diharapkan pada motor miliknya. Oleh karenanya masing-masing pabrikan biasanya menyertakan garansi pada motor yang dijualnya. Dengan begitu keluhan yang dirasakan oleh konsumen dapat diatasi langsung oleh dealer atau showroom tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Salah satu merek otomotif asal Negeri Samurai, Honda juga menawarkan garansi pada motor baru yang dipasarkan. Setiap pembelian motor konsumen akan memperoleh garansi injeksi hingga 5 tahun atau 50.000 km. Di samping itu juga ada garansi mesin selama tiga tahun atau 30.000 km, garansi rangka dan kelistrikan selama satu tahun atau 10.000 km.

Meski di satu sisi memudahkan konsumen, akan tetapi ada hal yang patut diperhatikan. Garansi motor bisa hilang atau hangus karena suatu sebab. Ada beberapa alasan yang membuat garansi sepeda motor hangus. Berikut adalah penjelasan selengkapnya dari Honda Cengkareng yang dilansir dari Liputan6.

Buku Servis dan Garansi Hilang

Penyebab pertama hangusnya garansi motor adalah buku sevis dan garansi yang hilang atau rusak. Seluruh Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) akan menanyakan buku servis dan garansi pertama kali jika konsumen ingin melakukan klaim.

Baca juga: 6 Tips Perawatan Motor Setelah Perjalanan Jauh

Apabila buku tersebut hilang atau rusak, maka konsumen kehilangan garansi lantaran AHASS tidak dapat melakukan klaim ke Astra Honda Motor. Untuk itu para pemilik disarankan menyimpan buku servis dan garansi di tempat yang aman dan mudah diingat. Selain itu pastikan Anda memperoleh buku servis dari dealer tempat Anda membeli kendaraan.

Tidak Melakukan Perawatan Berkala

Meski terdengar sepele, rupanya tidak melakukan perawatan berkala di AHASS dapat berdampak luas. Yakni hilangnya garansi motor Anda. Pastinya hal ini akan menyusahkan Anda apabila hendak mengklaim garansi namun terkendala lantaran permasalahan tersebut. Untuk itu lakukan perawatan berkala sesuai dengan ketentuan.

Kerusakan Karena Perawatan di Luar AHASS

Anda patut berhati-hati bila melakukan servis motor di luar bengkel AHASS. Sebab jika Anda melakukan servis di luar bengkel resmi dan terjadi permasalahan atau kerusakan pada motor Anda, maka Anda tidak akan bisa melakukan klaim garansi.

Dijelaskan bahwa mekanik yang ada di bengkel biasa belum teruji keahliannya. Sehingga melakukan kesalahan ketika melakukan servis bisa saja terjadi.

Kerusakan dalam Pemakaian

Penyebab garansi motor hangus berikutnya adalah terjadinya kerusakan dalam penggunaan. Anda patut memperhatikan poin ini dengan cermat. Kerusakan dalam pemakaian artinya adalah kerusakan lantaran pengguna tidak berkendara sesuai petunjuk penggunaan yang tercantum dalam buku pedoman pemilik atau penggunaan lain yang tidak semestinya.

Di samping itu garansi juga dapat hangus karena tabrakan atau motor terjatuh. Begitu juga dengan motor yang dipakai dalam ajang perlombaan atau balap motor. Melakukan modifikasi tanpa memakai Honda Genuine Parts (HGP) juga dapat menghanguskan garansi motor. Termasuk menggunakan bahan bakar atau minyak pelumas (oli) yang tidak sesuai dengan anjuran pabrik.

Modifikasi Bagian Kelistrikan

Melakukan modifikasi pada sektor kelistrikan juga dapat menghilangkan garansi motor Anda. Modifikasi yang dimaksud bisa berupa pemasangan alarm motor ataupun lampu yang tidak sesuai dengan standar pabrikan.

Itulah 5 penyebab garansi motor hangus yang dapat Anda perhatikan. Garansi merupakan salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Dengan garansi Anda bisa melakukan klaim bila suatu saat motor mengalami masalah tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi. Jika ingin melakukan modifikasi motor yang masih bergaransi, akan lebih baik bila Anda mempertimbangkan risiko yang muncul.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply