Home Mobil 12 Cara Hemat BBM Mobil Matic yang Perlu Anda Ketahui

12 Cara Hemat BBM Mobil Matic yang Perlu Anda Ketahui

0 154

Cara Hemat BBM Mobil Matic, Walaupun pemerintah sudah menyediakan alat transportasi umum, masih ada banyak masyarakat yang lebih suka menggunakan kendaraan pribadi. Alasannya pun beragam, mulai dari transportasi massal yang kurang memadai, rawan tindak pencurian atau hal-hal lain yang tidak diharapkan dan sebagainya.

Oleh karenanya masyarakat masih tetap setia dengan kendaraan pribadinya, baik sepeda motor ataupun mobil. Menggunakan mobil dinilai lebih praktis dan aman. Akan tetapi perlu diingat, bahwa baik memakai kendaraan umum maupun kendaraan pribadi Anda tetap perlu mengeluarkan biaya.

Untuk mobil pribadi, setiap bulannya Anda harus menyiapkan anggaran untuk membeli bahan bakar. Seperti yang diketahui, saat ini harga BBM bisa berubah-ubah. Jika tidak diperhitungkan dengan baik justru pengeluaran di sektor tersebut bisa membengkak.

Hal ini sebenarnya bisa disiasati, yakni dengan menekan konsumsi BBM mobil. Menghemat pemakaian bahan bakar mungkin terdengar sepele, akan tetapi akan memberi dampak yang signifikan terhadap keuangan Anda. Terlebih jika Anda menggunakan mobil matic yang selama ini dikenal sebagai mobil yang boros bensin.

Dilansir dari laman Kumparan, menurut Sugihendi, Trainer dari Nissan setidaknya ada 12 cara hemat BBM mobil matic. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan berikut.

Cek Kondisi Mobil dan Pengemudi

Hal pertama yang tidak boleh dilewatkan adalah memperhatikan kondisi mobil secara keseluruhan, seperti tekanan angin ban. Jika tekanan kurang, maka kinerja mesin justru lebih berat sehingga akan lebih boros bahan bakar. Begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Cara Hemat Bahan Bakar Saat Mengendarai Motor Matic

Di samping itu yang juga tak kalah penting adalah memperhatikan kondisi fisik. Pria yang akrab disapa Hendi itu menjelaskan, ketika fisik menurun maka konsentrasi dan fokus saat berkendara akan terpengaruh. Di samping itu pengemudi juga sulit untuk menerapkan prinsip eco driving.

Hindari Kelebihan Muatan

Kinerja mesin juga dipengaruhi oleh beban yang dipikulnya. Jika semakin banyak penumpang atau barang yang Anda bawa, maka kinerja dapur pacu akan semakin berat yang pada akhirnya membuatnya lebih boros bensin.

Oleh karenanya usahakan tidak membawa penumpang atau barang melebihi kapasitas. Dengan demikian kinerja mesin tidak akan terlalu berat.

Servis Berkala

Setiap mobil pasti membutuhkan perawatan berkala. Maka dari itu jangan lupakan hal ini. Komponen mobil tidak selalu dalam kondisi prima. Untuk itulah pemilik mobil matic perlu servis berkala sesuai dengan petunjuk di buku pedoman.

Akselerasi Secara Bertahap

Salah satu prinsip eco driving yang harus dipahami oleh pengemudi adalah hindari awalan dengan akselerasi tinggi, tidak menginjak gas tiba-tiba dan naikkan gas secara bertahap. Tentu ada alasan tersendiri mengenai hal tersebut.

Hendi mengatakan, dari posisi diam sampai jalan membutuhkan energi yang paling besar karena tidak ada momentum. Lain halnya dengan ketika sudah jalan.

Hindari Mesin Berada di Putaran Tinggi

Ketika berakselerasi, usahakan tidak melebihi 2.000 rpm. Sebab torsi dan tenaga ketika putaran mesin 2.000 rpm sudah cukup optimal.

Jangan Injak Gas Berlebihan Saat Tanjakan atau Menyalip

Agar mobil matic hemat BBM, hindari menginjak gas secara signifikan. Usahakan dari jauh sudah mempunyai tenaga yang cukup dan konstan. Jika harus menginjak gas, usahakan tidak melebihi 2.000 rpm. Setelah itu angkat gas sedikit untuk meminimalkan konsumsi bahan bakar.

Manfaatkan Engine Brake untuk Kurangi Kecepatan

Setiap mobil pasti dilengkapi dengan rem untuk menurunkan kecepatan. Akan tetapi Anda juga bisa memanfaatkan engine brake. Angkat pedal gas secara perlahan juga dapat membantu mengurangi kecepatan. Dengan melepas pedal gas, otomatis rasio CVT berubah mengurangi kecepatan secara halus.

Pertahankan Kecepatan Konstan

Mempertahankan kecepatan juga menjadi salah satu cara hemat BBM mobil matic. Anda hanya perlu tetap menggunakan putaran mesin rendah untuk mempertahankan kecepatan secara konstan.

Hindari Idling Terlalu Lama

Lampu lalu lintas dan kemacetan panjang kerap membuat mobil berhenti dalam waktu yang lama. Harus diingat bahwa ketika kondisi diam dan mesin masih menyala, itu artinya mesin juga tetap bekerja dengan mengonsumsi bahan bakar. Oleh karenanya dianjurkan untuk mematikan mesin mobil bila diam dengan waktu yang lama.

Atur AC Sesuai Kebutuhan

Fitur yang satu ini memang membuat perjalanan lebih nyaman. Akan tetapi AC juga dapat menyebabkan mobil boros bahan bakar. Untuk mencegahnya putar atau atur suhu AC seminimal mungkin.

Jika AC full, kompresor akan membebani mesin mobil tanpa jeda. “Caranya jangan full, cukup setengah atau seperempat, itu akan memberikan jeda agar kompresor tidak terus bekerja,” kata Hendi.

Tutup Kaca saat Kecepatan Tinggi

Jika Anda ingin memacu mobil matic dalam kecepatan tinggi, disarankan untuk menutup rapat seluruh kaca mobil. Dengan begitu kendaraan Anda bisa memperoleh aerodinamika yang optimal.

Hindari Berkendara Agresif

Ketika menggunakan mobil, usahakan untuk tidak bertindak agresif. Tekan emosi Anda dan ciptakan suasana berkendara yang santai. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi konsumsi BBM mobil matic Anda.

Itulah beberapa cara hemat BBM mobil matic yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply