Home Auto News Sinyal Suzuki Burgman Masuk Indonesia

Sinyal Suzuki Burgman Masuk Indonesia

0 470

Suzuki Burgman, Jagat otomotif Tanah Air tengah dihangatkan dengan kehadiran Yamaha Lexi. Pasalnya motor Yamaha yang dititahkan meneruskan popularitas keluarga Maxi Yamaha mengusung harga yang lebih terjangkau dari NMAX yang notabene merupakan motor matic bongsor terlaris di Indonesia.

Walaupun harga resmi belum keluar, diketahui bahwa Yamaha Lexi akan dijual dengan harga sekitar Rp 20 jutaan untuk varian termurah. Hal ini rupanya juga mengundang hasrat pabrikan lain untuk ikut memasarkan motor matic bongsor bermesin kecilnya di Tanah Air. Suzuki Indonesia adalah salah satunya.

Tersiar kabar bahwa Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W akan meluncurkan motor baru. Motor tersebut adalah Suzuki Burgman yang memang sudah diprediksi akan masuk ke Indonesia.

“Tujuannya pasti membuka pasar baru di mana yang di bawah agar mereka juga bisa menikmati rasanya menikmati naik matik besar,” jelas Yohan Yahya, Sales & marketing 2W Dept. Head SIS, sebagaimana dikutip dari laman Kompas.

Yohan berpendapat adalah hal positif para produsen untuk berusaha menciptakan pasar baru. Sebab volume penjualan motor di Indonesia terus turun dari tahun ke tahun. Di sisi lain pilihan motor masyarakat juga terus berubah. Seperti yang kita tahu, awalnya masyarakat Indonesia menyukai motor bebek. Kemudian beralih ke motor backbone hingga motor matic seperti sekarang ini.

“Nah otomatis matik ini akan terpecah sendiri-sendiri, ada matik retro, matik sport, dan sekarang matik besar,” ungkapnya.

Menurut Yohan suatu saat Suzuki akan bermain di semua segmen. Akan tetapi untuk saat ini pihaknya akan selektif masuk ke pasar potensial.

Sebagai tambahan, baru-baru ini Suzuki memperkenalkan Burgman terbaru di India. Motor matic ini hadir bertepatan pada ajang Auto Expo 2018. Suzuki Burgman terbaru ini membawa mesin berkapasitas 125 cc. Hal ini sekaligus membuatnya menjadi Burgman dengan mesin terkecil.

Dapur pacu yang dibawa motor matic Suzuki terbaru itu diadopsi dari Suzuki Access 125. Motor ini sendiri menjadi skuter matik Suzuki paling laris di Negeri Bollywood itu.

Mesin Suzuki Burgman 125 mempunyai spesifikasi satu silinder dengan pendingin air atau radiator. Tenaga yang dihembuskan diklaim bisa mencapai 10,7 dk pada putaran mesin 8.000 rpm dengan torsi mencapai 10 Nm pada putaran 6.000 rpm.

Menariknya konsumsi BBM motor ini juga irit, yakni diklaim mencapai 40 km/liter. Hal ini berkat teknologi injeksi yang dibawanya.

Sementara untuk tampilannya Suzuki Burgman 125 tampak cukup kekar. Selain itu terdapat dek lebar, setang dan windshield tinggi yang tampak seperti Honda PCX dan Yamaha NMAX. Akan tetapi jika dijual di Indonesia motor matic ini bisa menjadi rival dari Yamaha Lexi 125.

Untuk sektor roda Suzuki menyematkan ring 14 inci di bagian depan dan juga belakang. Suzuki Burgman 125 juga dibekali suspensi depan teleskopik dengan disc brake. Lalu untuk bagian belakang mengusung double shockbreaker.

Motor baru Suzuki ini dilengkapi dengan dua konsol di bawah setang yang mempunyai kapasitas sebesar 7 liter. Salah satunya dapat dikunci dari kunci kontaknya dan juga terdapat power outlet 12V yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya gadget.

Diprediksi harga Suzuki Burgman 125 itu akan mencapai 70 ribu Rupee atau sekitar Rp 14,7 jutaan. Jika dijual di Indonesia, semoga harga motor Suzuki ini juga tak kalah terjangkau sehingga bisa menarik perhatian penggemar motor matic bongsor.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply