Home Auto News Fitur dan Spesifikasi Datsun Cross 2018 Indonesia

Fitur dan Spesifikasi Datsun Cross 2018 Indonesia

0 297

Datsun Cross 2018, di Tahun 2018 ini Nissan Group membawa kejutan bagi masyarakat Indonesia dengan meluncurkan Datsun Cross. Mobil ini merupakan model compact crossover keenam Nissan di dunia.

Mobil baru Datsun ini dirancang sebagai kendaraan yang nyaman untuk dipakai di jalanan. Daya tarik lain dari Datsun Cross adalah konsep ramah lingkungannya atau yang disebut juga dengan istilah “go green city car”.

Mobil ini dikembangkan dengan mengikuti tren gaya hidup yang dinamis di Indonesia. Datsun Cross juga mempunyai banyak fitur teknologi dan keselamatan yang canggih.

Eichii Koito, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia mengklaim Datsun Cross akan memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara bagi konsumen dan keluarganya. Selain nyaman dipakai kegiatan harian, mobil terbaru Datsun ini juga bisa dipakai melewati jalanan dengan medan menantang.

Penasaran apa saja yang ditawarkan mobil ini? Berikut adalah spesifikasi dan fitur yang dibawa Datsun Cross Indonesia.

Eksterior dan Interior

Mobil Datsun ini mempunyai desain yang menarik. Sisi luar terlihat sporty dan elegan. Bagian depan terdapat grill yang sudah menjadi ciri khas dari Datsun. Selain itu di samping kiri dan kanan terdapat sepasang lampu dengan desain yang futuristik. Di bawahnya terdapat lampu kabut yang dibingkai dengan frame bulat sehingga menambah kesan unik dari mobil ini.

Sisi interior juga tak kalah menarik. Nissan membalutkan warna hitam di bagian dalam mobil. Desain ini muncul dengan menyesuaikan citra eksterior yang sporty dan menampilkan kursi individu bagian depan.

Selain itu interior Datsun Cross juga dihiasi dengan bahan kain kursi yang khas, dengan pola honeycomb dan jahitan warna perak. Selain desain yang menarik, kabin Cross juga tergolong lapang. Mobil ini dapat diduduki lima orang dewasa. Selain itu juga masih tersedia bagasi yang juga luas.

Di Indonesia Datsun Cross dijual dalam tujuh pilihan warna. Antara lain putih, hitam, abu-abu, merah, perak serta dua warna metalik, yakni amber dan copper.

Fitur

Mobil Datsun dikenal mempunyai banderol harga yang terjangkau. Akan tetapi bukan berarti fitur yang disematkan ala kadarnya saja. Pada Datsun Cross nyatanya ada sederet fitur terkini yang siap menemani perjalanan pengguna.

Nissan menyematkan fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) yang dikendalikan oleh komputer dan sensor yang ada di dalam kendaraan. Fitur VDC ini mencakup anti-lock brakes (ABS), electronic brake distribution with brake assist (EBD with BA), traction control (TCS), dan brake-limited slip differential (B-LSD).

“Datsun Cross juga merupakan satu-satunya kendaraan di kelasnya yang dilengkapi dengan teknologi vehicle dynamic control (VDC) sebagai standar di semua varian,” jelas Eichii, dikutip dari laman AyoBandung.

Tidak hanya itu, juga ada fitur dual airbag yang akan menjaga pengguna ketika terjadi tabrakan. Fitur keselamatan lain seperti peringatan sabuk pengaman juga tersedia, plus lampu headlight otomatis.

Performa

Datsun Cross dibekali dengan jantung pacu ringan berkapasitas 1,2 liter. Mesin ini sanggup menorehkan tenaga sebesar 68/78 hp dan torsi maksimum sebesar 104 Nm. Mesin itu diklaim dapat menciptakan keseimbangan yang sempurna antara kinerja yang bertenaga dan penghematan bahan bakar.

Yang tak kalah menarik adalah sistem transmisinya. Selain transmisi manual, Datsun Cross 2018 juga mempunyai pilihan transmisi X-Tronic CVT (Continuously Variable Transmission).

“Ini diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam produk Datsun, teknologi CVT dengan generasi baru ini semakin meningkatkan kemampuan berkendara dan kenyamanan,” ungkap Eichii.

Tidak hanya mudah dikendarai, transmisi tersebut juga mempunyai perpindahan gear yang lebih halus. Sistem transmisi ini juga membuat Datsun Cross lebih hemat bahan bakar.

Sebagai pelengkap mobil terbaru Datsun ini juga mempunyai body cladding yang kokoh dengan pelindung bawah. Datsun Cross juga telah disesuaikan untuk menghadapi segala medan jalan yang dapat melindungi dari kerusakan akibat lumpur atau pecahan batu. Ground clearance Datsun Cross cukup tinggi, yakni 200 mm dengan ban besar berukuran 15 inci.

Sayangnya belum diketahui berapa harga Datsun Cross di Indonesia. Akan tetapi NMI memberikan bocoran bahwa harga mobil barunya ini berkisar mulai Rp 163 juta.

Datsun Cross bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda yang ingin mempunyai mobil dengan dimensi kompak namun mempunyai tampang layaknya crossover. Desain yang diusung terbilang menarik, dengan tawaran fitur yang juga cukup memadai.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply