Home Uncategorized Toyota Yaris 2018 vs Honda Jazz, Duo Hatchback Menggoda

Toyota Yaris 2018 vs Honda Jazz, Duo Hatchback Menggoda

0 443

Toyota Yaris 2018, Di awal 2018 ini ada beberapa produsen mobil yang menghadirkan mobil barunya. Salah satunya adalah Toyota Astra Motor (TAM) yang baru saja merilis New Yaris. Penantian para penggemar mobil hatchback Toyota ini pastinya terbayarkan setelah hadirnya model terbaru.

Di sisi lain kehadiran Toyota Yaris 2018 akan semakin memanaskan persaingan di segmen hatchback. Seperti yang diketahui, rival kuat Toyota Yaris tidak lain adalah Honda Jazz. Keduanya bersaing ketat dari sisi penjualan. Fitur maupun spesifikasinya pun juga sama-sama menggoda. Lantas bagaimana untuk New Yaris. Apa bisa bersaing dengan rival senegaranya? Berikut adalah komparasi Toyota New Yaris dan Honda Jazz.

Dimensi

Hal yang membedakan kedua mobil ini adalah dimensinya. Secara keseluruhan Toyota Yaris terbaru mempunyai panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm serta wheelbase 2.530 mm. Lalu untuk Honda Jazz mempunyai panjang4.035 mm, lebar 1.694 mm, tinggi 1.524 mm dan wheelbase 2.530 mm.

Secara keseluruhan dimensi New Yaris lebih unggul dari kompetitornya. Akan tetapi walaupun panjang sumbu roda Yaris terbaru lebih unggul dari Jazz, nyatanya kedua mobil hatchback ini sama-sama mempunyai kabin yang lapang.

Eksterior

Melirik bagian eksterior, desain keduanya memang jelas berbeda. Soal mana yang lebih menarik itu tergantung dari selera masing-masing individu. Yang pasti Toyota Yaris terbaru mengusung desain yang lebih sporty dan dinamis dari pendahulunya. Jika kurang puas Toyota juga menawarkan varian TRD Sportivo dengan tambahan aksesoris yang membuatnya lebih menarik.

Perbedaan di antara Yaris dan Jazz terlihat pada lampu utamanya. Untuk New Yaris masih memakai lampu utama halogen. Berbeda dengan Honda Jazz yang sudah mengusung lampu LED pada seluruh fitur pencahayaannya.

Baca juga: Suzuki Baleno Hatchback vs Honda Jazz

Kedua mobil ini juga dilengkapi dengan lampu siang hari dan lampu kabut yang siap menemani perjalanan penggunanya. Untuk varian tertinggi, baik New Yaris maupun Jazz sudah dilengkapi pelek berdiameter 16 inci.

Interior

Berpindah di bagian interior, Toyota New Yaris menawarkan dashboard dengan desain baru. Selain itu juga ada cluster instrument yang mempunyai tampilan lebih menarik, dengan layar MID TFT yang punya banyak fungsi. Seperti pemutar DVD/CD, Bluetooth, Miracast dan USB. Tawaran lain dari mobil Toyota ini adalah penyejuk kabin yang sudah digital. Akan tetapi tetap memakai tombol fisik untuk mengaturnya.

Sementara itu Honda Jazz dilengkapi dengan layar infotainment yang lebih lebar. Ukurannya mencapai 8 inci dengan berbagai dukungan konektivitas. Selain itu juga terdapat AC digital yang dapat diakses lewat sentuhan Smart Touch.

Keunggulan lain dari Honda Jazz terdapat pada sisi setir kemudi. Mobil ini dilengkapi dengan fitur tilt dan teleskopik. Berbeda dengan New Yaris yang hanya memiliki fitur tilt sehingga hanya bisa diatur ketinggiannya saja.

Lingkar kemudi mobil Honda dan Toyota itu sudah dilapisi dengan material kulit, berikut tombol pengatur audio di palang kemudi yang memudahkan pengemudi ketika ingin mengatur audio mobil. Juga ada tombol start/stop untuk menghidupkan atau mematikan mesin.

Selain fitur di atas, juga ada fitur keselamatan pada kedua mobil ini. Hanya saja untuk segi ini Toyota New Yaris menjadi jawaranya. Sebab mobil ini memiliki 7 airbag yang siap melindungi pengemudi dan penumpang. Berbeda halnya dengan Honda Jazz yang hanya mempunyai 2 airbag saja.

Tidak sampai di situ saja, Toyota Yaris 2018 juga memiliki rem dengan ABS, EBD, BA, Vehicle Stability Control, Traction Control serta Hill Start Assist. Sementara Honda Jazz hanya mempunyai fitur ABS dan EBD pada sektor pengereman. Selain itu juga belum ada fitur VSC, TC maupun Hill Start Assist pada mobil ini.

Performa

Walaupun ada perubahan di sektor interior maupun eksterior, sayangnya sisi mesin tidak mendapatkan ubahan apapun. Toyota tetap membenamkan mesin berkapasitas 1,5 liter Dual VVT-i pada hatchback ini. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 107 PS dengan torsi maksimum 140 Nm. Untuk transmisinya memakai CVT.

Honda Jazz juga mengusung mesin dengan kapasitas serupa, yakni 1,5 liter. Hanya saja tenaga dan torsinya lebih besar. Mesin mobil Honda ini sanggup menghasilkan tenaga 120 PS dengan torsi 145 Nm.

Akan tetapi Yaris terbaru punya cara lain untuk memikat masyarakat. Sebab New Yaris dilengkapi dengan mode berkendara yang bisa dipilih. Ada tiga mode yang ditawarkan, yaitu normal, eco dan sport. Hanya saja tawaran ini terdapat pada varian tertinggi saja.

Lalu untuk Honda Jazz dilengkapi dengan fitur eco Assist untuk indikator efisiensi dan cruise control. Baik Jazz maupun Yaris sudah mempunyai fitur paddle shift untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih baik.

Harga

Toyota New Yaris mempunyai setidaknya enam tipe yang bisa dipilih. Mulai dari tipe E M/T sampai TRD Sportivo CVT. Untuk harga mobil Toyota ini berkisar mulai Rp 235,4 juta sampai Rp 275,9 juta. Ada 7 pilihan warna yang bisa dipilih oleh konsumen, seperti Citrus Mica Metallic, Silver Metallic, Gray Metallic, Red Mica Metallic, Orange Metallic, Supper White dan Attitude Black Mica.

Untuk Honda Jazz ada 4 pilihan tipe yang bisa dipilih. Harga Honda Jazz paling rendah mencapai Rp 234 juta sampai Rp 274 juta. Ada 7 varian warna yang ditawarkan, antara lain Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, White Orchid Pearl, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Attract Yellow Pearl dan Phoenix Orange Pearl Two Tone.

Kesimpulan

Kedua mobil ini sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tinggal mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila memilih mobil hatchback dengan fitur keselamatan yang lengkap, maka Toyota Yaris bisa dipertimbangkan. Sedangkan untuk Anda yang mengutamakan performa, pilihannya bisa Honda Jazz.

Untuk urusan desain kedua mobil ini sama-sama menarik. Begitu juga dengan sisi interiornya. Kondisi kabin yang juga lapang membuat mobil ini akan nyaman untuk dipakai bepergian.

Source: perbandingan all new honda jazz 2018 vs all new yaris 2018, honda jazz 2018 vs toyota yaris 2018, toyota yaris vs honda jazz 2018, yaris vs, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply