Home Daihatsu Alasan Daihatsu Sirion 2018 Layak Dibeli

Alasan Daihatsu Sirion 2018 Layak Dibeli

0 339

Daihatsu Sirion 2018, Walaupun pasar mobil hatchback tidak sebesar mobil MPV, Daihatsu tidak mengabaikannya begitu saja. Seperti yang diketahui, merek mobil asal Jepang ini mempunyai satu model di segmen itu, yakni Daihatsu Sirion. Setelah cukup lama tidak mendapat penyegaran, akhirnya Astra Daihatsu Motor (ADM) menghadirkan All New Sirion.

Ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh Daihatsu. Mulai dari sisi eksterior, interior hingga sektor mesin. Tidak hanya itu, All New Sirion juga dipersenjatai dengan fitur-fitur yang lebih banyak dari model sebelumnya. Lantas apakah perubahan tersebut membuat Daihatsu Sirion terbaru layak untuk dibeli?

Jawabannya adalah iya. Sebab pembaruan yang dilakukan pada mobil baru Daihatsu ini membuatnya lebih baik dari model sebelumnya. Setidaknya ada 5 keunggulan yang dimiliki mobil Daihatsu Sirion 2018. Berikut adalah kelima kelebihan tersebut.

Desain Menarik

Perlu diketahui, Daihatsu Sirion mempunyai saudara kembari di Malaysia yang diberi nama Perodua Myvi. Dari sanalah ADM mengimpor Sirion terbaru. Dibanding model sebelumnya, Sirion terbaru tampak lebih stylish dan juga modern. Jika diperhatikan Anda mungkin menyadari adanya aura Daihatsu Ayla pada desain mobil ini.

 

Tidak hanya itu, ini menjadi pertama kalinya bagi Perodua untuk mendesain sendiri bentuk produknya tanpa bantuan dari pihak Daihatsu. Memang untuk urusan desain merupakan selera masing-masing orang. Akan tetapi dengan penyegaran ini Sirion terbaru bisa lebih mudah menarik perhatiancalon pembeli. Sebab rival Sirion, Nissan March dan Honda Brio belum mendapat perubahan yang signifikan.

Lebih Kokoh dan Stabil

Tidak hanya desainnya saja yang mendapat perubahan, pemakaian material juga turut direvisi sehingga membuat mobil ini menjadi lebih kuat dan stabil. Daihatsu Sirion 2018 menggunakan material high tensile steel yang lebih banyak hingga dua kali lipat. Selain itu juga terdapat tambahan penguat struktur pada beberapa titik yang dirasa perlu.

All New Sirion juga dilengkapi dengan Noise Vibration harshness (NVH) yang sudah ditingkatkan berkat pemakaian peredam yang lebih baik. Kekedapan Daihatsu Sirion terbaru juga semakin terjamin berkat plus acoustic windshield yang dapat meredam suara dari arah depan.

Lalu untuk bagian kaki dibekali dengan suspensi baru. Di samping itu stabilizer bar juga dibuat lebih tebal dari sebelumnya. Tujuannya untuk memberi kontribusi terhadap pengendalian mobil sehingga lebih stabil. Tidak sampai di situ saja, Daihatsu juga menyertakan cross member (bagian palang melintang di ujung chassis) dengan desain baru.

Kabin Lebih Lega

Untuk pertama kalinya Daihatsu Sirion 2018 menggunakan platform yang berbeda dengan Daihatsu Boon atau Toyota Paso yang dipasarkan di Jepang. Insinyur Perodua mendapat kebebasan untuk mengembangkan yang baru dengan dasar platform sebelumnya.

Platform baru Sirion ini memungkinkan mobil mempunyai dimensi yang lebih besar. Oleh karenanya insinyur Perodua dapat mengatur kabin lebih leluasa supaya terasa lebih lega.

Kelegaan kabin juga didukung dengan jarak sumbu roda yang diperbesar menjadi 2,5 meter. Alhasil kabin Sirion menjadi lebih lega dari sebelumnya. Belum lagi kapasitas bagasi yang kini menjadi 277 liter dengan kursi belakang ditegakkan.

Fitur Keselamatan Lengkap

Poin plus lain dari Daihatsu Sirion 2018 terletak pada sisi fitur keselamatannya. Kini mobil tersebut mempunyai fitur keselamatan aktif dan pasif yang lebih lengkap dari sebelumnya.

Sebelumnya Sirion hanya dilengkapi dengan dua airbag. Kini mobil Daihatsu itu dilengkapi dengan empat airbag di depan dan samping kursi. Juga ada fitur Vehicle Stability Control dan Traction Control yang berfungsi sebagai perangkat keselamatan aktif.

Fitur-fitur tersebut membuat Daihatsu Sirion 2018 menjadi hatchback city car dengan fitur keselamatan paling lengkap dibanding rivalnya. Jika Anda mencari mobil dengan harga cukup terjangkau namun dilengkapi fitur keselamatan yang bisa diandalkan, maka All New Daihatsu Sirion bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan.

Mesin Baru

Pada model lama Sirion mengandalkan mesin empat silinder berkapasitas 1,3 liter buatan Daihatsu dengan kode K3. Kini mobil Daihatsu terbaru itu mengandalkan mesin 1NR-VE berkapasitas 1,3 liter.

Anda pasti tahu bahwa mesin ini merupakan buatan Toyota, bukan Daihatsu. Alasannya karena Daihatsu kini berada di bawah payung usaha Toyota Grup. Oleh karenanya Daihatsu Sirion bisa mengusung mesin buatan Toyota.

Mesin ini dielngkapi pengaturan katup dan pengapian Dual VVT-i. Tenaganya diklaim naik lima PS menjadi 95 PS. Sedangkan untuk pilihan transmisinya tetap dua macam, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply