Home Mobil City Car Komparasi Daihatsu Sirion AT vs Honda Brio RS CVT

Komparasi Daihatsu Sirion AT vs Honda Brio RS CVT

Daihatsu Sirion 2018, beberapa waktu lalu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Sirion terbaru. Mobil ini hadir dengan menawarkan sejumlah pembaruan. Mulai dari eksterior yang kini tampil lebih stylish hingga sisi interior yang lebih segar.

Hadirnya mobil baru Daihatsu ini juga mengisyaratkan semakin sengitnya persaingan di segmen city car bermesin di bawah 1.500 cc. Di segmen tersebut ada Honda Brio yang menjadi idolanya. Lantas apa saja bekal Daihatsu Sirion terbaru untuk menghadapi Brio?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita bandingkan spesifikasi Hona Brio RS CVT dengan Daihatsu Sirion AT. Silakan simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Dimensi

Pertama-tama kita awali dari segi desain. Sekilas kedua mobil ini mempunyai dimensi yang mirip. Akan tetapi bila melirik data spesifikasi baru terlihat perbedaannya. Daihatsu New Sirion mempunyai panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.525 mm. Jarak sumbu rodanya 2.500 mm dengan ground clearance 150 mm.

Sementara itu dimensi panjang Honda Brio mencapai 3.640 mm, lebar 680 mm dan tinggi 1.485 mm. Untuk jarak sumbu rodanya mencapai 2.345 mm. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa Sirion lebih besar sehingga mempunyai kabin yang lebih lapang dari kompetitor. Tidak hanya itu, baris kedua juga lebih lega, dengan bagasi yang tergolong lapang.

Eksterior dan Interior

Di sisi eksterior keduanya menawarkan fitur yang cukup bersaing. Daihatsu Sirion 2018 dilengkapi dengan lampu depan LED sepenuhnya. Di samping itu Anda bisa melakukan pengaturan tinggi sorotan dan fitur follow me home.

Sedangkan Honda Brio dibekali dengan lampu proyektor dengan LED light guide. Kedua mobil perkotaan ini juga dilengkapi lampu sein LED pada bagian spion. Untuk sektor roda memakai velg berukuran 15 inci.

Di sisi belakang juga terdapat spoiler dengan lampu rem. Hanya saja New Sirion lebih unggul lantaran mempunyai wiper dengan sensor kecepatan. Selain itu wiper belakang mobil Daihatsu ini juga sudah otomatis.

Untuk masalah desain memang hal tersebut kembali ke selera masing-masing. Hanya saja secara garis besar Sirion dipermanis dengan banyak aksen krom.

Baca juga: Spesifikasi Suzuki Ignis vs Honda Brio RS 

Sedangkan untuk bagian interior, baik Daihatsu Sirion maupun Honda Brio dibalut dengan warna hitam yang dipadukan dengan aksen silver. Untuk bagian jok menggunakan material pembungkus berbahan kain. Sementara setir dan tuas transmisi dibungkus kulit sehingga menawarkan kenyamanan dan kesan yang lebih mewah.

Tawaran fitur hiburan pada mobil ini juga cukup bersaing. Terdapat layar sentuh 6,2 inci dengan dukungan konektivitas yang melimpah. Di setir kemudi juga terdapat tombol pengatur audio sehingga pengemudi tidak perlu melepas tangan dari kemudi ketika ingin mengatur audio.

Mobil Honda dan Daihatsu ini juga dilengkapi dengan AC digital. Hanya saja milik Sirion sudah dua zona. Sehingga suhu bagian penumpang dan pengemudi bisa diatur sendiri.

Tidak hanya itu, Daihatsu Sirion terbaru juga mempunyai cluster instrumen dengan layar MID yang lebih besar. Lain halnya dengan Honda Brio yang terlihat lebih sederhana. Keunggulan lain dari Sirion terletak pada hadirnya tombol start/stop untuk menghidupkan mesin tanpa kunci.

Mesin

Keunggulan Daihatsu Sirion juga tampak pada sisi dapur pacunya. Sirion dipersenjatai dengan mesin 4-silinder berkapasitas 1,3 liter Dual VVT-i. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 95 PS dengan torsi maksimum 120 Nm. Untuk transmisi menggunakan otomatis 4-percepatan yang dipadukan penggerak roda depan.

Di sisi lain Honda Brio mengandalkan mesin 4-silinder berkapasitas 1,2 liter i-VTEC. Tenaga yang dihembuskan bisa mencapai 90 PS dengan torsi 110 Nm. Memang untuk tenaga selisih tipis. Akan tetapi andalan mobil Honda ini terdapat pada transmisi yang sudah memakai CVT.

Fitur Keselamatan dan Harga

Daihatsu Sirion juga mempunyai fitur keselamatan yang tak kalah menarik dan cukup melimpah. Mobil ini memiliki empat kantung udara atau airbag, sensor parkir depan-belakang dan kamera parkir mundur. Selain itu juga ada fitur vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TC) dan fitur pengereman ABS+EBD.

Daihatsu juga menyematkan fitur pengingat sabuk keselamatan untuk setiap kursi, ISOFIX, keyless dengan immobilizer dan stabilizer depan-belakang guna pengendalian yang lebih baik. Di sisi lain Honda Brio mengusung Keyless Entry dan Immobilizer, dengan dua kantung udara. Mobil Honda ini juga mengusung fitur rem dengan ABS+EBD.

Sisi perangkat penunjang keselamatan memang terdapat perbedaan yang mencolok. Di mana Daihatsu Sirion 2018 mempunyai lebih banyak fitur safety. Akan tetapi konsekuensinya terdapat pada banderol harga.

Harga Daihatsu Sirion AT terbaru di Indonesia mencapai Rp 193,5 juta. Sementara Honda Brio RS CVT jauh lebih terjangkau, yakni Rp 178 juta. Harga Sirion yang lebih mahal juga dikarenakan merupakan produk CBU yang didatangkan langsung dari Malaysia.

Itulah komparasi Daihatsu Sirion AT 2018 dengan Honda Brio RS CVT. Untuk mana yang terbaik itu tergantung kebutuhan masing-masing konsumen. Jika ingin mobil dengan performa bagus dan tawaran fitur yang melimpah termasuk fitur safety-nya, maka Sirion bisa jadi pilihannya. Sedangkan jika ingin fokus pada harga mobil yang lebih terjangkau, performa memadai dan memakai transmisi CVT maka Honda Brio RS dapat dipertimbangkan.

Source: pilih sirion atau brio, sirion baru vs brio, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply