Home Honda Spesifikasi Honda CB150 Verza vs Yamaha Byson

Spesifikasi Honda CB150 Verza vs Yamaha Byson

Honda CB150 Verza, Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu meluncurkan motor terbarunya yang diberi nama Honda CB150 Verza. Motor sport naked ini bertugas sebagai penerus perjuangan Honda Verza sekaligus mengisi pasar di bawah CB150R.

Tentu saja motor Honda ini tidak sendirian. Sebab ada satu rival yang digadang-gadang akan menjadi pesaing terberat. Tidak lain adalah Yamaha Byson. Alasan mengapa kedua motor sport ini bisa menjadi rival adalah karena tawaran harganya yang sama-sama terjangkau. Harga Honda CB150 Verza berkisar Rp 2 jutaan, sementara Yamaha Byson Rp 22 jutaan.

Lalu mana yang lebih menarik, apakah Honda CB150 Verza atau Yamaha Byson? Untuk mengetahui jawabannya silakan simak perbandingan spesifikasi keduanya.

Desain

Konsep yang ditawarkan dua motor sport tanpa fairing ini bisa dibilang senada, yakni klasik dan gagah. Terlihat dari penyematan lampu bundar yang terdapat pada motor Yamaha maupun Honda. Keputusan Honda menyematkan lampu bundar ini memang unik, sebab saat ini konsumen cenderung menyukai cover lampu dengan desain agresif. Akan tetapi hal tersebut menjadi katakter unik yang membedakan CB150 Verza dengan model lain.

Sementara itu Byson hadir dengan mengusung bodi yang kekar. Bisa jadi desain ini terinspirasi dari namanya sendiri yang diambil dari nama hewan bison. Tidak hanya tangkinya yang besar dan kekar, fork juga mengunakan diameter yang besar sehingga terlihat senada.

Baca juga: Detail Spesifikasi Honda CB150 Verza

Sementara sektor ban menggunakan ukuran yang lebar. tampila n yang kekar ini bisa membuat Yamaha Byson lebih menarik untuk dilirik dibanding kompetitor barunya.

Performa

Melirik bagian mesin, spesifikasi yang ditawarkan CB150 Verza maupun Byson juga cukup mirip. Yakni mesin berkapasitas 150 cc, SOHC 1 silinder dengan pendingin udara. Sedangkan untuk transmisi mengandalkan manual 5-percepatan.

Output dayanya juga tidak jauh berbeda. Yamaha Byson dapat mengeluarkan tenaga hingga 13, 06 dk dengan torsi 12,98 Nm. Sementara Honda CB150 Verza mempunyai tenaga maksimal 13,04 PS dan torsi puncak 12,73 Nm.

Baca juga: Kelebihan-Kekurangan All New Yamaha Byson

Memang tenaga CB150 Verza sedikit lebih rendah dari rivalnya. Akan tetapi motor sport Honda ini mempunyai bobot yang ringan, yakni 129 kg. Sedangkan bobot Byson mencapai 133 kg. Bobot yang ringan membuat motor Honda itu lebih lincah dan juga irit.

Fitur

Walaupun dijual dengan banderol harga yang lebih terjangkau, ternyata Honda CB150 Verza dilengkapi dengan fitur yang cukup memadai. Terdapat penutup kunci magnetik pada motor Honda ini. Fitur ini akan mencegah motor hilang dicuri maling.

Untuk sektor suspensi masih mengandalkan dua unit. Akan tetapi suspensi ini bisa diatur tingkat kekerasan atau keempukannya.

Poin-poin tersebut tidak dapat ditemui pada Yamaha Byson. Meski demikian sebagai gantinya motor Yamaah ini dibekali suspensi belakang monoshock yang diletakkan di pangkal swingarm. Untuk ban depan dan belakang jua lebih besar dari Verza, dengan profil yang lebih sporty.

Harga

Honda CB150 Verza dijual dalam dua varian. Yang pertama adalah varian terendah dengan ban tube type dan tanpa adanya shroud cover serta menggunakan pelek jari-jari besi. Model ini dilepas dengan harga Rp 19,3 juta. Lalu untuk tipe termewah dijual dengan harga Rp 19,95 juta.

Sementara Yamaha Byson hanya ditawarkan dalam satu varian saja. Harga motor Yamaha ini Rp 22,95 juta. Yamaha juga menawarkan beberapa pilihan warna yang bisa dibeli konsumen, yakni merah, abu-abu dan coklat.

Honda CB150 Verza menarik perhatian dengan desain yang khas, harga murah dan fitur yang memadai. Motor sport ini cocok untuk Anda yang masih pemula atau ingin membeli motor sport tanpa mengeluarkan uang banyak. Sementara itu Yamaha Byson hadir dengan mengandalkan performa yang cukup baik dengan desain yang lebih gagah dan kekar.

Source: cb150 verza sfesipikasi, verza vs byson, cb 150 verza v bison, perbandingan performa yamaha byson dengan new cb 150 verza, pilih cb verza atau bison, yamaha byson 2018 vs new verza cb, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply