Home Auto News 11 Motor Suzuki Terbaru Akan Mengaspal di Indonesia!

11 Motor Suzuki Terbaru Akan Mengaspal di Indonesia!

0 384

Motor Suzuki Terbaru, Di tahun 2018 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencuri perhatian para pecinta roda dua dengan meluncurkan beberapa produk terbarunya. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah duo Suzuki GSX 150. Lalu bagaimana dengan tahun ini?

Untuk Anda pecinta motor Suzuki, bersiap-siaplah untuk menyambut produk terbaru dari pabrikan asal Jepang ini. Pasalnya ada 11 motor Suzuki terbaru yang akan dihadirkan di Indonesia.

Model yang akan dihadirkan tidak fokus pada satu segmen saja, namun keseluruhan. Mulai dari motor matic hingga sport. Hal ini merupakan bagian dari strategi besar Suzuki Indonesia untuk meningkatkan market share di 2018 ini.

“Ada 11 yang baru. Peluncurannya semester ini ada, depan juga ada,” jelas Sales and Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Yohan Yahya, melansir dari laman Oto.

Akan tetapi hingga akhir kuartal I 2018 ini Suzuki masih menyimpan rapat produk terbarunya. Tidak seperti merek lain seperti Honda dan Yamaha yang sudah memperkenalkan motor baru di awal tahun ini.

Sementara untuk jenis motornya, Yohan mengungkapkan pihaknya memberikan portfolio yang lebih tebal dibanding tahun lalu. Tahun ini Suzuki akan menghadirkan skuter matik dan sport. Sedangkan yang benar-benar model baru adalah skutik.

Yohan juga mengatakan bahwa skuter matik tersebut akan membawa mesin dengan kapasitas sekitar 110 cc. Hal ini lantaran menurut Suzuki Indonesia market skutik paling besar ada di kelas 110 cc, di bawah 125 cc.

Berdasarkan pernyataan tersebut, sulit untuk memprediksi motor matic apa yang akan meluncur di Indonesia. Sejauh ini Suzuki memasarkan Address dan Nex di pasar motor matic. Kedua motor ini mengusung kapasitas mesin yang sama. Hanya saja perbedaannya terletak pada desain dan harga.

Harga Suzuki Nex mencapai Rp 12 jutaan yang sekaligus membuatnya sebagai motor matic termurah di Indonesia. Sedangkan Suzuki Address dibanderol Rp 15 jutaan dan diposisikan sebagai pesaing Honda Vario 110.

Baca juga: Sinyal Suzuki Burgman Masuk Indonesia

Jika melihat pasar motor matic di Indonesia, ada setidaknya dua kelas yang belum dimasuki Suzuki. Yakni kelas skuter matik retro dan off roader. Untuk skutik retro sudah ada dua pemain, yakni Honda Scoopy dan Yamaha Fino. Sementara skutik off roader juga ada Honda BeAT Street dan Yamaha X-Ride.

Di sisi lain tidak menutup kemungkinan bahwa motor baru Suzuki di segmen matic adalah generasi terbaru dari produk yang sudah ada. Seperti Suzuki Nex yang bila benar hadir generasi terbarunya akan bersiap untuk mengganggu dominasi Honda BeAT dan Yamaha Mio.

Sementara motor kompak untuk komuter, Yohan mengatakan salah satu model yang akan diluncurkan adalah motor sport. Motor tersebut adalah Suzuki Bandit yang rencananya akan diluncurkan semester dua mendatang. Motor ini memang cukup ramai diperbincangkan.

Suzuki Bandit merupakan motor sport naked dengan tampilan agresif yang dulu pernah dipasarkan Suzuki. Setelah itu Suzuki menghadirkan kembali motor ini dengan format yang baru.

Menurut kabar yang berhembus, Suzuki Bandit untuk pasar Indonesia nantinya akan mempunyai beberapa kemiripan dengan Suzuki GSX-R15 dan GSX-S150. Motor tersebut akan dibekali mesin berkapasitas 150 cc DOHC berpendingin cairan. Jika memang benar demikian, maka Bandit akan menjadi pesaing Yamaha Byson yang sama-sama mempunyai body kekar.

Kemungkinan harga Suzuki Bandit yang beredar di Indonesia nanti akan diposisikan di antara GSX-R150 dan GSX-S150. Sebagai informasi, harga Suzuki GSX-R150 mencapai Rp 29 jutaan, sedangkan GSX-S150 dijual Rp 24 jutaan.

Di samping itu kemungkinan besar Suzuki Bandit ini akan diproduksi secara lokal. Dugaan ini tentu saja bukan tanpa alasan. Jika mencermati rencaan global ‘Suzuki Next 100’, Indonesia akan menjadi pilar ketiga setelah Jepang dan India yang akan didorong sebagai basis produksi, terutama di kawasan Asia Tenggara dan Asia.

Sebagai tambahan, tahun 2017 menjadi batu loncatan yang baik bagi PT SIS selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia. Pabrikan berlogo “S” ini berhasil mengantongi penjualan wholesales sebesar 72.191 unit. Hal ini membuat Suzuki berhasil merebut pangsa pasar sebesar 1,2 persen.

Hal ini juga didukung berkat kehadiran Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 yang menjadi pemain baru di segmen sport. Selain itu juga didukung beberapa model lama andalan Suzuki seperti Suzuki Satria, Smash FI dan Nex.

“2017 buat Suzuki merupakan titik balik, di mana saat itu kami mulai meningkat. Didukung banyak hal, dan salah satunya dengan mengeluarkan produk baru kita , yaitu GSX,” ungkap Yohan, mengutip dari laman Liputan6.

Sedangkan tahun ini Suzuki Indonesia yakin bisa mencapai target pasar sebesar 2 persen. Hal tersebut masih akan didukung dengan kehadiran model baru. Kita tunggu saja kehadiran motor terbaru Suzuki di Indonesia.

Source: info terkini motor suzuki sis indonesia 2018, suzuki nex 11, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply