Home Honda Yamaha Lexi 125 vs Honda Vario 125, Duel Pendatang dan Jawara

Yamaha Lexi 125 vs Honda Vario 125, Duel Pendatang dan Jawara

Yamaha Lexi 125, Ada beberapa pemain penting di pasar sepeda motor Tanah Air. Seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. Akan tetapi di segmen motor matic Honda dan Yamaha lebih dominan. Keduanya punya banyak model.

Untuk motor matic kelas 125 cc, Honda punya Vario 125. Sementara Yamaha ada beberapa motor yang mengusung kubikasi mesin serupa. Hanya saja sejauh ini Honda masih menjadi jawara di kelas skutik 125 cc. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor Honda ini mencapai 600 ribu unit sepanjang 2017.

Hal tersebut tidak membuat Yamaha berdiam diri. Yamaha meluncurkan Lexi 125 VVA. Motor matic ini ditugaskan untuk berhadapan dengan Honda Vario 125.

Lalu bagaimana jika kedua motor ini disandingkan. Mana yang lebih unggul? Berikut adalah komparasi Yamaha Lexi 125 dan Honda Vario 125.

Desain

Melihat tampilan dua motor matic ini, terlihat jelas perbedaan dari sisi desain. Yamaha Lexi mempunyai bodi yang lebih besar dari Vario 125. Di samping itu setang motor Yamaha ini dibuat lebih tinggi dan lebar.

Pijakan kaki Yamaha Lexi juga dibuat sedikit menjorok ke depan sehingga menyajikan ruang kaki yang lebih luas. Hanya saja jangan terlalu berharap Lexi mempunyai posisi kaki yang nyaman seperti Yamaha Nmax.

Sementara Honda Vario 125 tampil layaknya motor matic pada umumnya. Desainnya terlihat sporty dan modern sesuai dengan tren yang ada saat ini. Tampilan depan motor Honda ini semakin menarik dengan hadirnya Dual Keen Eyes LED Headlight yang tampil agresif dengan sorot cahaya yang lebih terang.

Baca juga: Keunggulan Yamaha Lexi 2018

Sektor roda memakai velg baru dengan desain menarik. Velg ini dipadukan dengan ban tubeless yang cukup lebar sehingga lebih nyaman dan aman ketika dipakai berkendara.

Sementara daya tarik lain dari Yamaha Lexi ini adalah dipakainya ban bertapak lebar. Dengan begitu motor ini lebih nyaman ketika dipakai menerjang jalanan yang tidak rata.

Akan tetapi bodi yang besar membuat bobot Yamaha Lexi lebih berat dari Vario 125. Hal ini menjadi keunggulan dari motor matic Honda itu. Sebab dengan bobot yang ringan motor menjadi lebih mudah untuk diajak berkendara, termasuk untuk melewati kemacetan.

Selain itu Yamaha Lexi punya kekurangan lain. Tinggi joknya sedikit tinggi, melebihi Nmax (765 mm). Alhasil pengendara dengan tinggi 170 m tetap harus jinjit ketika menaikinya.

Dimensi

Berikutnya mari kita bahas seputar dimensinya. Yamaha Lexi 125 mempunyai panjang 1.970 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm. Untuk ground clearance-nya 133 mm dengan tinggi jok 785 mm. Berat motor Yamaha ini mencapai 113 kg dan kapasitas tangki bahan bakar 4,2 liter.

Untuk roda depan mempunyai ukuran 90/90-14 dan bagian belakang 100/90-14. Kapasitas bagasinya cukup lega, yakni mencapai 12,8 liter.

Untuk Honda Vario 125 mempunyai panjang 1.921 mm, dengan lebar 683 mm dan tinggi mencapai 1.096 mm. Ground clearance motor ini 135 mm, dengan tinggi jok 109 mm. Lalu untuk kapasitas tangki BBM motor ini lebih besar dari Lexi 125, yakni 5,5 liter.

Honda Vario 125 mempunyai bagasi yang juga lebih lega dari Yamaha Lexi, yakni 18 liter. Untuk roda depan mempunyai ukuran 80/90-14 dan roda belakang 90-90-14.

Fitur

Dalam beberapa poin, Yamaha Lexi boleh kalah dari rival. Akan tetapi motor ini punya tawaran fitur yang menarik hati. Yamaha membekalinya dengan panel instrumen digital yang diadopsi dari Aerox 155. Agar mudah dibaca, panel instrumen ini mempunyai beberapa tingkat pengaturan kecerahan yang bisa dipilih pengendara.

Selain itu Yamaha Lexi 125 juga dilengkapi dengan power charger yang bermanfaat ketika gadget bawaan pengendara kehabisan daya di tengah perjalanan. Yamaha juga menyematkan fitur lampu depan LED, lampu hazard, stop & start system (SSS) dan answer back system. Tidak hanya itu, untuk varian tertinggi, Yamaha Lexi S, sudah dilengkapi suspensi belakang jenis tabung dan fitur keyless.

Sementara itu Honda Vario 125 juga mempunyai fitur yang tak kalah menarik. Motor matic Honda ini mempunyai lampu depan LED dan idling stop system (ISS) yang prinsip kerjanya mirip dengan sistem SSS pada motor matic Yamaha.

Tidak cukup sampai di situ, Honda juga mempunyai bagasi bawah jok yang lega. Bahkan bisa dipakai untuk memuat helm full face. Kompartemen depan juga besar sehingga bisa dipakai untuk meletakkan botol minum dan barang bawaan berukuran kecil.

Mesin

Kini berpindah ke sektor dapur pacu. Kedua motor matic ini mempunyai kapasitas mesin yang sama. Akan tetapi output dayanya berbeda. Honda Vario 125 dapat menghasilkan tenaga sebesar 11,28 PS pada putaran mesin 8.500 rpm dengan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm. Skutik ini juga dilengkapi dengan tangki bensin berkapasitas 5,5 liter yang membuat daya jelajahnya lebih jauh.

Sementara Yamaha Lexi 125 mempunyai performa yang lebih baik. Tenaga maksimumnya bisa mencapai 11,89 PS pada putaran 8.000 rpm dengan torsi 11,3 Nm pada 7.000 rpm. Hal ini juga berkat dukungan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Hanya saja kapasitas tangki bensinnya sedikit lebih kecil dari kompetitor, yakni hanya 4,2 liter.

Harga

Untuk soal harga, Honda Vario 125 dijual dengan banderol Rp 18,775 on the road (OTR) Jakarta. Selain itu juga ada varian yang lebih rendah dengan harga Rp 18,175 juta OTR Jakarta. Hanya saja varian tersebut belum dilengkapi fitur ISS.

Lalu harga Yamaha Lexi 125 VVA mencapai di bawah Rp 20 juta untuk varian standar. Sementara varian S belum diketahui harganya. Harga pasti motor Yamaha ini memang belum diketahui. Rencananya Yamaha Lexi 125 VVA baru diproduksi mulai April mendatang.

Kesimpulan

Yamaha Lexi 125 dihadirkan untuk memenuhi permintaan pasar akan motor matic bongsor dengan harga murah. Di sisi lain motor ini juga menjadi senjata bagi Yamaha Indonesia untuk meredam popularitas Honda Vario 125.

Walaupun lebih murah dari jajaran MAXI Yamaha lain, fitur motor Yamaha ini tidak diabaikan begitu saja. Motor ini tetap mempunyai tawaran yang membuatnya pantas dipilih. Hadirnya fitur power charger, SSS, lampu hazard hingga suspensi tabung membuat motor ini juga cocok dipakai perjalanan jauh.

Sementara itu Honda Vario 125 mengusung tampilan yang khas, sporty dan modern. Harga motor Honda ini juga lebih terjangkau dari rival barunya. Selain itu Honda juga menyematkan fitur-fitur yang juga tak kalah menarik.

Dengan begitu Yamaha lexi 125 VVA memiliki kemungkinan untuk mengusik pasar Honda Vario 125. Terlebih saat ini masyarakat tengah menggemari motor matic bertubuh bongsor.

Bagaimana, sudah menentukan mana yang terbaik menurut Anda? Jika sudah silakan datangi dealer resmi masing-masing merek.

Source: yamaha lexi 125, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply