Home Auto News Penjualan Mitsubishi Xpander Taklukkan Toyota Avanza

Penjualan Mitsubishi Xpander Taklukkan Toyota Avanza

Mitsubishi Xpander, Persaingan pasar low MPV yang dirajai oleh Toyota Avanza terlihat semakin memanas. Terutama setelah hadirnya Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero. Kehadiran mobil baru ini diprediksi bisa mengancam dominasi Toyota di kelas LMPV. Dan apa yang diduga sebagian orang mulai terbukti untuk Xpander.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Mitsubishi Xpander secara wholesales (dari pabrik ke dealer) sepanjang Februari 2018 berhasil menembus angka 7.400 unit.

Berkat perolehan tersebut mobil MPV Mitsubishi itu berhasil menggeser Toyota Avanza yang hanya terjual 6.773 unit. Hal ini menjadi pertama kalinya penjualan Toyota Avanza dikalahkan oleh merek lain sejak dirilis pada tahun 2004 lalu.

Dua bulan pertama di tahun 2018 ini penjualan Mitsubishi Xpander mencapai 14.479 unit dan menjadikannya sebagai mobil MPV terlaris tahun ini. Sedangkan Toyota Avanza harus puas berada di peringkat kedua dengan total penjualan 14.316 unit. Selisih tipis dengan Xpander. Lalu untuk peringkat ketiga ditempati oleh Suzuki Ertiga dengan penjualan 7.446 unit.

Lantas bagaimana komentar PT Toyota Astra Motor (TAM)?

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT TAM mengatakan bahwa penurunan penjualan Avanza dikarenakan perusahaan sedang fokus pada produksi Toyota Rush yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu.

“Permintaan Toyota Rush sangat tinggi. Bisa lebih dari 3.000 unit per bulan. Kami saat ini fokus untuk mempercepat pengiriman unit Toyota Rush terbaru,” ujarnya, dikutip dari laman Tempo.

Di sisi lain, Osamu Iwaba, Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia mengatakan penjualan retail Mitsubishi Xpander sepanjang Februari 2018 seharusnya lebih banyak dari bulan sebelumnya.

“Produksi Mitsubishi Xpander telah diperbanyak dan pengiriman ke konsumen juga mulai lancar,” kata Iwaba.

Ia menambahkan, sejak Januari 2018 kapasitas pabrik Mitsubishi di Cikarang yang memproduksi Mitsubishi Xpander ditambah dari 5.000 unit menjadi 7.000 unit. Produksi mobil ini terus ditambah menjadi 8.000 unit dan saat ini mendekati 10.000 unit. Peningkatan produksi Mitsubishi Xpander itu juga sebagai persiapan untuk ekspor pada bulan depan.

Untuk mengetahui perbandingan spesifikasi Mitsubishi Xpander dan Avanza, Anda bisa simak tautan berikut ini.

Baca juga: Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza Veloz

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply