Home Komparasi Wuling Cortez vs Toyota Kijang Innova, Ada Rupa Ada Harga?

Wuling Cortez vs Toyota Kijang Innova, Ada Rupa Ada Harga?

0 174

Wuling Cortez, Segmen medium MPV kedatangan pemain baru yang cukup meyakinkan. Mobil tersebut tidak lain adalah Wuling Cortez. Kakak Wuling Confero ini ditujukan untuk berhadapan dengan Toyota Kijang Innova yang sudah lebih dulu tenar di segmen tersebut.

Tentu saja ada beberapa bekal yang dibawa Wuling Cortez supaya tak kalah menggoda dari rivalnya. Tawaran utamanya adalah harga mobil yang lebih terjangkau dibandingkan kompetitor. Walaupun murah, Wuling Cortez tidak serta-merta minim fitur.

Kedua poin itulah yang membuat Wuling Cortez punya kesempatan mengganggu pasar Kijang Innova. Yang menjadi pertanyaan, seperti apa bila mobil MPV Wuling ini dihadapkan dengan Toyota Kijang Innova. Dengan banderol harga yang dimilikinya, mampu kah Cortez menyaingi Kijang Innova?

Berikut adalah komparasi dua mobil MPV tersebut. Bila dalam waktu dekat Anda ingin membeli mobil MPV, tidak ada salahnya untuk menyimak komparasi Wuling Cortez dan Toyota Kijang Innova ini.

Dimensi

Melihat dimensinya, baik mobil Toyota maupun mobil Wuling mempunyai dimensi yang cukup mirip. Hanya saja Cortez sedikit lebih panjang dari rivalnya. Ukuran panjangnya mencapai 4.780 mm, selisih 45 mm dari Toyota Kijang innova yang mempunyai panjang 4.735 mm.

Sementara mobil MPV Toyota itu lebih lebar 14 mm dan lebih tinggi 40 mm dari Cortez.

Eksterior

Toyota Kijang Innova yang hadir di pasaran saat ini mengusung tampilan yang jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Hal inilah yang menjadi salah satu magnet penarik bagi konsumen. Desainya terkesan tegas dan tampak modern serta mewah.

Sedangkan Wuling Cortez membawa konsep desain yang dinamis, dengan tarikan lancip dan garis motion di kedua sisinya. Wuling juga menambahkan roof rail pada mobil MPV ini.

Jika keduanya dibandingkan, sistem pencahayaan Cortez dan Kijang Innova ternyata berbeda. Untuk Wuling Cortez sudah memakai lampu LED di seluruh bagian.

Baca juga: Spesifikasi All New Toyota Kijang Innova 

Mobil Wuling ini juga dilengkapi dengan rear fog lamp yang berada di bawah bumper yang bisa berganti posisi dengan yang ada di pintu bagasi saat dibuka. Sementara Kijang Innova masih mengandalkan lampu utama proyektor.

Sulit untuk memutuskan mana yang mempunyai desain terbaik. Sebab urusan desain merupakan hal yang subyektif. Setiap orang memiliki penilaiannya masing-masing. Jadi, menurut Anda mana yang paling menarik hati?

Interior

Pindah ke bagian interior, kedua mobil MPV ini mempunyai konfigurasi yang sama, yakni 7-penumpang. Akan tetapi lagi-lagi konsep desain yang diusung jelas berbeda. Pada Wuling Cortez terdapat ambient light di bagian kolong kabin. Lain halnya dengan Kijang Innova yang menyematkannya di langit-langit.

Meski begitu keduanya mempunyai dasbor yang sama-sama terlihat mewah. Sedangkan audio entertainment touchscreen juga sama-sama berukuran 8 inci. Layar sentuh ini juga dilengkapi dukungan konektivitas ke smartphone dan kompatibel ke berbagai gadget modern.

Pada Wuling Cortez, bagian konsol tengah mempunyai desain yang tampak kental dengan kesan mewah. Terdapat aksen mewah dan bentukan bak mobil berkelas dengagn tambahan ambient light di cup holder. Jangan heran bila Anda tidak menjumpai tuas rem tangan pada mobil ini. Sebab Wuling menggantinya dengan sistem elektrik (EPB).

Baca juga: Detail dan Harga Wuling Cortez 2018

Baik Cortez maupun Kijang Innova sudah dilengkapi dengan jok model captain seat di baris kedua. Akan tetapi pada Cortez aksen desain jok tampak lebih baru. Selain itu mobil tersebut juga dilengkapi sunroof, pengaturan elektrik untuk kedua jok depan, lampu khusus bagasi dan USB port hingga baris ketiga. Tawaran fitur-fitur tersebut tidak terdapat pada Toyota Kijang Innova.

Kaki-kaki

Untuk sektor roda, Toyota Kijang Innova mengandalkan pelek berukuran 16 inci. Selain itu untuk tipe tinggi Toyota menyematkan pelek alloy berukuran 17 inci. Lain halnya dengan Wuling Cortez yang memakai pelek 16 inci. Perbedaannya seluruh roda Wuling Cortez sudah memakai rem cakram berventilasi. Sementara Kijang Innova masih memakai tromol untuk roda belakang.

Fitur

Kedua mobil MPV ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang dapat diandalkan untuk meminimalisir terjadinya cedera pada pengemudi maupun penumpang. Toyota Kijang Innova maupun Wuling Cortez sudah membawa fitur dual SRS airbag, ISOFIX, ABS-EBD dan brake assist. Selain itu masih ada pula fitur VSC, HAC dan kamera berikut sensor parkir.

Yang berbeda, pada Toyota Kijang Innova terdapat fitur start/stop engine. Fitur ini akan memudahkan pengemudi ketika ingin mematikan ataupun menghidupkan mesin mobil.

Sementara pada Cortez fitur tersebut belum ada. Hanya saja sebagai gantinya Wuling menyematkan automatic vehicle holding untuk membantu pengereman otomatis saat menanjak ataupun menurun.

Mesin

Di sisi dapur pacu, Toyota Kijang Innova mempunyai dua opsi mesin, yakni bensin 2.0L dengan dual VVT-i dan diesel berkapasitas 2.4L VNTurbo. Mesin ini dikombinasikan transmisi otomatis dengan automatic sport sequential shift matic atau manual 5-percepatan.

Untuk versi mesin bensin dapat menghasilkan tenaga sebesar 147 hp dengan torsi puncak 360 Nm. Tenaga tersebut diteruskan oleh transmisi ke roda belakang.

Lalu untuk Cortez memakai mesin yang lebih kecil, yakni bensin berkapasitas 1.8L VVT-i. Tenaganya bisa mencapai 129 hp dengan torsi 174 Nm. Ada dua versi transmisi yang ditawarkan, yaitu manual 5-percepatan atau intelligent-AMT. Untuk penggeraknya memakai sistem gerak roda depan.

Harga

Soal harga, Wuling Cortez menjadi yang paling murah, harga mobil MPV ini mulai dari Rp 218 juta sampai dengan Rp 264 jutaan. Sementara harga All New Toyota Kijang Innova mulai Rp 302 jutaan sampai Rp 432 jutaan.

Kesimpulan

Dilihat dari harga, keduanya memang jelas mempunyai selisih yang besar. Meski begitu fitur yang dibawa Wuling Cortez nyatanya tak kalah lengkap dari Kijang Innova yang dijual lebih tinggi. Hal ini sekaligus mematahkan peribahasa “ada rupa, ada harga” yang kita kenal selama ini.

Sedangkan Toyota Kijang Innova unggul dalam hal powertrain dimana ada dua opsi mesin yang ditawarkan. Hadirnya transmisi otomatis dengan automaic sport sequential shift matic juga menambah daya tarik Kijang Innova di sektor tersebut.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply