Home Auto News Yamaha R15 2018 Punya Warna Baru, Harga Tetap

Yamaha R15 2018 Punya Warna Baru, Harga Tetap

0 201

Yamaha R15 2018, Persaingan di segmen motor sport 150 cc tampak ramai. Terlebih setelah hadirnya Suzuki GSX-R150 yang mengisi segmen sport fairing. Supaya tidak tersaingi oleh kompetitor, masing-masing pabrikan perlu memperbarui motor andalannya. Hal ini juga dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Agen pemegang merek Yamaha di Tanah Air itu menyegarkan tampilan Yamaha R15. Tampilannya menjadi lebih segar dengan pilihan warna dan grafis baru. Tidak hanya itu, sektor roda juga tak luput dari penyegaran. Kini warna shock absorber tampil mencolok dengan warna emas.

Hal ini dilakukan untuk memperketat persaingannya dengan Suzuki GSX-R150 dan juga Honda CBR150R. Menariknya meski mendapat ubahan baru harga Yamaha YZF-R15 ini tidak berubah. Harga motor Yamaha ini tetap Rp 35,2 juta.

Pembaruan untuk Yamaha R15 ini dilakukan tanpa seremonial atau perkenalan resmi. Yamaha Indonesia hanya memperbarui informasi produk pada situs resmi. Selain itu juga tidak terdapat siaran pers maupun pengumuman khusus dari YIMM.

Bila sebelumnya Yamaha R15 mempunyai pilihan warna biru-silver, hitam matte dan merah matte, kini pilihan warnanya menjadi biru hitam (racing blue), hitam metalik (racing black) dan kuning hitam (racing yellow). Warna kuning ini menggantikan warna merah.

Menariknya warna kuning ini terlihat mencolok dan membuat YZF-R15 mirip dengan motor balap Valentino Rossi saat menjadi juara dunia pada MotoGP 2005. Selain itu tampilan warna biru juga tampak agresif. Perpaduan warna hitam membuat karakter garang dari motor ini semakin kuat.

Tampilannya semakin menarik dengan kehadiran shock absorber depan berjenis upside down yang kini dibalut dengan warna emas. Tidak hanya membuatnya lebih menarik dan mewah, warna shock emas juga identik dengan Ohlins yang merupakan merek suspensi ternama. Dengan begitu tidak perlu memodiifikasi suspensi KYB ini agar motor menjadi terlihat lebih menarik.

Hanya saja ada hal yang perlu diketahui. Untuk varian Movistar Livery tidak dilengkapi dengan upside down berwarna emas. Padahal harga varian ini lebih tinggi Rp 600 ribu.

Baca juga: Keunggulan Yamaha R15  Lawan Kompetitor

Selain perubahan di sisi grafis dan warna, tidak ada perubahan lain yang ditawarkan Yamaha R15. Motor ini tetap mengusung spesifikasi yang serupa dengan model sebelumnya.

Hal ini wajar, sebab Yamaha R15 ini masih berusia 2 tahunan. Dengan kata lain belum saatnya bagi YIMM untuk melakukan penyegaran.

Sebagai tambahan, desain Yamaha R15 terbaru tampak menarik dari model sebelumnya. Lampu depan terlihat sipit, dengan air scoop di bagian tengahnya yang membuatnya terlihat layaknya moge.

Walaupun begitu air scoop ini tidak mempunyai fungsi khusus. Kehadiran air scoop ini hanya untuk mempermanis tampilan motor. Air scoop lazimnya dijumpai pada moge atau motor balap. Fungsinya adalah untuk menambah suplai udara ke ruang bakar.

Walaupun berfungsi sebagai pemanis, hadirnya air scoop pada Yamaha R15 sukses mendongkrak tampilan motor. Apalagi desain air scoop tersebut mirip dengan yang diaplikasikan pada Yamaha YZR-M1 yang dipakai dalam ajang balap MotoGP.

Motor Yamaha ini juga dilengkapi dengan lampu LED di bagian depan dan belakang. Hanya saja untuk lampu sein masih bohlam. Meski begitu terdapat lampu hazard yang berguna ketika motor diajak touring.

Daya tarik lain dari Yamaha R15 2018 terlihat pada bagian spidometer. Yamaha memasangkan spidometer full digital dengan shifter light dan gear indicator.

Tawaran menarik lainnya adalah hadirnya fitur Keyless Ignition. Dengan fitur ini pengguna bisa menghidupkan mesin lebih praktis lantaran tidak perlu memasukkan anak kunci ke rumah kunci. Pengendara hanya tinggal memutar tombol saja.

Berpindah ke kaki-kaki, Yamaha YZF-R15 mengandalkan ban depan berukuran 100/80-17 dan ban belakang 140/70-17. Hal ini membuat roda motor sport Yamaha itu terlihat lebih kekar.

Lalu untuk sektor mesin Yamaha menyematkan mesin berkapasitas 155,1 cc dengan bore x stroke 58 x 58,7 mm. Yamaha juga sudah melengkapinya dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) dan Assist & Slipper Clutch.

Dengan revisi di sektor performa, tenaga Yamaha R15 cukup menjanjikan. Daya mesinnya mencapai 19,03 dk pada putaran mesin 10.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm.

Tenaga yang dihasilkan sedikit lebih besar dari kompetitornya. Sebagai pembanding, Suzuki GSX-R150 yang mengandalkan mesin DOHC, 4 valve berkapasitas 147,3 cc mempunyai tenaga maksimum 18,9 dk pada putaran 10.500 rpm dan torsi puncak 14 Nm pada 9.000 rpm.

Sementara itu Honda CBR150R yang mengandalkan mesin DOHC 4-katup berkapasitas 149,16 cc mempunyai tenaga 17,1 dk pada 9.000 rpm dan torsi sebesar 13,7 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm.

Kehadiran Yamaha R15 terbaru ini diharapkan bisa kembali menggairahkan pasar motor sport Yamaha tersebut. Seperti yang diketahui, keberadaan Yamaha R15 terancam setelah hadirnya Suzuki GSX-R150 yang menawarkan harga jual terjangkau.

Keadaan diperparah dengan Honda yang memperbarui CBR150R miliknya. Hal ini dapat diamati dari data penjualan dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Dalam catatan penjualan tersebut motor Yamaha itu masih tetap berada di posisi kedua. Yamaha R15 mengantongi penjualan sebesar 39.604 unit dalam tempo 12 bulan. Jauh lebih rendah dari Honda CBR150R yang berhasil membukukan penjualan lebih dari 72 ribu unit. Sementara itu Suzuki GSX-R150 menyusul di peringkat ketiga dengan perolehan 28.990 unit.

Source: cari motor honda cbr150 warna kuning baru, r15 new livery, harga jual yamaha r15, harga r15 2018, r15 2018 harga, r15 vva livery 2018, yamaha r15 warna terbaru 2018, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply