Home Auto News Peugeot 3008 2018 Segera Hadir, Calon Rival Honda CR-V

Peugeot 3008 2018 Segera Hadir, Calon Rival Honda CR-V

0 227

Peugeot 3008 2018, Merek mobil asal Eropa kurang begitu populer di Indonesia. Hanya beberapa saja yang dikenal oleh masyarakat. Sementara lainnya nyaris tak terdengar. Peugeot bisa jadi salah satunya.

Merek asal Prancis ini hadir di Indonesia melalui PT Astra International-Peugeot (AIP). Wajar saja bila tidak banyak orang yang tahu. Sebab sejauh ini hanya ada satu produk yang dijual oleh Peugeot Indonesia, yakni Peugeot 208 GTi. Akan tetapi rupanya merek yang satu ini punya satu mobil baru yang siap menggoda masyarakat.

Rencananya akhir bulan ini Peugeot akan meluncurkan crossover 3008 2018 di Tanah Air. Hadirnya mobil Peugeot terbaru ini bisa menjadi peluang agar lebih dikenal oleh konsumen dan juga merebut hati para pecinta mobil crossover.

Untuk diketahui, Peugeot 3008 pertama kali hadir di tahun 2008 dan baru resmi dipasarkan satu tahun berikutnya. Generasi kedua mobil ini meluncur pada Mei 2016. Selang 8 bulan setelahnya baru dijual ke pasaran.

Peugeot 3008 generasi pertama maupun kedua telah memperoleh banyak penghargaan dari kalangan jurnalis otomotif. Untuk generasi kedua yang akan segera tiba di Indonesia bahkan mendapat penghargaan ‘European Car Of The Year’ tahun lalu.

Melihat dimensinya, panjang Peugeot 3008 mencapai 4.450 mm, dengan lebar 1.840 mm dan wheelbase atau jarak sumbu roda 2.675 mm. Dimensinya terbilang besar sehingga bisa diposisikan sebagai pesaing Honda CR-V, Mazda CX-5 dan juga Nissan X-Trail. Lalu apa bekal yang dibawa Peugeot 3008 selain penghargaan di atas?

Mobil eropa ini mempunyai bentuk yang menarik dan dinamis. Peugeot tampak memadukan desain membulat dengan garis bodi yang tegas. Bentuk lampu mobil ini mempunyai karakter yang tegas dan digabungkan dengan body kit yang memperkuat kesan gagah dan modern layaknya SUV kaum urban.

Tidak cukup sampai di situ, sisi interior juga tak kalah menarik. Mobil Peugeot ini menawarkan desain interior yang diberi nama i-Cockpit. Bukan asal memberi nama, jika dicermati pengemudi tampak seperti sedang berada di ruang kendali pesawat.

Bahkan uniknya setir kemudi tidak bulat penuh. Selain itu bagian dashboard juga didesain mengarah ke sisi pengemudi.

Seluruh tombol dan pengendali dibuat sedemikian rupa supaya mudah diraih. Selain itu juga terdapat sekat pemisah yang berada di sebelah tuas transmisi. Alhasil tampilannya menjadi modern dan juga unik. Sebagai pelengkap, interior Peugeot 3008 dibalut dengan bahan kulit untuk bagian jok dan trim yang merupakan ciri khas mobil Eropa.

Untuk menunjang sektor performa, Peugeot 308 memiliki beberapa varian mesin yang bisa disesuaikan oleh kebutuhan konsumen. Mulai dari kapasitas 1,2 liter turbo hingga turbodiesel 2,0 liter.

Sayangnya belum ada keterangan resmi mengenai mesin mana yang akan disematkan pada Peugeot 3008 Indonesia. Akan tetapi kemungkinannya adalah mesin bensin berkapasitas 1,6 liter.

Untuk dicatat, mesin ini dikembangkan berdasarkan kerjasama BMW-Peugeot. Selain dipakai pada mobil Peugeot, mesin ini juga dipakai pada mobil lain seperti MINI One,  Mini Cooper atau Citroen C4.

Sementara itu Peueot baru saja meresmikan pabrik baru di Malaysia pada 26 Febuari kemarin. Pabrik tersebut mempunyai kapasitas produk 50.000 mobil dalam satu tahun. Pabrik ini dibangun untuk kawasan ASEAN. Maka tidak menutup kemungkinan Peugeot 3008 akan didatangkan utuh dari Negeri Jiran itu. Kita tunggu saja peluncurannya pada 28 Maret 2018 mendatang.

Yang pasti dengan bekal tersebut Peugeot 3008 bisa mempunyai kesempatan untuk bersaing ketat dengan Honda CR-V dan kawan-kawan. Tinggal bagaimana Peugeot 3008 menentukan harga jual mobil barunya ini.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply