Home Auto News Gazelo 125, Kembaran Honda C70 Buatan Lokal

Gazelo 125, Kembaran Honda C70 Buatan Lokal

0 121

Gazelo 125, Motor baru yang beredar di pasaran saat ini memang menggoda. Tidak hanya dari segi tampilannya saja yang menarik, namun juga fitur dan teknologi yang tersemat di dalamnya. Kendati demikian bukan berarti motor lama alias motor jadul ditinggalkan. Justru saat ini masih banyak yang meminati motor tua.

Masih cukup banyak motor jadul yang beredar di Indonesia. Bahkan juga ada komunitas khusus untuk para pecinta motor jadul. Salah satu dari sekian motor tua yang masih digemari adalah Honda Super Cub atau Honda C70.

Motor ini merupakan sepeda motor bebek yang dipasarkan di tahun 1960-an sampai 1980-an. Motor ini tidak hanya tua, namun ikonik dan legendaris. Itulah mengapa motor bebek yang satu ini masih banyak diminati. Bahkan pabrikan motor asal Jepang itu sampai memproduksi kembali C70.

Hanya saja Honda C70 terbaru dipasarkan di negara asalnya saja. Di sana Honda Super Cub terbaru ditawarkan dalam dua opsi mesin, yaitu 50cc dan 110cc dengan empat pilihan varian. Di Negeri Samurai, harga motor Honda ini cukup mahal. Yakni mencapai Rp 28 jutaan sampai dengan Rp 35 jutaan.

Untuk saat ini jangan terlalu berharap Astra Honda Motor (AHM) memasarkan motor itu. Akan tetapi kabar baiknya ada solusi alternatif bila Anda memang benar-benar ingin bernostalgia atau ingin mempunyai motor seperti Honda Super Cub.

Gazgaz Indonesia memproduksi motor dengan nama Gazelo 125. Dilihat dari namanya memang tidak ada kemiripan sama sekali. Namun jika melihat bodinya baru tahu kemiripannya. Motor bebek ini mempunyai desain yang identik dengan Honda C70.

Tentu saja hanya tampilannya yang mirip dengan Honda Super Cub. Sedangkan spesifikasi teknis berbeda. Sebab Gazelo 125 dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 125 cc. Mesin 4 langkah, SOHC ini masih memakai sistem bahan bakar karburator dengan perbandingan kompresi 8,8 : 1.

Tenaga maksimum motor ini 5,5 kW pada putaran 8.000 rpm dengan torsi puncak 7 Nm pada 6.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 4-percepatan.

Konsumen bisa memilih dua varian warna, yaitu merah dan biru muda. Lalu berapa harga motor ini?

Harga Gazelo 125 mencapai Rp 14,5 juta. Akan tetapi harga tersebut off the road untuk wilayah Jawa. Menariknya pendistribusian motor kembaran Honda C70 ini sudah tersebar hampir semua wilayah Tanah Air. Bahkan merambah hingga Nusa Tenggara Timur dan Papua.

Bila Anda tertarik untuk membelinya dan berdomisili di wilayah Jakarta dan sekitarnya, motor Gazgaz ini bisa didapatkan di beberapa toko aksesori motor. Selain Gazelo, konsumen bisa mendapatkan motor Hummer 150 dan Monkey 110.

Spesifikasi Gazelo 125

Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi : 1820 x 670 x 1030 mm
Jarak Sumbu Roda : 1180 mm
Jarak Mesin ke Tanah : 140 mm
Berat Kosong : 85 kg
Rangka
Tipe Suspensi Depan : Leading link, travel 2,2 inch (55 mm)
Tipe Suspensi Belakang : Swing arm, Double Shockbreaker
Ukuran Ban Depan : 2,50 - 17"
Ukuran Ban Belakang : 2,75 - 17"
Rem Depan : Tromol
Rem Belakang : Tromol
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 2,6 lt
Mesin
Gigi Transmisi : 4 kecepatan bertautan
Pola Pengoperan Gigi : 1 - N - 2 - 3 - 4
Sistem Bahan Bakar : Karburator
Tipe Mesin : 4 langkah, SOHC
Diameter x Langkah : 56,5 x 49,5 mm
Volume Langkah : 125 cc
Perbandingan Kompresi : 8,8 : 1
Daya Maksimum : 5,5 kw / 8000 Rpm
Torsi Maksimum : 7 Nm / 6000 Rpm
Kapasitas Minyak : 0,8 lt
Kopling : Manual, Multiple wet clutch
Starter : Pedal dan Elektrik
Sistem Pendinginan : Pendingan udara
Kelistrikan
Busi : NGK C7HS / ND U22 FS-U
Sistem Pengapian : CDI

Bagaimana, tertarik untuk membeli Gazelo 125 kembaran Honda Super Cub ini? Jika iya silakan kunjungi situs resmi Gazgaz Indonesia untuk mengetahui dealer motor Gazgaz di Tanah Air.

Source: komunitas motor C70, motor tua jupul, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply