Home Honda Motor Jadul Honda, Yamaha dan Suzuki Pertama di Indonesia

Motor Jadul Honda, Yamaha dan Suzuki Pertama di Indonesia

Motor Jadul, Indonesia sangat erat hubungannya dengan sepeda motor. Mayoritas masyarakat di Tanah Air masih mengandalkan kendaraan roda dua sebagai moda transportasi. Baik untuk menjalankan aktivitas harian seperti kerja, kuliah, hingga sebagai hobi.

Jika berbicara soal motor, maka setidaknya ada tiga merek yang mendominasi. Yaitu Honda, Yamaha dan Suzuki. Ketiga merek motor ini sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1970-an dan masih berhasil mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia hingga kini.

Tentu bukan perjalanan singkat bagi ketiga merek ini terjun di pasar otomotif Indonesia. Selama itu pula sudah banyak motor Yamaha, Suzuki dan Yamaha yang bermunculan. Lalu bagaimana dengan motor pertama mereka?

Mungkin sebagian orang penasaran dengan motor pertama Honda, Yamaha dan Suzuki di Indonesia. Maka dari itu berikut adalah informasi yang bisa Anda ketahui.

Honda S90Z

Untuk merek berlambang sayap mengepak, Honda, punya S90Z yang menjadi produk tertamanya yang hadir di Indonesia. Kala itu PT Astra Honda Motor (AHM) yang awalnya bernama PT Federal Motor didirikan di tahun 1971. Sebagai langkah awal mereka menghadirkan Honda S90Z.

Saat itu PT Federal Motor hanya bertugas untuk merakit saja. Karena komponennya diimpor dari Jepang dalam keadaan Completely Knock Down (CKD). Honda S90Z merupakan motor sport naked yang dibekali dengan mesin 4-tak berkapasitas 90 cc.

Baca juga: 5 Motor Klasik Kawasaki Layak Koleksi

Honda S90Z menjadi motor pertama yang diproduksi Honda di Indonesia. Setelah itu seluruh produk sudah buatan lokal. Kemudian di tahun 1994 Honda Indonesia mengimpor Honda NSR150 secara Completely Built Up (CBU).

Yamaha L2 Super

Sekarang mari kita bahas motor pertama Yamaha. Merek berlogo tiga garputala ini mempunyai Yamaha L2 Super yang menjadi motor pertamanya di Tanah Air. Motor ini diluncurkan di tahun 1969 silam.

Sama seperti Honda S90Z, Yamaha Indonesia saat itu bertugas untuk melakukan perakitan saja. Unuk komponennya didatangkan langsung dari Jepang. Lalu di tahun 1974 Yamaha Indonesia akhirnya bisa memproduksi motor.

Baca juga: Motor Sport Yamaha Fairing Pertama di Indonesia

Yamaha L2 Super merupakan motor berjenis sport naked. Untuk dapur pacu menganalkan mesin 2-tak dengan kapasitas sebesar 97 cc.

L2 Super ini merupakan salah satu varian L2 Series dan motor ini sudah diproduksi lokal. Sementara untuk Yamaha L2G masih diimpor utuh (CBU) dari negara asalnya.

Suzuki A100

Untuk Suzuki, A100 menjadi motor pertama yang mendarat di Indonesia. Motor Suzuki ini hadir di tahun 1969, sama seperti Yamaha L2 Super.

Motor pertama Suzuki di Indonesia ini dipersenjatai dengan mesin 2-tak berkapasitas 98 cc. Motor ini sendiri diproduksi sekitar tahun 1973.

Itulah motor jadul Honda, Yamaha dan Suzuki yang pertama kali hadir di Indonesia. Meski kini usianya tak lagi muda, bukan berarti motor tersebut sudah punah. Masih ada pemilik yang setia menjaganya hingga sekarang. Berminat untuk memiliki salah satu motor tersebut?

Source: montor honmda lawas, sepeda motor suzuki tahun 1971, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply