Home Auto News Toyota Vios 2018 Siap Meluncur April Nanti

Toyota Vios 2018 Siap Meluncur April Nanti

0 481

Toyota Vios 2018, Toyota mempersiapkan beberapa mobil baru untuk diluncurkan di tahun 2018 ini. Yang baru meluncur beberapa waktu lalu diantaranya Rush terbaru dan juga Toyota Yaris facelift. Setelah LSUV dan hatchback pesaing Honda Jazz, masih ada mobil Toyota baru yang akan diluncurkan.

Menurut informasi dari Kompas, mobil ini akan dirilis pada April mendatang. Hanya saja tidak disebutkan secara pasti kapan mobil tersebut diluncurkan. Akan tetapi salah seorang sumber Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa peluncurannya dilakukan sebelum ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang diselenggarakan pada 19 April sampai 29 April 2018.

Mobil yang dirilis tidak lain adalah Toyota Vios terbaru. Mobil ini sebelumnya diperkenalkan pada awal Februari di ajang Auto Expo yang berlangsung di India. Mobil sedan Toyota ini tampil lebih segar dengan desain layaknya Yaris. Untuk diketahui, di sana Toyota India mempunyai hanya memiliki sedan Yaris. Sedangkan di bawah Yaris ditempati Etios sedan dan hatchback.

Desain mobil ini memang mirip dengan Toyota Yaris hatchback yang baru saja dipasarkan di Indonesia. Akan tetapi terdapat sedikit perbedaan, seperti ornamen di bemper dan bingkai lampu kabut alias foglamp.

Jika dijual di Indonesia nanti, semoga saja Toyota Vios 2018 mengandalkan lampu LED proyektor, dengan lampu siang hari LED dan lampu kabut.

Untuk tampilan belakang tampak menyerupai Yaris Ativ, sedan yang dijual di Thailand. Toyota juga menambahkan lampu belakang LED kombinasi yang membuatnya menarik. Sementara tampilan samping tampak seperti Vios sekarang, dengan sedikit perubahan di lekuk bodi.

Sedangkan desain spion Vios Indonesia terbaru kemungkinan berbeda. Termasuk pelek alloy 15 inci dan antena model sirip hiu.

Untuk segi dimensi, Toyota Yaris sedan yang dijual di India mempunyai panjang dan lebar yang bertambah dibandingkan Vios yang ada saat ini. Lalu untuk wheelbase atau jarak sumbu rodanya tetap sama, yakni 2.550 mm.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Toyota Yaris 2018

Di sisi interior, ada kemiripan dengan Yaris Hatchback. Untuk bagian jok dibalut material kain untuk seluruh varian. Di setir kemudi dan tuas transmisi tampil mewah dengan material kulit. Lalu untuk desain dasbor, cluster instrumen, odometer dan konsol tengah juga turut mendapat perubahan.

Selain itu Toyota Vios terbaru juga mengusung layar sentuh untuk multimedia. Kekedapan kabin juga direvisi agar bisa memberikan kenyamanan lebih baik kepada para pengguna. Semua hal itu diadopsi dari Yaris hatchback, dengan peningkatan untuk segmen yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk urusan fitur, Toyota Vios mempunyai tawaran yang cukup lengkap. Seperti power driver seat, automatic climate control, headunit layar sentuh, tujuh kantong udara, rem cakram di semua roda, sensor parkir depan belakang, kamera parkir, Hill-start Assist Control, dan Tyre Pressure Monitoring System.

Melihat Yaris Hatchback terbaru, terdapat fitur keselamatan yang menjanjikan. Antara lain tujuh kantung udara, rem dengan ABS+EBD ditambah Brake Assist, kendali kestabilan dan traksi (VSC+TC). Semoga saja pada Toyota Vios 2018 nanti juga dilengkapi dengan fitur-fitur tersebut.

Lalu untuk dapur pacu Toyota Vios mengandalkan mesin bensin berkapasitas 1.5 liter dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 105 tk dengan torsi maksimum 140 Nm. Untuk transmisinya tersedia dalam dua opsi, yaitu manual 6-percepatan atau CVT yang siap menyalurkan tenaga ke roda depan.

Walaupun segmen sedan tidak terlalu besar penjualannya, dengan kehadiran Toyota Vios 2018 diharapkan bisa memberikan hal positif bagi Toyota Astra Motor. Apalagi dengan hadirnya serangkaian pembaruan yang tergolong signifikan. Daya saing Toyota Vios terbaru bisa menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Sayangnya belum ada bocoran mengenai harga Toyota Vios 2018 ini. Semoga saja TAM bisa menekan harga jual mobil barunya itu. Dengan begitu daya tarik dari Vios tidak hilang dan berhasil mendongkrak penjualan mobil sedan Toyota itu.

Source: toyota vios facelift 2018 indonesia, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply