Home Auto News Setelah Cortez, Mobil Wuling Terbaru Ini Ikut Meluncur?

Setelah Cortez, Mobil Wuling Terbaru Ini Ikut Meluncur?

0 706

Mobil Wuling, Baru-baru ini SAIC-GM-Wuling yang merupakan induk Wuling Motors Indoneisa di China baru saja meluncurkan mobil terbarunya. Mobil ini adalah SUV kompak yang diberi nama Baojun 530. Merek otomotif asal Negeri Tirai Bambu itu memperkenalkannya di Guangzhou awal Maret kemarin.

Di sana harga mobil baru Wuling ini mencapai RMB 75.800 atau setara Rp 170 jutaan sampai dengan RMB 115.800 atau mencapai Rp 250 jutaan. Kehadiran Baojun 530 ini tentu saja menarik.

Merek mobil selain Jepang di Indonesia kerap dipandang sebelah mata. Akan tetapi anggapan itu harus dihilangkan setelah Wuling hadir membawa Confero. Mobil MPV yang digadang-gadang menjadi pesaing Avanza itu berhasil menarik hati konsumen. Termasuk Wuling Cortez yang baru hadir di tahun ini untuk membidik konsumen di segmen medium MPV.

Mengingat mobil SUV di Tanah Air saat ini sedang tren, maka tidak menutup kemungkinan Wuling Motors Indonesia juga akan ikut memboyong Baojun 530. Apalagi Wuling dinilai berhasil merebut hati konsumen di Tanah Air yang pastinya membuat merek tersebut lebih percaya diri dalam menghadirkan produk baru.

Lalu bagaimana tanggapan Wuling Motors Indonesia?

Jason Ding, Brand & Marketing Director Wuling Motors Indonesia mengatakan bahwa pasar SUV di Indonesia terus tumbuh, sama halnya dengan pasar MPV. “Tren SUV meningkat. Di Cina dan di Indonesia pasar SUV tumbuh antara 10-20 persen. Ini peluang yang bagus,” jelasnya, dikutip dari laman Tempo.

Ia menambahkan bahwa Wuling Motors bisa saja memproduksi mobil SUV di Indonesia. Jason melanjutkan, di China Wuling Motors mempunyai beberapa model SUV yang cukup populer. Mulai dari Baojun 510, 530 dan 560.

Dari beberapa model, yang mempunyai peluang cukup besar untuk hadir di Indonesia adalah Baojun 530. Mengingat mobil Wuling ini sendiri baru saja mendapat penyegaran. Akan tetapi Jason mengungkapkan pihaknya masih mempelajari kemungkinannya.

Sebagai informasi, Baojun 530 mempunyai panjang 4.655 mm, dengan lebar mencapai 1.835 mm dan tinggi 1.760 mm. Ruang kabin mobil ini tergolong lapang, terutama di baris kedua dengan lantai datar.

Baojun 530 dijual dalam dua pilihan mesin. Antara lain 1.8 liter dan 1.5 liter turbo. Ada delapan varian yang ditawarkan pada mobil SUV Wuling ini. Sementara pilihan transmisinya ada dua macam, yaitu manual dan otomatis atau DCT enam percepatan. Khusus mesin 1.8 liter pada Baojun 530 sama persis dengan milik Wuling Cortez yang dijual di Indonesia.

Wuling Baojun 530 (img: carnewschina)

Mobil Wuling ini dibekali dengan velg aluminium, sistem electronic stability program (ESP) dari Bosch dan rel bagasi. Seluruh fitur ini menjadi standar dari Baojun 530.

Ada sederet fitur unggulan yang ditawarkan SUV kompak ini. Antara lain empat airbag, kursi kulit, sunroof panorama yang ada di atas kursi baris pertama dan kedua yang dapat dioperasikan secara elektrik. Selain itu juga hadir fitur LED daytime running dan juga lampu kabut depan.

Tidak hanya itu, Baojun 530 juga dilengkapi dengan kursi elektrik, mesin start/stop dan juga ban Continental. Masih ada tawaran menarik lainnya dari mobil ini. Seperti hadirnya suspensi independen di bagian belakang, lensa LED, sistem audio Harman Infinity dan rem belakang elektrik.

Baca juga: Detail dan Harga Wuling Cortez 2018

Untuk model ini Wuling mengklaim telah menggunakan pemasok global untuk mengoptimalkan pengalaman berkendara yang nikmat. Terbukti dengan penggunaan peredam getaran Sachs di suspensi depan dan belakang. Juga hadir chassis Multimatic-turned dan material insulasi suara 3M yang menjadi standar Baojun 530.

Sama seperti dua model Wuling yang hadir di Indonesia, Baojun 530 mengusung fitur-fitur yang melimpah, dengan harga yang terjangkau. Bila dipasarkan di Indonesia bisa jadi Wuling Baojun 530 menjadi ancaman berarti bagi kompetitornya.

Untuk diketahui, jika dijual di Indonesia Wuling Baojun 530 berkapasitas 7-penumpang ini akan berhadapan dengan Honda CR-V, Nissan X-Trail dan Sokon Glory 580 yang menempati kelas medium. Sedangkan di kelas low SUV akan berhadapan dengan All New Toyota Rush dan All New Daihatsu Terios.

Bagaimana, tertarik untuk membeli mobil Wuling ini. Kita tunggu saja kabar terbaru dari Wuling Motors Indonesia. Bila memang benar meluncur di Indonesia semoga harga mobil Wuling ini bisa terjangkau di kelasnya, sama halnya dengan Wuling Confero dan Wuling Cortez.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply