Home Auto News Harga Yamaha TMAX DX 2018 Tembus Rp 299,9 Juta

Harga Yamaha TMAX DX 2018 Tembus Rp 299,9 Juta

0 299

Yamaha TMAX DX, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan TMAX DX 530 cc di Tanah Air. Motor ini ditujukan untuk konsumen yang ingin mendapat motor matic premium dengan tawaran fitur dan teknologi terkini.

Eddy Ang, Deputy GM Marketing YIMM mengatakan bahwa total impor Yamaha TMAX DX gelombang pertama dari negara asalnya, Jepang untuk tahun ini mencapai 60 unit. Pencapaian tersebut dibagi menjadi dua, yaitu pada Februari 2018 sebanyak 40 unit dan tahap kedua sebanyak 20 unit di bulan Maret 2018.

Ia mengungkapkan bahwa konsumen yang mendapatkan unit motor Yamaha itu di bulan Maret merupakan pembeli yang memesan sejak tahun lalu.

Kuota impor Yamaha TMAX DX yang diberikan untuk YIMM terbatas, yaitu hanya 150 unit saja. Ditargetkan akan ada pengiriman impor CBU lagi pada semester kedua di tahun ini.

Awalnya Yamaha TMAX yang dijual di tahun 2013 dibanderol Rp 220 juta. Akan tetapi harga Yamaha TMAX DX terbaru naik cukup tajam menjadi Rp 299,9 juta.

Hal tersebut bukan tanpa sebab. Eddy menjelaskan bahwa dulu Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mencapai 75%. Sedangkan saat ini naik menjadi 125%.

Baca juga:  Yamaha NMAX vs Honda PCX 2018

Pada dasarnya kendaraan roda dua dengan mesin berkapasitas besar masuk dalam kategori barang kena pajak (BKP) mewah sebagai sepeda motor dengan kubikasi di atas 500 cc yang dikenai PPnBM. Besaran pajak ini mencapai 125% dari nilai impor awal.

Jumlah tersebut juga belum ditambah dengan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen dari nilai impor BKP. Jadi pada intinya kenaikan harga yang cukup besar itu bukan karena YIMM ingin mengambil margin yang besar.

Saat ini Yamaha TMAX DX memang masih berstatus impor. Akan tetapi Eddy berpendapat ada kemungkinan untuk dirakit di Indonesia. Akan tetapi harus ada skala ekonomis yang bisa dicapai lebih dahulu. Dengan dirakit lokal, maka harga jual motor ini bisa turun lantaran tidak terkena bea masuk.

Terlepas dari hal tersebut, dengan harga motor yang lebih tinggi Yamaha juga menyematkan fitur-fitur baru. Dengan begitu motor Yamaha ini tetap layak untuk dilirik.

Baca juga: Spesifikasi Yamaha TMAX DX 2018

Bagaimana, tertarik untuk membeli Yamaha TMAX DX ini? Segera lakukan pemesanan bila memang ingin membelinya. Sebab motor matic Yamaha ini merupakan produk global yang diproduksi di Jepang. Maka dari itu Yamaha Jepang tidak hanya memproduksi motor ini untuk kebutuhan Indonesia saja, namun juga untuk negara-negara lainnya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply